5 Manfaat Menggunakan Rompi Safety – Mengapa Menggunakannya

Jika Anda melihat sekitar Anda, Anda akan menemukan berbagai pekerjaan konstruksi dilakukan dimana-mana. Baik itu pembangunan gedung, jalan, jembatan, pekerjaan di area pertambangan, atau memperbaiki dan merenovasi struktur lama yang ada. Semua pekerjaan itu membutuhkan berbagai pekerjaan lebih kecil yang banyak dan rumit. Pekerjaan-pekerjaan ini selalu dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya bahaya kecelakaan kerja. Berbagai kemungkinan timbulnya kecelakaan bisa bersumber dari berbagai hal, seperti:

  • Kecelakaan akibat jatuhnya potongan material pada pekerja.
  • Tertabrak/terlindas alat berat atau kendaraan.
  • Kecelakaan yang dialami orang yang melintas di area pekerjaan tanpa menyadari bahaya yang mungkin terjadi.

Oleh karena itu, di area-area kerja yang berisiko tinggi diwajibkan mengunakan pakaian yang dapat terlihat dengan jelas, tidak hanya di waktu siang melainkan juga pada kondisi gelap. Pada umumnya yang digunakan sebagai penanda adalah rompi safety, walaupun ada juga yang menggunakan seragam kerja yang dilengkapi dengan pita berbahan reflektif.

safety_vest_equipina

Rompi safety biasanya memiliki warna yang sangat cerah, seperti oranye atau hijau. Rompi ini juga dilengkapi dengan pita reflektif berwarna abu-abu keperakan, sehingga dalam keadaan gelap sekalipun, rompi ini dapat memantulkan cahaya sehingga orang yang menggunakannya dapat jelas terlihat. Visibilitas ini sangat penting untuk menghindarkan dari tertabrak alat berat atau kendaraan. Orang lain yang  bekerja dengan peralatan, apakah itu alat berat, kendaraan atau peralatan lainnya dapat mengidentifikasi obyek tersebut sebagai manusia, bukan bagian dari benda-benda yang ada di situ.

Manfaat dari menggunakan rompi safety ini antara lain:

Dapat Terlihat Dalam Kondisi Gelap

Seperti yang telah disebutkan di atas, warna yang cerah yang pita reflektif membuat rompi safety ini dapat terlihat dengan mudah oleh orang lain yang melakukan pekerjaan menggunakan alat berat, kendaraan atau peralatan lainnya. Dengan demikian kemungkinan terjadinya kecelakaan dapat dikurangi.

Membuat Orang Lain Menjadi Waspada

Pemilihan warna seperti kuning, oranye atau hijau bukan tanpa alasan. Warna-warna ini merupakan warna-warna yang dapat terlihat pada jarak yang jauh. Oleh karena itu, pengemudi di jalan atau pekerja lain di lokasi pekerjaan dapat mengidentifikasi pemakai rompi dari kejauhan dan memperlambat kecepatan kendaraan.

safety_vest_equipina_1

Kenyamanan

Meskipun semua orang memahami rompi safety ini sangat berguna dan efektif. Namun sering terjadi pekerja menganggap rompi ini menyebabkan kenyamanannya dalam bekerja menjadi terganggu. Hal ini merupakan masalah kebiasaan saja. Kenyataan menunjukkan, setelah digunakan beberapa waktu lamanya, orang akan merasakan kenyamanan. Bahkan pada sebagian orang, mereka akan merasa tidak nyaman bila tidak menggunakan rompi safety.

Melindungi dari Air

Selain kenyamanan, aspek lain yang sangat menguntungkan dari rompi safety adalah tahan air. Walaupun tidak semua rompi safety memiliki fitur ini. Pada beberapa jenis rompi safety, rompi safety dapat melindungi pemakainya dari air hujan atau  angin. Sekalipun tubuh berkeringat, namun rompi safety dapat melindungi atau minimal mengurangi efek terpapar angin.

Harga yang Relatif Murah

Umumnya harga rompi safety relatif terjangkau dan semestinya tidak menjadi alasan bagi perusahaan untuk tidak membeli rompi safety bagi karyawan-karyawannya yang bekerja di lokasi berbahaya. Dibandingkan dengan kerugian yang akan timbul saat terjadi kecelakaan kerja misalnya kerugian finansial, kerepotan dan waktu, harga rompi safety sangat murah.

Jika Anda merupakan pengusaha yang menjalankan bisnis yang berkaitan dengan resiko tinggi seperti konstruksi atau pertambangan, merupakan satu keharusan bagi Anda untuk menyediakan rompi safety bagi karyawan-karyawan Anda.

 

(ES)

Leave a Comment