Accella Tyrfil, Produk Inovatif Anti Kebocoran Ban

Apa yang akan terjadi bila pada suatu pagi anda mendapat laporan dari operator anda bahwa wheel loader yang sedianya akan beroperasi bannya kempes, padahal wheel loader itu merupakan satu-satunya yang anda miliki dan ada belasan truk yang menunggu dimuat material, padahal buyer anda menunggu pengiriman material dari anda? Contoh situasi yang lain, truk pembawa kontainer mengalami pecah ban di satu jalan tol yang merupakan urat nadi di Jakarta dan posisinya agak melintang di jalan, akhirnya timbul kemacetan parah mencapai beberapa kilometer.

blowout_tyre

Situasi seperti ini kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Memang permasalahan ban, seperti sekedar cuma kempes sampai dengan ban meletus adalah hal yang biasa yang terjadi, namun dampaknya akan menimbulkan kerugian dengan hilangnya waktu produksi, sampai dengan kerugian yang disebabkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi permasalahan itu, bahkan korban jiwa,

rfpvr5qvtvcqtbx8txek

Accella Tire Fill Systems menyadari sekali, ban konvensional yang berisi udara atau gas seperti Nitrogen sangat rawan untuk mengalami kempes atau pecah ban. Perusahaan yang merupakan hasil penggabungan dari Arnco and Pathway Polymer dengan Accella Performance Materials yang memiliki pengalaman panjang dalam memproduksi material-material polimer. Accella Tire Fill Systems merupakan pemimpin global untuk produk pencegah kebocoran ban dengan merek dagang Tyrfil, memiliki cakupan bisnis di 62 negara di seluruh dunia.

tyrfilElectricPump-web
Electric Pump Tyrfil

Prinsip bekerjanya adalah sebagai berikut, material Tyrfil (Patent No. 4.416.844) yang berupa polyurethane cair dipompakan ke dalam ruang udara ban untuk  menggantikan udara. Pemompaan dilakukan dengan pompa khusus. Dalam waktu 24 jam, polyurethane cair ini akan berubah menjadi polyurethane padat namun lembut yang akan mengisi ruang-ruang udara ban, yang mampu menahan beban sama seperti udara/nitrogen, namun memberikan kemampuan menahan getaran yang lebih baik dari ban yang berisi udara/nitrogen.

Dengan ban yang lebih lembut namun menghilangkan kemungkinan kebocoran, tingkat kenyamanan operator meningkat, disamping lifetime dari ban menjadi lebih panjang. Berkurangnya getaran pada unit, akan menimbulkan efek positif dengan kinerja unit yang lebih baik. Bahkan disaat unit beroperasi di daerah yang sangat berbahaya, Tyrfil tetap memberikan keamanan bagi unit untuk melaju sampai dengan kecepatan 55 km/jam.

 

(ES)

Leave a Comment