Acco Grader, Motor Grader Terbesar Sepanjang Masa

Dari masa ke masa, manusia selalu berupaya untuk mengatasi berbagai problem kehidupannya. Namun keterbatasan manusia mendorong manusia untuk menggunakan alat-alat bantu yang akan mempermudahnya mengatasi berbagai persoalan yang ada. Alat berat adalah contoh dari alat bantu yang diciptakan manusia untuk mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak mampu dilakukan oleh manusia, sekuat apapun dia.

Salah satu alat berat yang populer sampai dengan hari ini adalah motor grader. Motor grader atau grader umum dijumpai pada proyek-proyek jalan, utamanya pada pembangunan jalan. Grader pun sangat umum dijumpai pada wilayah-wilayah pertambangan. Begitu pentingnya peranan grader, bisa dikatakan hampir tidak ada pekerjaan jalan yang bisa dilakukan tanpa grader.

Pada zaman dulu, manusia melakukan pekerjaan grading dengan menggunakan kuda. Dengan berkembangnya teknologi, grader pun berevolusi menjadi mesin-mesin modern dengan kekuatan besar. Pada saat ini yang dianggap sebagai grader terbesar adalah Caterpillar 24M yang biasa digunakan di area-area pertambangan. Memiliki panjang 14,194 m, lebar 4,280 dan tinggi 4,352, Caterpillar 24M memiliki lebar blade 7,3 m, gradder dengan daya 533 Hp ini terlihat sangat besar dibandingkan grader-grader pada umumnya. Namun ternyata Caterpillar 24M masih terhitung ‘kecil; dibandingkan grader satu ini, Acco Grader.

acco_grader_the_biggest_grader_equipina

Acco Grader diproduksi oleh Umberto Acco Company, sebuah perusahaan milik Umberto Acco asal kota Portogruaro, di Italia bagian utara. Motor grader ini diproduksi bersama sebuah bulldozer yang juga merupakan bulldozer terbesar di dunia yang merupakan pesanan dari pemimpin Libya, Muammar Khadafi. Namun saat itu Libya sedang menghadapi embargo internasional karena Khadafi dituduh terlibat dan mendalangi berbagai aksi terorisme, sehingga akhirnya grader bersama bulldozer produksi Acco ini tidak pernah meninggalkan Italia.

Diproduksi pada tahun 1980, pembangunan grader ini membutuhkan waktu 1 tahun. Dilihat dari ukuran dan spesifikasinya, sangat pantas grader ini menyandang gelar sebagai grader terbesar di dunia. Menggunakan 2 engine, di bagian depan dan belakang, yang masing-masing memiliki output 700 Hp dan 1000 Hp, sehingga grader ini memiliki kekuatan 1700 Hp.

Bobotnya pun luar biasa, lebih dari 181 ton. Grader ini memiliki 12 ban berukuran besar pada 3 axle, masing-masing 2 roda setiap hub-nya. Grader ini memiliki lebar blade lebih dari 9 meter dengan tinggi blade hampir 2 meter.

Sayangnya, seiring dengan meninggalnya Umberto Acco, yang kemudian disusul anak laki-lakinya yang disiapkan menjadi penerusanya, Acco company pun ditutup. Workhop yang sebelumnya digunakan untuk pembangunan grader dan dozer raksasa ini kemudian beralih menjadi area penampuangan alat berat bekas. Grader ini pun akhirnya di-scrap menjadi besi bekas pada periode September-Oktober 2012, sementara saudaranya, si dozer raksasa, nasibnya masih lebih beruntung karena diselamatkan sebuah perusahaan pertamanan dikota yang sama dan dipajang pada sebuah area terbuka yang mengingatkan orang tentang motor grader dan dozer terbesar sepanjang masa.

acco_grader_equipina_1

 

(HP)