Ajang Balap Truk Menjadi Strategi Tata Untuk Memperkuat Penetrasi Pasar

tata-prima-t1-truck-racing-2014-1

Produsen mobil asal India, Tata Motors melirik ajang balap truk sebagai cara pembuktian kualitas produknya untuk mempertahankan dominasinya di pasar India. Hal ini dipicu masuknya Daimler, pabrikan mobil tertua di dunia, ke pasar India dengan merek Bharat Benz. Tata yang merupakan produsen truk terbesar di India, bersama pabrikan India lainnya, Ashok Leyland selama ini menikmati 80% pangsa pasar truk komersial kelas menengah dan berat.

Masuknya Daimler ini menambah ketatnya persaingan truk komersial di India. Selama ini Tata juga harus bersaing dengan Volvo, MAN, AMW dan Scania, disamping dengan Ashok Leyland. Pasar India yang masih mengagungkan merek-merek global, walaupun permintaan akan merek lokal juga tetap tinggi, merupakan sasaran empuk bagi merek-merek Eropa dan Amerika. Namun langkah strategis Daimler yang membangun pabrik sendiri di India, menyebabkan Bharat Benz memiliki harga jual yang sedikit lebih tinggi dari produk lokal sejenis dengan kinerja yang mumpuni.

Langkah Tata Motors ini diwujudkan dengan membesut ajang tahunan Buddh International Circuit (BIC) di Sirkuit Noida, yang juga merupakan ajang balap F1 di India. Pada tahun 2014, Tata dengan truk andalannya Prima, untuk pertama kalinya bertarung di ajang balap T1 ini, setelah diluncurkan pertama kali pada tahun 2009. Dalam ajang balap ini, Tata prima mendapat persaingan ketat dari Bharat Benz dan Volvo-Eicher. Namun setelah usainya BIC ini, Tata mulai mendapat perhatian dari pasar di India.

Kini setelah 3 tahun mengikuti ajang balap truk ini, Tata mulai menuai hasilnya dengan meningkatnya pesanan, tidak hanya dari pasar lokal India, melainkan juga dari mancanegara, penjualan Tata Prima meningkat dengan signifikan.

Ramakrishnan, Senior Vice-President Commercial Vehicles Tata Motors menyatakan sikap perusahaannya terhadap keikutsertaan Tata Motors di ajang balap truk, “Kami melihat balap truk sebagai salah satu cara untuk menampilkan teknologi Prima. Perlombaan adalah bukti kehandalan, daya tahan produk.”

 

(ES)

Leave a Comment