Alat Berat Mini Buatan Sariman Berhasil Pikat Pelanggan Pertama

Suyanto pemilik POM bensin mini di Cilacap tertarik dengan mesin roller mini atau slender buatan Sariman. Suyanto menyewa slender selama dua hari untuk meratakan jalanan di area lokasi usahanya.

“Saya sewa dua hari, sehari Rp 300 ribu,” ujar Suyanto saat ditemui di Desa Tambaksari, Kecamatan Kedungreja, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (18/2/2016).

Suyanto memang mengajak Sariman menguji coba roller mini buatannya. Alat berat buatan Sariman diakui Suyanto cukup baik namun perlu penyempurnaan.

“Kemarin sudah diuji coba di rumah tapi mungkin ada yang kurang, mungkin nanti setelah dia lihat hasilnya ini dia akan evaluasi lagi,” jelas Suyanto.

69bf3bc8-dee6-4e85-90d9-eb6b73c343ad_169

Pembuatan alat berat mini ini menurut Suyanto produk kerja keras seperti yang dilakukan Kusrin yang berhasil membuat televisi. Agar tak ada masalah hukum seperti yang pernah menjerat Kusrin, Sariman sambung Suyanto harus mematenkan hasil karyanya.

“Mesinnya sempurnakan dulu kalau sudah sempurna harus punya hak paten. Pemerintah juga harus mendukung dari segi pembiayaan, karena menciptakan karya itu butuh pembiayaan dan jangan sampai dihancurkan, kalau orang Indonesia bisa kreatif tapi dihancurkan kapan majunya,” ujar Suyanto.

d184704d-6264-41e6-a784-6de6c2858781_169

Tapi Sariman belum mau memikirkan soal pendaftaran hak paten hasil karyanya. Sariman hanya ingin menyempurnakan hasil ciptaannya yang dibuat dari barang-barang bekas.

“Ini niat awal hanya untuk menolong dan untuk nambah penghasilan. Tadi juga sudah dapat penghasilan satu kali. Kemarin ada dari Jakarta tidak tahu dari PT apa, katanya mau ke sini. Telepon saya nanya denah lokasi, mau lihat slender katanya,” jelas Sariman.

Leave a Comment