News

Alat Pelacak Alat Berat Asli Buatan Indonesia

GPS-Fox-Logger-2.0

Kegagalan dalam berbisnis tidak lantas membuat Alamsyah Cheung patah arang. Berbekal pengetahuannya di bidang IT, ia menggandeng adik iparnya Daren Suciono, yang berpengalaman di bidang digital marketing untuk membuat aplikasi pelacak kendaraan, baik mobil dan motor, dan alat berat. Pengalaman kegagalannya di bisnis GPS ternyata tidak sia-sia, ia paham sekali mengenai GPS dan apa yang menjadi kebutuhan konsumen di Indonesia. Berbeda dengan produk sejenis yang banyak berasal dari China, disamping sistem pembeliannya adalah beli putus, sehingga saat terjadi masalah, pembeli sulit meminta pertanggungjawaban dari pembuatnya yang ada di luar negeri. Disamping itu aplikasi yang berasal dari negara lain, dirasakan kurang sesuai dengan kebutuhan di Indonesia.

Kolaborasi 2 bersaudara ini kemudian menghasilkan suatu aplikasi yang diberi nama Foz Logger. Aplikasi berbasis mobile ini menggunakan prinsip komunikasi antara perangkat GPS yang telah ditambah berbagai fitur yang terpasang di kendaraan atau alat berat, sehingga kendaraan dan alat berat itu dapat dimonitor dari handphone biasa. Untuk perangkat GPS, dapat menggunakan perangkat GPS dari berbagai merek yang beredar di Indonesia. Aplikasi ini dapat berkomunikasi dengan mudah dengan perangkat GPS yang ada.

gps-tracking-fox-logger-fl-168

Fungsi GPS yang biasanya digunakan untuk memantau posisi kemudian ditambahkan bermacam-macam fitur yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis maupun pribadi. Apa saja fitur andalan dari aplikasi ini?

Aplikasi ini dapat mencatat berbagai parameter perjalanan yang sudah dilakukan, seperti jarak tempuh, lokasi berhenti, lama beroperasinya dan kecepatan. Pencatatan ini dapat disimpan sampai maksimum 100 hari. Fitur ini sangat cocok bagi perusahaan yang memiliki armada kendaraan atau alat berat dalam jumlah yang besar. Aplikasi ini pun dapat menyimpan rute reguler yang biasa dijalani setiap hari, sehingga saat terjadi penyimpangan dari rute, pihak manajemen dapat mengetahuinya segera untuk diklarifikasi kepada pengemudi atau operator. Aplikasi ini pun memiliki fitur Geo Check-In dan Check Out, sehingga saat kendaraan atau alat berat sampai di tujuan, sistem Fox Logger akan mengirimkan email kepada manajemen, begitupun saat kendaraan atau alat berat meninggalkan lokasi, sistem akan langsung mengirimkan notifikasi dengan email, sehingga berapa lama waktu yang dihabiskan di tempat tersebut dapat diketahui dengan pasti. Sebagai pelengkap, aplikasi ini juga dapat mencatat konsumsi bahan bakar kendaraan atau alat berat.

Alamsyah juga menjelaskan aplikasi ini sudah digunakan pada 1000 truk sampah milik Pemprov DKI, disamping juga banyak digunakan oleh perusahaan consumer good yang biasanya memiliki armada truk untuk mendistribusikan produknya di seluruh Indonesia, seperti Mayora, Orang Tua Group, Kapal Api dan Indofood, termasuk perusahaan rental kendaraan dan Grab Car. Karena alat ini menggunakan sistem GPS, hampir tidak ada kendala berarti dalam penggunaannya di berbagai wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan, sepanjang sinyal masih dapat tertangkap oleh alat ini, kendalanya hanya kemampuan aki, sepanjang daya aki masih cukup untuk menerima dan mentransmisikan sinyal, maka sistem Fox Logger ini dapat terus beroperasi, bahkan saat kendaraan atau alat berat dicuri.

Dengan jaringan distribusi yang sudah tersebar di 32 kota besar di seluruh Indonesia, Alamsyah menjamin tidak ada kendala bagi calon pelanggan yang berdomisili di berbagai wilayah di Indonesia untuk menggunakan aplikasi ini. Bahkan Fox Logger ini dapat dibeli pada berbagai toko online, seperti Bhinneka.com.

 

(ES)


FOX Logger GPS Technology

Jl. Sungai Sambas VI – Kebayoran Baru

Jakarta Selatan

Telp. : 021 – 29238948 & 081310018000

Website : http://foxlogger.com

Leave a Reply