Alternatif Pengangkutan Perkebunan, Wolf 4×4

Pada pameran INAPA 2016, ada produk yang sangat menarik perhatian karena bentuknya yang agak berbeda dan warnanya merah menyala mengundang perhatian. Bentuknya adalah dump truck dengan dump body berukuran mini, namun bila melihat bagian moncongnya, bentuknya menyerupai traktor pertanian.

Ya inilah Wolf 4×4, truk perkebunan yang didisain khusus sebagai angkutan hasil perkebunan yang cocok untuk kondisi perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Truk perkebunan yang dipasarkan oleh PT. Wolf Indonesia ini, dapat menjadi alternatif bagi truk-truk angkutan tandan buah sawit setelah dipetik untuk dibawa ke area pengumpulan.

Mengapa Wolf 4×4 ini sangat cocok sebagai truk perkebunan? Seperti yang kita ketahui, perkebunan kelapa sawit di Indonesia umumnya memiliki lahan yang sangat luas dengan jalan-jalan akses di perkebunan yang sempit. Sehingga truk-truk yang berkategori light truck banyak digunakan sebagai truk pengumpul. Namun, kondisi jalan yang umumnya masih berupa jalan tanah yang belum semuanya diperkeras dengan sirtu, sangat menyulitkan pergerakan truk-truk ini, terlebih lagi saat musim hujan. Alhasil, truk-truk ini kerap amblas pada tanah berlumpur yang akan menyebabkan produktivitas truk berkurang jauh, karena banyak waktu terbuang untuk membebaskan truk yang amblas. Belum lagi truk-truk yang digunakan banyak berupa truk-truk biasa (bukan dump truk), sehingga masih dibutuhkan waktu tambahan untuk membongkar muatan tandan-tandan sawit di tempat penumpukan.

wolf_truck_in_action_2

Dengan truk Wolf 4×4 ini tidak perlu kuatir karena truk ini berpenggerak 4×4, sehingga dapat beroperasi di medan-medan dengan jalan yang buruk. Dengan disainnya yang ramping, truk ini dapat bermanuver dengan mudah di area-area yang sempit. Ground clearance-nya juga cukup tinggi (220 mm), sehingga anda tidak perlu kuatir truk ini akan amblas saat membawa muatan berat di jalan yang bergelombang. Ban-ban yang digunakan menggunakan ukuran ban yang umum di pasaran yakni 7.50-16 dengan tipe kembangan ban mud terrain dengan kembangan besar, menjamin traksi yang baik di medan-medan berlumpur.

Ditenagai dengan mesin diesel 4100 cc, tenaga yang dihasilkan truk ini adalah 88 Hp, cukup kuat untuk menggerakkan truk ini bahkan saat membawa muatan maksimum seberat 8 ton dengan bahan bakar yang efisien. Sistem suspensi yang digunakan adalah per daun Double Heavy Duty, sehingga pemeliharaan truk ini cukup mudah, terutama di daerah-daerah yang akses jalannya cukup jauh. Untuk sistem pengereman, truk ini menggunakan drum brake dual circuit air system yang membuat pengeraman tetap handal saat melintasi jalan yang licin.

Untuk membongkar muatan, dump truk ini dilengkapi dengan 2 buah hydraulic lifting cylinder 2 tingkat, yang masing-masing memiliki kapasitas angkat 5 ton, tentunya ini cukup memadai untuk kondisi Indonesia, yang seringkali truk-truk harus mengangkut muatan yang melebihi kapasitas.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

PT. Wolf Indonesia – Marketing Office
Kawasan Pusat Niaga Terpadu, Jl. Daan Mogot Raya Km. 19,6 Blok E/8 E-F
Jakarta Barat

Telp. : +6221 – 54395736, 54395740
Fax : +6221 – 54395736
Email : info@wolfindo.com
Website : www.wolfindo.com

 

(ES)


SPESIFIKASI
Model : KF50Tyres
Power (Hp) : 88 HpFront : 750 x 16 – 14 ply
Max. Torque : 230 N.mRear : All terrain types
TransmissionBrakes
Gear box -heavy duty 5 speed (direct engage Hi/Low with syncromeshMain brake : dual circuit air system, drums
Different lock : fully lockableParking hand brake : air actuated to rear wheels
EngineClutch
Model : 4100QB-2Type : 13′ dry single plate
No. of cylinders : 4Control : hydro-pneumatic clutch system
Injection : directDrive
Displacement : 4100 ccFour wheel drive (4×4) with Hi & Low gear
Cooling system : water coolingDump system
Air cleaner : oil filter systemTipper with 5T twin hydraulic 2 level telescopic cylinders
ElectricalOverall dimension
Baterry : 24VWheel base : 3270 mm
Alternator 28 V, 500 WOverall length : 5830 mm
Starter motor : 24 VOverall width : 2230 mm
Max. travelling speedOverall height : 2570 mm
70 km/jamFront tread : 1565 mm
SteeringRear tread : 1630 mm
Type : re-circulating ball with hydraulic power assistGround clearance : 220 mm
Suspension systemNet weight : 3500 kg
Front leaf spring : heavy dutyGross weight : 8500 kg
Rear leaf spring : double heavy dutyCarrying capacity : 5000 kg

 

Leave a Comment