Avant Mini Loader, Satu Unit Equipment Dengan Lebih Dari 100 Attachment

Pada setiap rencana pembelian sebuah alat berat, sebuah perusahaan akan mempertimbangkan berbagai faktor yang penting sebelum sampai pada tahap pengambilan keputusan. Disamping faktor-faktor yang utama seperti harga, merek dan layanan purna jual, satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah fungsi dari alat berat tersebut. Idealnya sebuah alat berat bisa difungsikan untuk mengerjakan berbagai pekerjaan, dengan demikian investasi yang dikeluarkan akan memilki efisiensi yang tinggi karena bisa menghemat biaya investasi maupun biaya rental.

Bayangkan, jika ada 10 jenis pekerjaan yang harus dikerjakan dan digunakan beberapa alat berat, hal ini akan membuat investasi yang dikeluarkan menjadi tinggi. Kalaupun untuk unit tambahan digunakan rental, hal ini akan membebani biaya operasional.

Namun berbeda dengan produk mini loader dari Avant, dengan mengeluarkan biaya investasi untuk 1 unit Avant kita akan memperoleh efisiensi yang tinggi. Betapa tidak 1 unit Avant bisa menggunakan lebih dari 100 jenis attachment. Hal ini akan membuat unit Avant memiliki fleksibilitas tinggi yang tidak dimiliki mini loader sejenis. Seperti kita ketahui, beberapa merek dan jenis alat berat bisa bekerja dengan menggunakan beberapa atachment, namun alat-alat berat seperti ini hanya bisa menggunakan beberapa attachment saja. Hanya sedikit yang mampu menggunakan belasan sampai sekitar 20-an attachment saja.

avant_mini_loader_equipina

Avant mini loader didesain dan diproduksi oleh Avant Techno Oy, sebuah perusahaan yang berbasis di Ylöjärvi, Finlandia. Sejak tahun 1995, Avant Techno Oy telah memproduksi berbagai jenis equipment untuk pertanian dan peternakan. Equipment-equipment produksi awal dari Avant digunakan untuk memasok makanan bagi sapi-sapi di peternakan sapi di Finlandia. Sebuah pekerjaan yang terlihat sepele, namun membutuhkan efisiensi tinggi. Hal ini sejalan dengan slogan dari Avant: Change your most unpleasant task to most enjoyable! Misi dari Avant adalah menyediakan equipment-equipment yang nyaman digunakan untuk berbagai pekerjaan, sekalipun itu merupakan pekerjaan-pekerjaan yang kurang mentyenangkan.

Seiring dengan berjalannya waktu, Avant Techno Oy melebarkan pemasarannya ke berbagai negara di dunia. Saat ini, produk-produk Avant telah hadir di lebih dari 60 negara, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, produk-produk dari Avant diageni oleh PT Jebsen & Jessen Technology Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan di bawah naungan Jebsen & Jessen Indonesia. PT Jebsen & Jessen Technology Indonesia telah dikenal sebagai penyedia solusi bagi keperluan penanganan cairan (fluid handling), manajemen irigasi (irrigation management) dan energi.

Produk-produk Avant sangat cocok diperuntukkan bagi berbagai pekerjaan pada sektor-sektor property maintenance, konstruksi, manufaktur, landscaping, dan pertanian. Pada sektor-sektor ini banyak sekali pekerjaan-pekerjaan yang bersifat temporer berdasarkan situasi yang ada. Dengan sifat pekerjaan seperti ini sangat tidak efisien menggunakan equipment yang berukuran besar dan hanya mampu mengerjakan pekerjaan-pekerjaan tertentu saja.

Avant sendiri telah mendesain lebih dari 190 jenis attachment yang bisa diganti dan diaplikasikan dengan mudah. Dari mulai attachment-attachment standar seperti bucket dengan berbagai tipenya, grapple, blade, pallet fork, dll sampai dengan attachment untuk pekerjaan-pekerjaan khusus yang hampir tidak ditemukan pada berbagai brand mini loader lainnya, seperti high pressure washer, artificial turf attachment, sand/salt spreader, dll.

avant_mini_loader_equipina_1

Range produk Avant yang memiliki ciri khas warna hijau ini terbagi menjadi 8 seri model, yaitu 200, 300, 400, 500, 600, 700, R, dan E series. Sebagai tenaga penggeraknya, Avant menggunakan bebeerapa merek engine seperti Kohler, Honda dan Kubota dengan bahan-bakar bensin, LPG dan solar, sehingga bisa diaplikasikan pada lingkungan kerja yang menuntut standar emisi yang rendah. Seperti kita ketahui pada beberapa pekerjaan seperti konstruksi, seringkali pekerjaan yang dilakukan berada di ruangan tertutup.

Tidak hanya dari sisi emisi, pekerjaan-pekerjaan di lokasi-lokasi seperti ini juga umumnya hanya memiliki ruang gerak yang sempit untuk manuver. Untuk itu semua range model dari Avant mampu bermanuver di lokasi yang sempit dengan teknologi articulated, dimana kabin dan seat operator juga ikut berputar searah dengan roda depan. Khusus untuk series 300, merupakan model-model yang menerapkan teknologi skid steer.

Sebagai fitur yang menjadi andalan dari produk-produk Avant adalah telescopic boom. Teknologi inovasi dari Avant ini memmungkinkan boom menjulur menyesuaikan dengan kondisi kerja. Hal ini berbeda dengan boom konvensional pada berbagai produk mini loader yang menggunakan boom statis yang digerakkan dengan silinder, sehingga jarak jangkauan hanya terbatas sepanjang boom. Fungsi telescopic boom ini selain untuk mengangkat beban juga untuk menjangkau obyek dan dituju dengan attachment yang digunakan. Sedangkan penggantian attachment bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dengan sistem quick coupling.

Tidak heran, dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki ini produk-produk mini loader Avant menjadi pilihan untuk menangani berbagai pekerjaan yang cukup sulit dilakukan oleh berbagai produk lain. Ambil contoh, seperti PT. Gajah Tunggal yang menggunakan beberapa produk Avant untuk mengangkat rim (pelek) yang baru selesai dicetak untuk dipindahkan ke line produksi berikutnya. Lokasi yang sempit dengan suhu yang tinggi membutuhkan mini loader yang mampu bekerja secara efisien. Contoh lainnya adalah penggunaan mini loader Avant untuk menangani pekerjaan di sebuah lokasi di Jawa Barat atau untuk menangani berbagai pekerjaan di lapangan golf di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

PT. Jebsen & Jessen Technology Indonesia
Graha Inti Fauzi, 7th Floor
Jl. Buncit Raya No. 22
Jakarta 12510

Telp : 021 – 2753 7030
Fax : 021 – 2753 7040

Website : http://www.avanttecno.com

 

(ES)