Safety, Health & Environment

Bekerja Dengan Nyaman di Lingkungan Alat Berat Dengan Ear Plug

Pekerjaan yang berkaitan dengan alat berat sangat rentan dengan polusi suara. Seperti kita ketahui suara bising dari engine yang berukuran besar, klakson, suara dari berbagai alat bantu kerja baik di workshop maupun di lapangan setiap saat terdengar. Bagi orang yang sehari-harinya sangat dekat dengan alat berat seperti mekanik, operator maupun petugas lapangan sangat berpotensi mengalami gangguan pendengaran.

Telinga manusia memiliki batas toleransi tingkat kekerasan suara (intensitas) yang dinyatakan dengan deciBel (dB). Semakin keras suara, semakin tinggi intensitas dB-nya. Pada umumnya, ahli kesehatan menyatakan ambang aman suara yang dapat didengar manusia adalah 85 dB. Rilis dari WHO bahkan memberikan angka toleransi yang lebih rendah. Setiap manusia hanya disarankan untuk dapat mendengar dengan batas maksimal yaitu 55 dB. Kenapa begitu rendah? Hal ini disebabkan karena kepekaan setiap telinga akan frekuensi yang diterimanya berbeda-beda.

Intensitas  Suara (dB)Keterangan
30Suara lemah berbisik
85Batas aman, sebaiknya gunakan pelindung telinga
90Dapat merusak pendengaran dalam waktu 8 jam
100Merusak pendengaran dalam waktu 2 jam
105Merusak pendengaran dalam waktu 1 jam
115Merusak pendengaran dalam waktu 15 menit
120Merusak pendengaran dalam waktu 7,5 menit
125Ambang rasa nyeri di telinga bagian dalam
140Membahayakan pendengaran dalam waktu singkat

Di sisi lain, hasil riset yang dilakukan oleh Federal Highway Administration, sebuah lembaga di bawah Department of Transportation, AS, memberikan hasil seperti tabel di bawah:

EquipmentActual Measured @ 50 feet
Auger Drill Rig84
Backhoe78
Boring Jack Power Unit83
Chain Saw84
Clam Shovel (dropping)87
Compactor (ground)83
Compressor (air)78
Concrete Mixer Truck79
Concrete Pump Truck81
Concrete Saw90
Crane81
Dozer82
Drill Rig Truck79
Drum Mixer80
Dump Truck76
Excavator81
Flat Bed Truck74
Front End Loader79
Generator81
Generator (<25KVA, VMS Signs)73
Gradall83
Grapple (on backhoe)87
Horizontal Boring Hydraulic Jack82
Impact Pile Driver101
Jackhammer89
Man Lift75
Mounted Impact Hammer (hoe ram)90
Pavement Scarifier90
Paver77
Pickup Truck75
Pneumatic Tools85
Pumps81
Refrigerator Unit73
Rivit Buster/Chipping Gun79
Rock Drill81
Roller80
Sand Blasting (single nozzle)96
Scraper84
Sheers (on backhoe)96
Slurry Plant78
Slurry Trenching Machine80
Vacuum Excavator (Vac-Truck)85
Vacuum Street Sweeper82
Ventilation Fan79
Vibrating Hopper87
Vibratory Concrete Mixer80
Vibratory Pile Driver101
Warning Horn83
Welder/Torch74

Perlu diperhatikan, riset ini dilakukan pada jarak 50 feet (15.24 meter) dari obyek yang diukur, yang berarti bila seseorang bekerja sangat dekat dengan unit alat berat, seperti mekanik atau operator, intensitas suara yang ditangkap telinga orang tersebut akan menjadi lebih besar lagi ( di atas 100 dB). Bisa dibayangkan bila seorang mekanik bekerja pada dump truk atau ruang genset yang sedang dihidupkan dalam waktu beberapa jam, apa yang akan terjadi. Terlebih lagi bila setiap hari pekerjaan seperti itu dilakukan secara rutin.

Sebagai pelindung pendengaran dari suara-suara yang berintensitas tinggi, umumnya dipergunakan ear plug. Ear plug dapat mengurangi intensitas suara yang ditangkap oleh gendang telinga. Bahkan pada ear plug jenis tertentu, suara yang masuk ke telinga bisa dikurangi hampir 0 dB.

Jenis-jenis ear plug yang ada di pasaran adalah sebagai berikut:


form_ear_plugForm Ear Plug

Ear plug jenis ini cukup banyak digunakan oleh berbagai perusahaan di Indonesia. Harganya yang cukup murah dan kepraktisannya membuat form ear plug ini cukup disukai. Kekurangannya, bisa menimbulkan iritasi, apalagi jika dipegang dengan tangan yang kotor.


wax_ballsWax Balls

Ear plug jenis ini jarang digunakan di Indonesia. Harganya lebih mahal dari Form Ear Plug. Wax balls ini dapat menutup semua suara sehingga tidak terdengar. Namun kurang cocok digunakan di lingkungan kerja yang berpotensi bahaya tinggi karena penggunanya menjadi tidak waspada dengan bahaya yang datang.


earmuffsEarmuffs

Bentuknya menyerupai headset. Karena itu earmuffs bisa digunakan bersama dengan helm safety. Earmuffs memiliki kemampuan untuk mengurangi suara yang masuk sampai meniadakannya. Kekurangannya, selain harganya cukup mahal, earmuffs ini bisa mengurangi kenyamanan bekerja terutama pada pekerjaan yang membutuhkan perubahan-perubahan posisi tubuh secara intens. Di samping itu, earmuffs ini bisa menimbulkan iritasi di sekitar telinga, terutama pada udara yang panas.


silicone_plugsSilicon Plugs

Terbuat dari material yang tidak menimbulkan iritasi pada telinga. Kekurangannya hanya bisa mengurangi bunyi, tidak bisa menghilangkan bunyi. Selain itu silicon plugs ini bisa masuk ke dalam telinga dan menimbulkan masalah.


universal_earplugsUniversal Earplugs

Merupakan jenis ear plug yang cukup populer pada waktu belakangan ini. Universal earplugs bisa mengurangi suara seminimal mungkin, namun bukan menghilangkan suara sama sekali. Penggunanya bisa mengatur tingkat intensitas suara yang ingin didengarnya. Alpine Hearing Protection merupakan penemu universal ear plug ini.


otoplasticsOtoplastics

Tipe ear plug ini memiliki kemampuan bagus dalam melindungi pendengaran, nyaman digunakan dan bisa bertahan lama. Bisa disesuaikan dengan tingkat keras lemahnya suara. Merupakan inovasi dari Alpine Hearing Protection. Namun sayangnya,ear plug jenis ini terhitung sulit diperoleh di Indonesia.


Cek produk earplug di https://www.bukalapak.com/c/industrial/safety/ear-plug

(TP)

Leave a Reply