Berbagai Fitur Unggulan Alicon Breakers

Korea Selatan dikenal memiliki basis industri attachment alat berat yang kuat. Tengok saja, berbagai produk dan merek attachment alat berat diproduksi oleh berbagai perusahaan di Korea Selatan. Hal ini tidak terlepas dari kuatnya industri besi baja di Korea Selatan yang bangkit setelah era 1970-an. Produk-produk attachment alat berat Korea Selatan memang dikenal memiliki kekuatan yang tinggi, namun tidak itu saja, produk-produk Korea Selatan sarat dengan inovasi teknologi. Salah satu merek attachment Korea Selatan yang cukup mencuat belakangan ini adalah Alicon Breakers.

alicon_hydraulic_breaker_equipina_1

Alicon Hydraulic Breaker series diproduksi oleh Daemo Engineering Co.,Ltd, sebuah perusahaan asal Korea Selatan yang memproduksi berbagai hydraulic attachment untuk berbagai jenis alat berat, seperti breaker, crusher (fixed, rotating, mini, multi processor), shear, grapple, quick coupler, compactor dan ripper.

Tidak saja memproduksi berbagai attachment yang dipasarkan ke berbagai negara di dunia, Daemo yang berdiri pada tahun 1989 ini juga menjalin kerjasama dengan ABI Grup, Jerman, untuk memproduksi telescopic boom, HVR vibrators, blowing & drilling System, dll. bagi berbagai alat berat yang diproduksi ABI, serta berbagai produk attachment dan kelengkapan kapal-kapal yang diproduksi oleh Hyundai Heavy Industries (HHI).

Di Indonesia, produk-produk Alicon hydraulic breaker dipasarkan oleh PT. Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia (DKCI), yang juga dikenal sebagai representatif excavator dan crane Kobelco di Indonesia. Namun PT. DKCMI hanya berfokus pada penjualan dan after sales support produk breaker Alicon. Produk-produk breaker Alicon memiliki range product yang cukup besar, ada 17 model breaker yang diproduksinya, dari mulai breaker untuk excavator kelas mini excavator (0,5 – 1,5 ton) sampai dengan excavator kelas besar (55 – 100 ton).

Berbeda dengan banyak pabrikan yang cenderung memproduksi breaker yang ‘rata-rata’ alias tidak memiliki banyak fitur dan benefit bagi penggunanya, produk-produk breaker Alicon bisa dikatakan sarat dengan inovasi. Contohnya, bila umumnya breaker masih menggunakan akumulator pada breaker-breaker yang diproduksinya, produk-produk breaker Alicon telah mengembangkan teknologi tanpa akumulator sejak 1992. Selain itu, produk Alicon memiliki hak paten yang dikeluarkan oleh lembaga paten Amerika Serikat untuk teknologi Low Noise & Dust Proof.

Baca juga :
Fenomena Blank Firing Pada Pengoperasian Hydraulic Breaker

Berikut beberapa fitur dari breaker Alicon:

Sistem Valve Case with TPC (Total Power Control)

Total Power Control adalah sistem cerdas yang dikembangkan Daemo bagi breaker-breaker Alicon, dimana sebuah mini controller dipasang pada breaker-breaker Alicon untuk mengubah langkah piston dari long stroke menjadi short stroke dan sebaliknya. Dengan TPC ini operator bisa menyesuaikan kuat lemahnya tumbukan chisel pada material keras yang dipecahkan dengan 2 buah selector yang terpasang pada valve case (chamber), sehingga pengoperasian breaker pun menjadi lebih optimal.

Pada breaker kelas menengah sampai besar (model B210 – B800), TPC juga dilengkapi opsi-opsi pengaturan BPM Adjuster, Relieve Valve dan 2 stroke Remote Control valve. Untuk fitur remote control ini, pengubahan stroke breaker bisa dilakukan dari kabin excavator sehingga akan menghemat waktu operator. Operator tidak perlu meninggalkan kabin untuk mengubah posisi selector pada breaker.

alicon_hydraulic_breaker_equipina

Sistem Seal

Breaker-breaker Alicon menggunakan seal yang diproduksi oleh NOK yang dikenal sebagai pembuat seal anti kebocoran yang berkualitas tinggi. Untuk model B210 – B800, seal tambahan yang berfungsi sebagai buffer pencegah kebocoran gas maupun oli. Seal tambahan ini juga berfungsi sebagai peredam getaran yangditimbulkan piston.

Energy Regeneration Valve

Fitur ini merupakan pengganti penggunaan akumulator yang umum diterapkan pada hydraulic breaker Konvensional, yang berfungsi mengembalikan energi yang hilang akibat pukulan chisel pada material keras. Energi yang bisa diregenerasikan sebesar 15%. Fitur ini khusus tersedia bagi breaker berukuran besar (B600 dan B800).

Stroke Selector System

Fitur ini merupakan fitur standar bagi breaker-breaker berukuran kecil sampai sedang. Merupakan fitur selector stroke piston dari long stroke menjadi short stroke. Untuk mengubah stroke, operator harus mengubah selector langsung pada breaker-nya.

Sistem Anti Blank Firing (ABF) dengan Auto Control Valve

Sistem ABF ini merupakan fitur standar bagi model B50 sampai dengan B800 yang diaktifkan secara otomatis dengan kontroler Auto Control Valve, sehingga saat chisel diangkat dari material maupun setelah pekerjaan breaking selesai, sistem ini akan otomatis menghentikan pemberian pressure pada piston dengan menonaktifkan Auto Control Valve. Namun untuk breaker-breaker kapasitas besar seperti B600 dan B800, sistem ini ini tidak bisa mematikan Auto Control Valve secara otomatis, dengan tujuan memberikan proteksi lebih pada breaker. Sebagai informasi tambahan, kebanyakan produk breaker yang lain menjadikan fitur ABF ini sebagai fitur opsional.

Dengan fitur ini breaker akan terhindar dari kerusakan akibat operator lupa menonaktifkan breaker saat pekerjaan dihentikan sementara atau saat pekerjaan selesai, disamping itu fjuga bila breaker dioperasikan oleh seseorang yang tidak berpengalaman dalam pengoperasian breaker, breaker pun akan aman dari kerusakan akibat blank firing.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi PT. Daya Kobelco Construction Machinery Indonesia pada cabang-cabang atau kantor service terdekat, atau melalui Head Office : Pondok Indah Office Tower 3 Suite 1500, Jl. Sultan iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta 12310. Telp. 021 – 7592 2828 (Hunting), Fax 021 – 7592 2880 (Marketing), email info@dayakobelco.co.id, website : https://www.dayakobelco.co.id

 

(TM)