Berbagai Pilihan Ban Untuk Truck, Bus dan Alat Berat dari Apollo Tyres

Ternyata India memiliki merek ban yang layak dipertimbangkan bagi industri alat berat di Indonesia. Jika selama ini pasar ban bagi alat berat dikuasai berbagai merek ban asal AS, Eropa, Jepang, Korea, maupun Tiongkok, produk ban asal India berhasil memasuki 20 besar pabrikan ban global, dengan menduduki peringkat 16 melalui Apollo Tyres.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya yang bersinggungan dengan kendaraan komersial, baik truk dan bus maupun alat berat, nama Apollo masih cukup asing di telinga. Padahal, pabrikan yang telah merambah berbagai negara di dunia ini telah eksis semenjak 1972. Di Indonesia, penjualan berbagai ban Apollo Tyres dipegang oleh PT. Banama Equipment Support Indonesia sejak tahun 2011.

Apollo Tyres Ltd. berdiri pada tahun 1972 di kota Gurgaon, India, namun pabrik pertamanya baru berdiri pada tahun 1977 di kota Perambra, Provinsi Kerala. Perlahan-lahan ban-ban Apollo makin diterima pasar India. Peningkatan permintaan pasar ini mendorong Apollo membuka pabrik keduanya di kota Limda, Provinsi Gujarat pada tahun 1991 yang disusul pabrik ketiganya di kota Kalamassery. Pabrik ketiga ini merupakan langkah strategis pertama Apollo karena dilakukan dengan mengakuisisi Premier Tyres Limited, sebuah perusahaan lokal yang memproduksi ban.

apollo_tyres_equipina_1

Pada tahun 2006, Apollo melangkah go international dengan mengambil alih operasional Dunlop Afrika. Untuk memperkuat basis produksinya, pada tahun 2008, pabrik keempat di kota Chennai dibuka. Dengan memiliki 4 pabrik dengan kapasitas yang besar, Apollo semakin percaya diri melebarkan sayapnya, langkah berikutnya adalah memasuki Eropa. Sebuah perusahan ban asal Belanda, Vredestein Banden B.V. (VBBV), yang memproduksi ban bermerek Vredestein diakuisisi pada tahun 2009 menjadi merek dagang kedua yang diproduksi dan dipasarkan Apollo, selain Apollo sendiri. Pasar Jerman pun dirambah dengan mengakuisisi sebuah perusahaan distributor ban di Jerman, Reifencom.

Untuk memperkuat basis R&D-nya, Apollo membuka pusat R&D Global di Belanda serta pusat R&D untuk wilayah Asia di Chennai. Terakhir, pabrik kelima Apollo diresmikan di Hungaria pada tahun 2017.

Apollo Tyres memiliki line product yang beragam, dari mulai ban-ban untuk mobil penumpang, sepeda motor, truk dan bus, alat berat pertanian, industri dan pertambangan. Yang menarik, Apollo membuat sebuah sistem selector ban yang berbasis web pada alamat https://www.apollotyres.com/en-in/cv/tyre-finder. Di sini siapapun bisa mencari ban yang sesuai dengan kebutuhannya. Problem yang dihadapi orang yang awam dengan ban, saat akan mencari ban baik bagi kendaraan maupun alat berat, sering tidak ada referensi yang bisa digunakan untuk menentukan ban yang dibutuhkannya, sehingga umumnya orang akan menggunakan referensi sesuai dengan informasi yang dimiliki, misalnya menggunakan merek dan ukuran ban yang sama dengan yang terpasang pada kendaraan atau alat beratnya.

Sistem ini juga bisa menunjuk dealer/tyre shop terdekat dimana calon customer bisa membeli ban-ban Apollo. Sayangnya, tidak semua penunjuk dealer (dealer locator) sudah berfungsi dengan baik. Bila Anda menemukan kendala seperti ini, sebaiknya Anda menghubungi authorized dealer Apollo di Indonesia, PT. Banama Equipment Support Indonesia.

Bahkan, pemilik ban juga bisa langsung meregistrasikan warranty dari ban-ban Apollo yang dibelinya pada website ini secara langsung kepada pabriknya, Apollo Tyres Ltd. Bila terjadi problem dari ban-ban yang dibelinya, customer juga bisa langsung mengajukan warranty claim kepada Apollo, dalam hal ini Apollo tetap akan menunjuk dealer terdekatnya untuk mengeksekusi warranty claim itu. Sebagai informasi, Apollo memberikan warranty 2 tahun untuk semua ban Apollo berupa unconditional warranty. Pengertian unconditional warranty ini adalah kerusakan ban yang disebabkan benturan, kecelakaan, maupun sebuah kerusakan yang tidak bisa diperbaiki.

apollo_tyres_equipina

Berbagai jenis ban bagi alat berat diproduksi oleh Apollo,dari alat berat berukuran kecil sampai raksasa. Sebagai contoh, pada kategori alat berat konstruksi, berbagai jenis ban bagi backhoe loader, compactor, wheel loader, motor grader, tyre excavator, skid steer loader, telescopic handler, multi purpose, dll. diproduksi oleh Apollo. Untuk alat berat pertambangan, ban-ban Apollo tersedia untuk surface mining dan underground mining. Untuk surface mining berupa unit-unit wheel loader, Articulated Dump Truck (ADT) dan Rigid Dump Truck (RDT) dari kelas 55 ton sampai dengan 240 ton.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
PT Banama Equipment Support Indonesia
Cilandak Commercial Estate
The Garden Centre, Suite 5 – 14
Jl. Raya Cilandak KKO, Jakarta Selatan
12560, Indonesia

Tel: 6221 7890541
Fax : 6221 7890135
Email : sales@banama.co.id

 

(TM)