Berbagai Produk Alat Berat XCMG Untuk Pasar Indonesia

Beberapa tahun terakhir ini berbagai produk alat berat dari Tiongkok memasuki Indonesia. Tidak mengherankan, Indonesia merupakan pasar alat berat potensial bagi Tiongkok. Tidak dapat dipungkiri, ada daya tarik tersendiri dari produk-produk alat berat dari Tiongkok ini sehingga walaupun pertumbuhan penjualannya belum begitu signifikan, namun pelan-pelan mulai diterima oleh pasar. Apalagi kalau bukan harga yang lebih murah.

Namun, sayangnya pandangan sebagian pengguna alat berat terhadap produk-produk alat berat Tiongkok belumlah positif. Produk-produk alat berat dari Tiongkok dipandang memiliki kualitas yang lebih rendah dari produk-produk sejenis asal AS, Jepang, Eropa, bahkan Korea. Ditambah lagi pandangan bahwa alat berat dari Tiongkok memiliki kelemahan dari sisi after sales.

Tidak dapat dipungkiri di masa lalu, produk-produk asal Tiongkok memiliki kualitas yang rendah. Namun seiring berjalannya waktu, pabrikan-pabrikan asal Tiongkok terus melakukan pembenahan, bukan hanya kualitas produk, namun juga after sales support dan kualitas layanan terhadap customer. Salah satu merek alat berat dari Tiongkok yang layak menjadi perhatian adalah XCMG.

XCMG merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang berbasis di kota Zuzhou, Propinsi Jiangsu, Tiongkok. XCMG sendiri merupakan anak perusahaan dari XCMG Construction Machinery Co. Ltd, yang merupakan grup perusahaan yang bergerak pada bisnis industri berat. Berdiri pada tahun 1989, XCMG berkembang pesat, tidak hanya di Tiongkok namun telah menjadi sebuah korporasi multinasional yang cukup disegani di industri alat berat dunia. Pada tahun 2016, XCMG menduduki peringkat ke-5 pada industri alat berat dunia dari sisi volume bisnis.

Dalam proses perkembangannya, XCMG bekerjasama dengan beberapa pabrikan alat berat dunia, seperti Caterpillar dan Liebherr pada tahun 1995 dengan membangun pabrik untuk memproduksi berbagai excavator bagi Caterpillar dan 3 model all-terrain crane dan axle bagi 6 model crane bagi Liebherr. Kerjasama dengan Caterpillar berakhir pada Juni 2010, setelah XCMG melepas 15,87% sisa sahamnya di Caterpillar Xuzhou Ltd., perusahaan joint venture bentukan Caterpillar dan XCMG, kepada Caterpillar.

Produk crane menjadi salah satu fokus strategi dari XCMG, hal ini dilakukan dengan bekerjasama dengan sebuah perusahaan perminyakan Tiongkok, Sinopec, untuk mulai memproduksi crawler crane. Tidak hanya memproduksi alat berat, XCMG juga masuk pada industri kereta api, dengan mendirikan anak perusahaan, XCMG Railway Equipment Co. Ltd, untuk memproduksi lokomotif kereta. Pengembangan Research & Development menjadi salah satu fokus dari XCMG, dengan membangun pusat R&D di Krefeld, Jerman pada Juli 2012. Tahun 2012 agaknya menjadi tonggak terpenting bagi XCMG, karena pada Oktober 2012, XCMG juga berhasil mengembangkan QAY1600, yang merupakan all-terrain crane terbesar di dunia.

Pada saat ini line product XCMG cukup beragam, berbagai jenis alat berat diproduksi di Zuzhou dan berbagai fasilitas produksinya, baik di Tiongkok maupun di berbagai negara di dunia. Product line XCMG terdiri crane, baik all-terrain crane, mobile crane, crawler crane dan truck-mounted crane, RTG crane, wheel loader, excavator, motor grader, heavy duty truck, berbagai peralatan pengaspalan, seperti vibro compactor, road roller dan asphalt finisher, berbagai peralatan pembetonan, seperti concrete pump, concrete mixer, dan concrete plant, forklift, heavy duty truck, aerial equipment, berbagai mining equipment, seperti rigid dump truck dan drilling machine, serta berbagai peralatan pemadam kebakaran dan sanitasi.

xcmg_indonesia_equipina_2

Untuk memasarkan berbagai produknya di Indonesia, XCMG menempatkan perwakilannya di Indonesia melalui XCMG Indonesia (http://www.xcmgindonesia.com). XCMG kemudian menunjuk dealer-dealer sebagai perpanjangan tangannya. Sistem keagenan XCMG menganut sistem multi dealer. Sampai dengan saat ini ada 3 dealer XCMG di Indonesia, yaitu PT. Gaya Makmur Tractors (http://www.gmtractors.net), PT. Perkasa Indo Jaya Mandiri (http://www.perkasaindojayamandiri.com) dan PT. Albera Prosperindo (http://alberaprosperindo.indonetwork.co.id).

 

(ES)

Leave a Comment