Services

Berbagai Program Training Mekanik INTA Institute

Bagi seorang mekanik alat berat, pengalaman saja tidak cukup untuk mengatasi berbagai problem yang muncul. Kemampuan tidak selalu berbanding lurus dengan jam terbang. Dengan perkembangan teknologi alat berat yang semakin lama semakin canggih, banyak problem yang tidak bisa diatasi dengan pengetahuan yang standar, apalagi yang sudah ‘out of date’. Mekanik perlu terus mendapatkan penyegaran kembali pengetahuannya dan tidak kalah penting menambah pengetahuannya dengan berbagai teknologi terbaru.

Di sinilah peran penting bagi perusahaan yang mempekerjakan mekanik-mekanik untuk memfasilitasi dengan training-training terbaru. Namun, seringkali kendala muncul manakala perusahaan tidak memiliki sumber daya memadai untuk mengadakan training-training bagi mekanik. Solusinya adalah menyerahkan kepada institusi yang memiliki kompetensi dalam melakukan training-training teknikal bagi mekanik alat berat. Membiarkan mekanik bekerja dengan hanya mengandalkan pengalamannya saja tentunya bukan pilihan yang bijak.

INTA Institute adalah sebuah divisi di PT. Intraco Penta, Tbk., sebuah perusahaan alat berat terkemuka di Indonesia yang telah berdiri hampir 50 tahun memasarkan berbagai merek alat berat. Dengan pengalaman yang panjang di bisnis alat berat, INTA Institute memiliki kemampuan lebih dari cukup dalam menyelenggarakan berbagai training-training bagi mekanik alat berat (baca juga : INTA Institute, Membangun Sumber Daya Manusia Berkualitas).

Program-program training yang dimiliki oleh INTA Institute selain digunakan untuk mengembangkan mekanik-mekanik INTA Group juga bisa digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memfasilitasi mekanik-mekanik alat beratnya dengan training-training berkualitas namun tidak memiliki kemampuan dalam menyelenggarakan program training.

inta_institute_program_training_equipina_1

Program training bagi mekanik terbagi menjadi 3 level, yaitu basic, intermediate dan advance. Untuk training-training yang termasuk level basic seperti Machine Maintenance dan Basic Maintenance Mechanic Course. Perbedaannya, training Machine Maintenance merupakan training yang menekankan kepada pengenalan bagian-bagian penting sebuah alat berat, melakukan daily maintenance, pengoperasian alat berat dan pengecekan-pengecekan rutin alat berat. Sedangkan Basic Maintenance Mechanic Course lebih menekankan kepada sistem dasar dari sebuah sebuah alat berat dan komponen-komponen yang terlibat dalam sistem tersebut.

Training-training yang termasuk kategori level intermediate merupakan training-training yang lebih spesifik mengulas sebuah sistem. Program-program trainingnya terdiri dari Engine System, Drivetrain System, Hydraulic System, Electrical System dan Air Conditioning System on Heavy & Light Vehicles. Pada training-training ini selain mekanik diperkenalkan kepada sistem juga dikenalkan pada alat ukur dan tools-tools standar yang biasa digunakan, termasuk juga melakukan pengecekan dan penyetelan serta melakukan troubleshooting ringan.

Untuk training-training yang berlevel advance adalah Troubleshooting Advance for Articulated Hauler dan Troubleshooting Advanve for Excavator. Walaupun jenis unit alat berat yang ada di daftar program training INTA Institute cuma 2, namun INTA Institute dapat mengakomodir kebutuhan training untuk jenis-jenis alat berat lainnya sesuai dengan kebutuhan customer dengan program Customized Training.

Selain program-program training yang lengkap dan fleksibel, program-program training yang ada sangat mengutamakan keseimbangan antara teori dan praktek. Teori disampaikan pada sesi training di kelas, sedangkan pada praktek peserta akan langsung dibawa ke unit-unit alat berat yang menjadi bahan training. Bagi perusahaan yang tidak ingin dipusingkan dengan masalah akomodasi selama training, INTA Institute pun memiliki kamar-kamar mess yang representatif sehingga mekanik tidak perlu dipusingkan dengan hal-hal sepele namun penting, seperti penginapan, transportasi dan makan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

INTA Institute
Jl. Raya Cakung Cilincing Km 3,5 Jakarta 14130
Telp. : (62-21) 4401408 Ext: 6801/6802
Email :
info_training@intracopenta.com
corp_training@intracopenta.com
Website : http://www.intainstitute.com

Facebook : INTA Institute
Instagram : @intainstitute

 

(TP)

Leave a Reply