Berfokus Pada Solusi Transport Perkotaan Rendah Polusi, Scania Meluncurkan Truk Masa Depan

scania_future_truck_equipina

Line product Scania kian bertambah lengkap dengan kehadiran truk generasi terbarunya. Setelah sebelumnya Scania meluncurkan truk jarak jauh dan konstruksi, Scania sekarang berfokus pada solusi transportasi perkotaan rendah polusi.

“Dengan peluncuran produk terbaru ini, Scania telah sampai pada tahap penyedia solusi transportasi berkelanjutan yang menawarkan truk-truk rendah polusi untuk semua jenis aplikasi,” jelas Christian Levin, Executive Vice President, Sales and Marketing Scania.

Truk-truk hemat bahan bakar berorientasi masa depan ini menawarkan berbagai fitur dan karakteristik dari sebuah truk masa depan, meliputi kemudahan pengemudian, area pandang yang luas, peningkatan safety, ergonomik dan kenyamanan yang membuat customer mudah beradaptasi terhadap truk.

Truk-truk terbaru ini memiliki bobot yang lebih ringan, dilengkapi dengan engine 7 liter terbaru, Scania menawarkan moda transportasi perkotaan dengan penghematan bahan bakar mencapai 10%. Dengan ukurannya yang kompak, Scania P-series menawarkan pengurangan hambatan udara sekaligus interior kabin yang lebih lapang. Pengemudi akan merasakan kualitas mengemudi dengan peningkatan kemudahan pengemudian yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan mengemudi di area perkotaan yang padat.

Sementara Scania L-series menawarkan kabin desain terbaru yang didesain untuk transportasi perkotaan. Kabin ini memberikan area pandang yang lebih luas. Pengemudi juga bisa memiliki ketinggian yang sama dengan pejalan kaki saat keluar masuk kabin. Scania L-series menawarkan mode kneeling dan tangga naik yang lebih rendah pda kedua sisi kabin.

Sebagai tambahan untuk meningkatkan area pandangan pengemudi saat terjadi kemacetan lalu lintas, Scania memperkenalkan City Safe Window. Pengemudi bahkan bisa dengan mudah melihat area pejalan kaki maupun jalur bersepeda.  Jendela pada bagian pintu penumpang pada kabin-kabin P dan L-series dikenal pada transportasi perkotaan  sebagai Crewcab yang umum digunakan pada truk-truk pemadam kebakaran. Bila dibutuhkan, tersedia opsi side airbag sampai dengan 4 buah. Crewcab bisa mengangkut sampai dengan 8 penumpang dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi.

Terobosan Transportasi Jarak Jauh dengan Bahan Bakar Gas

Sebagai solusi untuk transportasi jarak jauh, Scania memperkenalkan alternatif truk-truk berbahan bakar gas dengan gas engine 6 silinder, 9 dan 13 liter. Untuk total bobot truk dan trailer 40 ton, truk-truk berbahan bakar gas ini mampu menempuh jarak sampai dengan 1100 km. Sebagai informasi, Scania memproduksi berbagai truk dengan bahan bakar energi terbarukan, meliputi ethanol, biodiesel, HVO, dan juga truk-truk dual fuel dengan teknologi hybrid.

Untuk truk-truk berbahan bakar gas ini sekarang tersedia juga sistem Scania Maintenance dengan program Flexible Plan. Program ini akan meningkatkan akurasi pemeliharaan truk dengan menggunakan data aktual yang terus menerus dimonitor, sehingga setiap truk akan mendapatkan pemeliharaan yang tepat pada saat yang tepat, sehingga mengurangi waktu pemeliharaan dan meningkatkan availability truk.

“Dengan truk-truk generasi terbaru ini, Scania melakukan peningkatan keselamatan, kenyamanan pengemudi dan efisiensi bahan bakar. Unit-unit truk terbaru ini mendapatkan apresiasi atas fitur-fitur inovatifnya dan performance-nya secara keseluruhan. Kami yakin truk-truk perkotaan ini akan sukses nantinya,” Levin menutup penjelasannya.

 

(HP