Berkolaborasi Dengan Lego, Volvo CE Meluncurkan ZEUX

Volvo Construction Equipment (Volvo CE) dikenal sebagai produsen alat berat yang inovatif. Berbagai produk alat berat Volvo seringkali memiiki fitur yang terdepan secara teknologi, kalau boleh dikatakan futuristik. Dari semua produsen alat berat utama, tidak ada yang lebih berkomitmen memproduksi alat berat yang futuristik, otonom dan berbasis elektrik ke dunia nyata seperti Volvo. Selama beberapa tahun terakhir, Volvo telah berinovasi melalui prototipe-protipe alat berat autonomusnya seperti dump truck tanpa pengemudi,  HX2 maupun wheel loader LX1, maupun prototipe excavator yang terhubung ke operator melalui kabel, seperti excavator EX2.

Dan meskipun Volvo memiliki rencana untuk mendapatkan versi terbaru dari mesin-mesin yang bekerja di tambang Skanska sungguhan pada musim gugur ini, perusahaan ini tidak membiarkan dorongannya untuk berinovasi. Pabrikan bahkan menemukan peluang untuk menggunakan kemitraannya dengan LEGO untuk menginformasikan desain mesin masa depannya.

Minggu ini, Volvo dan Lego, yang telah bermitra dengan model Lego Technic yang sangat detail untuk wheel loader L350F dan excavator beroda EW160E, meluncurkan apa yang mereka sebut ZEUX. Set Teknisi Lego terbaru ini akan mencapai rak toko pada bulan Agustus, perusahaan mengatakan, tetapi berita yang lebih besar di sini adalah bahwa Volvo mengatakan model ini juga berfungsi sebagai prototipe digital untuk mesin otonom dunia nyata.

 

Membangun tim menjadi prototipe bangunan
Volvo mengatakan bahwa ZEUX dimulai sebagai “acara pembuatan tim informal yang menyenangkan,” dimaksudkan untuk memberikan sedikit inspirasi tidak hanya untuk tim desain Lego, tetapi juga untuk Volvo CE. Latihan itu memberi dua tim desain ide. Dengan set LEGO Technic berikutnya, keduanya akan bekerja sama untuk “merancang mesin konstruksi masa depan.” Mereka bahkan memutuskan untuk membawa kelompok fokus anak-anak untuk mempertimbangkan apa yang membuat fitur futuristik dan keren

volvo lego technic zeuxTetapi sebagai kepala Komunikasi dan Kemitraan Merek Merek Volvo, Arvid Rinaldo, menjelaskan, kolaborasi telah berkembang jauh melampaui set LEGO. Faktanya, Volvo mengatakan pekerjaan di ZEUX telah “mengarah ke sejumlah paten yang berpotensi revolusioner.”

“Kami telah menikmati kolaborasi yang benar-benar menyenangkan dan produktif dengan tim LEGO® Technic selama beberapa tahun terakhir. Ini memungkinkan kami untuk menguji ide-ide untuk jenis mesin konstruksi baru untuk masa depan, baik dari segi fungsionalitas, skala, desain dan interaksi. Model ini mungkin tampak futuristik sekarang, tetapi mesin konstruksi otonom, terhubung dan listrik sudah mulai menjadi kenyataan. Wheel Loader Volvo Concept ZEUX adalah langkah berikutnya yang realistis dalam evolusi mesin konstruksi kami yang menarik. ”

 

Anak-anak membuat “The Eye”
Volvo mengatakan ada dua fitur utama ZEUX yang dibuat oleh anak-anak. Yang pertama adalah pesawat pengintai yang menyediakan Zeux dengan gambar real-time dari situs dan perubahan ke lingkungan sebagai proyek berlangsung. Yang kedua disebut The Eye. Dan Volvo sebenarnya cukup bersemangat tentang potensinya untuk menjadi fitur nyata alat berat masa depan.

Menggoyang ke atas dan keluar ke arah ember ZEUX seperti ekor kalajengking, The Eye adalah kamera yang dapat disesuaikan dengan boom-mount yang “akan menunjukkan secara eksak di mana ‘perhatian’ kendaraan diarahkan.” Volvo mengatakan The Eye bisa menjadi fitur keamanan yang sangat berguna untuk mesin otonom karena dapat menunjukkan dengan tepat apa yang memfokuskan mesin, dan bahkan berfungsi sebagai cara untuk membuat “‘kontak mata’ dengan manusia dan mengakui kehadiran mereka.”

“Ketika Anda menyeberang jalan yang sibuk, Anda waspada terhadap bahaya dan mencoba untuk melakukan kontak mata dengan pengemudi di sekitar Anda. Itu adalah reaksi naluriah yang memungkinkan Anda mengevaluasi langkah selanjutnya, ”kata Andrew Woodman, manajer desain senior untuk LEGO. “Haruskah Anda tetap di tempat Anda, atau apakah aman untuk bergerak? Biasanya penilaian mudah. Dengan kendaraan otonom, Anda tidak memiliki interaksi tersebut karena Anda tidak dapat melihat semua sensor yang memungkinkannya untuk menavigasi objek yang diam dan bergerak. Tidaklah intuitif bagi kami untuk menguraikan apa langkah selanjutnya kendaraan itu, ke mana ia pergi, atau apakah ia telah melihat kami. Sementara Wheel Loader Volvo Concept ZEUX tidak akan mengemudi di jalan, itu akan berinteraksi dengan pekerja di lokasi konstruksi. Jadi kami berangkat untuk membuat fitur dan fungsi yang membuat interaksi antara manusia dan mesin menjadi aman dan intuitif mungkin. ”

Selain drone dan Eye, ZEUX juga dilengkapi dengan penyeimbang yang dapat diperpanjang, chassis yang memunculkan dan menurunkan, kemudi empat roda yang diartikulasikan dan beberapa fitur eksperimental lainnya yang hanya Anda temukan pada pemuat futuristik.

Set LEGO Technic Volvo ZEUX memiliki 1.167 buah dan bahkan dapat disusun kembali ke dalam mesin Volvo lain: PEGAX Concept Hauler.

(BW)

Leave a Comment