Product Review

Berniat Melakukan Penggantian Mesin? Simak Engine Satu Ini

Alat berat yang telah digunakan sekian tahun pasti mengalami penurunan performa. Penurunan performa ini sebanding dengan frekuensi kerusakan yang timbul. Bila alat berat sering mengalami kerusakan tentunya akan menyebabkan banyaknya kehilangan waktu dan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikannya. Bila sudah mengalami keadaan seperti ini, pemilik alat mungkin akan berpikir menjual alat tersebut mumpung masih punya nilai jual, atau, dibiarkan saja menjadi rongsokan atau dijual ke pengumpul besi tua.

Jangan buru-buru menyingkirkan alat berat yang mulai mengalami ‘batuk-batuk’, apalagi kalau yang sering mengalami kerusakan cuma bagian tertentu saja, misalnya mesin. Karena bisa jadi, setelah problem itu teratasi, alat berat tersebut masih bisa beroperasi dengan baik dan memberikan keuntungan bagi anda.

Bila mesin adalah komponen yang sering mengalami kerusakan, maka penggantian mesin (repowering) dapat menjadi solusi yang terbaik ketimbang overhaul, karena anda dapat menghemat waktu cukup banyak dan mungkin akan membutuhkan biaya yang lebih sedikit. Namun, alih-alih anda ingin menghemat biaya dan waktu, pemilihan mesin yang keliru akan menyebabkan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih mahal dan akan menyita waktu karena permasalahan yang ditimbulkannya.

Weichai WP6G160E201 adalah pilihan yang patut anda pertimbangkan, jika anda memilih untuk melakukan repowering. Betapa tidak, dengan harga yang sangat kompetitif anda sudah mendapatkan mesin yang handal. Diproduksi oleh Weichai Power, sebuah pabrikan besar asal China, mesin ini sangat cocok untuk aplikasi alat berat berukuran kecil-sedang, misalnya wheel loader ukuran 4-5 ton atau excavator kelas 20 ton.

wp6g160e201

Mesin Weichai WP6G160E201 merupakan mesin diesel 6 silinder segaris, turbocharge, berkapasitas 6,75 liter. Tenaga yang dihasilkan cukup besar di kelasnya yaitu 160 Hp pada putaran 2000 rpm, dengan torsi maksimum 600 N.m pada putaran 1300-1500 rpm. Dengan tenaga yang besar ini, anda tidak perlu kuatir hasil dari repowering memberikan tenaga yang ‘ngempos”.

Mesin ini sudah mengalami penyempurnaan-penyempurnaan dari produksi yang sebelumnya. Salah satu perubahan yang dilakukan adalah penggunaan filter bahan bakar 2 tahap (twin stage filtration) bertipe cyclone. Dengan menggunakan penyaringan 2 tahap ini, maka solar yang masuk ke ruang bakar akan lebih bersih yang akan meningkatkan kualitas pembakaran dan mengurangi kerusakan pada mesin.

fuel_filter

Perubahan lainnya adalah water pump yang menggunakan bearing, sehingga tidak diperlukan pemberian gemuk (greasing) setiap hari, yang tentunya akan cukup menghemat waktu persiapan operasi.

Peningkatan kapasitas mesin, dari yang sebelumnya 6,23 liter menjadi 6,75 liter dibarengi dengan peningkatan sistem pemanfaatan gas buang dengan sistem turbocharger yang lebih baru, yaitu T-system. Hasilnya adalah tenaga yang lebih besar namun dengan putaran mesin yang lebih rendah.

air_filter

Mesin ini pun telah mengalami penyempurnaan dalam kualitas material, desain layout dari bagian-bagian mesin, serta sistem produksinya, dengan menerapkan standar dari Jerman (Deutz), sehingga hasilnya adalah mesin yang betul-betul handal secara kualitas.

Engine Specification:

  • Engine Model: WP6G160E201
  • Engine Type: 6 Cylinders, in Line
  • Displacement: 6.75 L
  • Bore*Stroke (mm) 105 * 130
  • Rated Speed: 2,000 rpm
  • Rated Power: 118 kW (160 HP)
  • Max. Torque/Speed: 600 N.m @ 1300-1500 rpm
  • Aspiration Method: Turbocharged
  • Cooling Method: Water Cooled
  • Fuel System: Direct Injection Pump
  • Electrical System: Starter Motor/Alternator 12V/24V
  • Starting Method: Electric Start
  • Governor Method: Mechanical/Electrical Governor

 

Tertarik? Anda dapat memperoleh informasi yang lebih detil dengan menghubungi Weichai representatif Indonesia, Griya Sinta Lt. 7D, Jl. Tomang Raya No. 39, Jakarta Barat. Telepon (021) 29321624. Fax (021) 29321625.

Leave a Reply