Bigger is Better : Volvo Excavator EC950E

Bagi sebuah industri yang menyangkut produksi dalam jumlah besar seperti pertambangan, besarnya ukuran alat berat menjadi salah satu faktor kritikal, disamping kecepatan. Betapa tidak, untuk memindahkan material berbobot jutaan ton diperlukan alat berat yang berukuran besar. Tanpa memiliki alat berat berukuran besar, sebuah perusahaan pertambangan hanya bisa berproduksi secara minimal. Ditambah lagi, dengan semakin berkurangnya cadangan bahan galian tambang, membuat pekerjaan penambangan menjadi semakin sulit. Material penutuh bahan galian tambang yang ditemukan semakin tebal yang membutuhkan peralatan berat yang tidak saja semakin besar juga efisien.

Melihat tren pada industri pertambangan yang membutuhkan alat berat yang berukuran besar, Volvo Construction Equipment (VCE), produsen alat berat dengan merek Volvo baru-baru ini meluncurkan excavatornya yang berukuran terbesar dari yang pernah diproduksinya, EC950E. Walaupun excavator ini bukan yang terbesar di industri ini, tapi makin menunjukkan eksistensi Volvo di industri alat berat pertambangan. Sebelumnya alat-alat berat Volvo hanya dikenal sebatas alat berat pendukung di pertambangan, kalaupun produk-produk Volvo digunakan sebagai alat produksi utama, namun masih terbatas pada pertambangan skala kecil sampai menengah.

Untuk membuat excavator kelas 95 ton ini mampu bekerja secara optimal Volvo melengkapi unit ini dengan engine terbesar yang diproduksi Volvo pada saat ini, D16. Engine ini telah terbukti handal selama belasan tahun digunakan pada truk-truk Volvo FH16. Engine ini tidak saja mampu menghasilkan tenaga 606 Hp, namun juga mengkonsumsi bahan bakar yang efisien, bisa dikatakan yang paling hemat untuk excavator di kelas yang sama. Penghematan bahan bakar ini tidak saja berasal dari engine yang efisien, namun juga sistem hidraulik yang mumpuni dengan teknologi electro-hydraulic . Dengan tekanan hidraulik yang tetap konstan tinggi membuat cycle time yang tinggi namun bertenaga. Kombinasi yang penting saat melakukan penggalian (digging) dan pemuatan (loading) material pada dump truck.

Dengan bucket breakout force 424 kN dan arm tearout force 408 kN, Volvo EC950E menawarkan kemampuan yang superior, khususnya saat menggali material yangkeras dan berat. Operator bisa menyesuaikan besarnya aliran oli hidraulik pada attachment yang berbeda-beda sebelum dioperasikan berkat sistem manajemen attachment, cukup dari dalam kabin menggunakan panel display.

Sistem hidraulik yang canggih pada EC950E ini juga mampu meningkatkan unjuk kerja pompa hidraulik sehingga pengoperasian berbagai fungsi excavator yangmenggunakan hidraulik bisa dilakukan secara cepat, halus dan efisien. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi cerdas yang mampu mengontrol aliran oli hidraulik sesuai kebutuhan, sekaligus mengurangi hambatan-hambatan pada internal sistem hidraulik. Dengan menggabungkan sistem ECO Mode inovasi Volvo dengan sistem hidraulik yang mampu mengatasi hambatan-hambatan pada aliran dan tekanan pada sistem hidraulik menghasilkan penghematan bahan bakar yang cukup signifikan. Operator memiliki keleluasaan memilih mode operasi yang akan digunakannya, dari I (Idle), F(Fine), G (General), H (Heavy) dan P (Power max).

Tidak saja dari sisi kinerja unit secara keseluruhan, Volvo pun memberikan perhatian pada aspek keamanan dan kenyamanan unit, seperti selama ini menjadi ciri khas produk-produk Volvo. Fitur-fitur seperti track gauge yang lebar, undercarriage yang berukuran panjang dan bisa dikencangkan (retractable) disamping counterweight yang dioptimalkan membuat unit ini sangat stabil dan aman saat beroperasi. Kenyamanan dalam pengoperasian tercermin dari layout joystick, keypad dan LCD monitor yang ergonomis dan membuat pengontrolan unit menjadi optimal. Desain kabin yang lapang, nyaman dan jauh dari kebisingan membuat operator dapat bekerja secara nyaman dan mengurangi kelelahan yang bisa menurunkan produktivitas operator. Untuk meningkatkan keselamatan kerja, track guard, kabin dengan fitur (Falling Object Guard) dan FOPS (Falling Object Protective Structure) yang telah disertifikasi bisa menjadi opsi tambahan.

Operasi pertambangan yang keras dan sulit membutuhkan unit-unit alat berat yang tangguh terhadap berbagai faktor alam maupun ekses dari pekerjaan yang sedang berlangsung. Volvo EC950E menggunakan komponen-komponen yang diproteksi dari faktor-faktor tersebut, seperti boom dan arm yang menggunakan strukur rangka yang kuat maupun penggunaan pelat-pelat baja kemampuan tinggi sehingga usia unit bisa bertahan lama sekalipun bekerja pada area-area kerja yang cukup ekstrim kondisinya. Hal ini juga termasuk penggunaan bucket dengan kualitas tinggi untuk berbagai kondisi kerja. Ada 3 pilihan bucket bagi EC950E: General Purpose, Heavy-Duty atau Extreme-Duty yang semuanya dilengkapi dengan fitur wear-resistant.

Untuk meningkatkan availability unit ini, EC950E didesain untuk memberikan kemudahan dalam melakukan maintenace baik daily maintenance, preventevive maintenance maupun repair dengan pintu-pintu kompartemen yang lebar dengan lintasan (walkways) yang menyatu dan menjangkau seluruh area unit. Selain itu, Volvo juga menawarkan paket-paket maintenance untuk meningkatkan uptime unit dan menurunkan biaya total kepemilikan alat melalui Agreements, CareTrack, dan jaringan distribusi global yang terintegrasi.

(TP)

Leave a Comment