Bila Efisiensi Menjadi Tuntutan, Simak Produk Satu Ini

Dalam operasional pertambangan, alat berat merupakan faktor produksi yang amat menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Efisiensi adalah kata kuncinya. Semua pihak mencurahkan perhatian agar dapat berproduksi dengan biaya operasional yang rendah. Berbagai strategi pun dilakukan, dari mulai perancangan operasional tambang yang efektif, penentuan alat-alat berat yang terlibat dalam produksi, sampai dengan menekan biaya maintenance dari alat berat yang dilakukan dengan menyusun program maintenance yang baik sehingga alat berat dapat bekerja dengan maksimal dengan mengurangi downtime, dan masih banyak lagi upaya yang biasa dilakukan sebuah perusahaan pertambangan.

Salah satu faktor yang sangat menetukan efisiensi alat berat adalah kemampuan alat berat berproduksi. Dalam pengambilan keputusan untuk melakukan investasi alat-alat berat, seringkali yang menjadi ukuran adalah volume yang dapat dihasilkan oleh setiap alat berat setiap jamnya. Ya, dengan volume alat-alat berat yang besar akan menyebabkan total produksi juga akan meningkat dengan signifikan. Sebagai contoh, sebuah perusahaan kontraktor pertambangan batubara tentunya menginginkan jumlah material overburden (OB) yang dapat dipindahkan dapat memenuhi target yang ditetapkan oleh pemilik konsesi. Semakin banyak material OB yang dapat dipindahkan dengan semakin sedikitnya dump truck dan excavator yang digunakan, tentunya akan menyebabkan keuntungan yang bisa diperoleh semakin besar. Namun sayangnya, sering terjadi pemilihan alat gali dan angkut yang semakin besar, akan menyebabkan biaya investasi yang dibutuhkan untuk pembelian alat berat akan meningkat dengan signifikan, belum lagi biaya maintenance yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Namun bila menggunakan alat gali dan angkut yang kecil, akan menyebabkan jumlah alat berat yang dibutuhkan juga akan meningkat. Hal ini akan berpengaruh terhadap kerumitan yang dihadapi dalam pengaturan pekerjaan.

senta_dump_truck_2

Bila efisiensi biaya menjadi pertimbangan anda, maka Senta Mining Truck patut anda pertimbangkan. Senta truck diproduksi oleh Yangzhou Shengda Special Vehicle, Co. Ltd, sebuah perusahaan di bawah naungan Weichai Power, sebuah grup produsen mesin dan peralatan terkemuka di China. Dengan mengadopsi kelebihan dari truk-truk on-road yang berukuran lebih kecil dengan harga pembelian yang relatif terjangkau, namun membutuhkan infrastruktur jalan yang relatif baik dengan truk-truk off-road yang berukuran besar yang tidak membutuhkan jalan yang cukup baik, namun harga pembelian unit yang mahal.

Senta truk ini menggunakan disain yang mirip dengan on-road truck dengan menggunakan ban-ban yang berukuran reguler, namun mampu mengangkat material dalam jumlah yang besar, yang hampir mendekati volume material yang dapat diangkut oleh truk-truk sekelas off-road truck.

Memiliki kabin separuh (half cabin) yang menyerupai off-road truck, dimana di Tiongkok posisi kabin berada di sebelah kiri, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengontrolan saat truk dimuat (loading) dan saat truk membuang material (unloading). Untuk pasar Indonesia, Weichai akan menyediakan Senta truck yang posisi kabinnya di sebelah kanan.

Ada beberapa varian dump truck yang tersedia, yakni kapasitas angkut 34 ton, 41 ton dan 58 ton. Semua truk-truk ini sudah dilengkapi oleh dump body yang didisain khusus untuk mengangkut material-material lunak sampai dengan keras. Mesin yang menjadi sumber tenaga dari Senta truck adalah Weichai engine dari mulai 340 Hp  sampai dengan 420 Hp. Dengan transmisi Fastgear dan drive axle Hande, yang sudah teruji di berbagai medan berat pertambangan di Tiongkok, semuanya merupakan produksi Weichai, menjamin support yang anda terima adalah melalui 1 pintu. Untuk bahan bakar, juga tersedia opsi menggunakan bahan bakar gas (LNG). Selain untuk mengangkut material berat overburden, Weichai juga menyediakan pilihan truk menggunakan dump body khusus untuk mengangkut batu bara.

Untuk memberikan produk yang berkualitas, setiap unit Senta truck telah melewati serangkaian pengujian yang bisa dikatakan ekstrim.

senta_testing

Disamping untuk aplikasi-aplikasi pertambangan, Senta truck juga tersedia bagi aplikasi-aplikasi khusus seperti pengangkutan slab-slab baja panas di pabrik-pabrik besi baja. Untuk aplikasi ini, kapasitas maksimum yang dapat diangkut adalah 150 ton.

senta_special_application

Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai keunggulan-keunggulan yang ditawarkan Senta Truck? Anda dapat menghubungi :

Weichai Indonesia

Griya Sinta 7th Fl, Jl Tomang Raya No. 39
Jakarta Barat 11440
Phone : +6221 – 29321624
Fax   : +6221 – 29321625

http://www.wctzc.com

 

(ES)

Leave a Comment