Safety, Health & Environment

Blazecut, Solusi Pemadam Api Tanpa Repot

foto20120602185659-news

Kita sering mendengar peristiwa terbakarnya Bus Trans Jakarta, atau truk dan alat berat. Peristiwa kebakaran seperti itu tentunya menimbulkan kerugian materi yang tidak sedikit bahkan mungkin korban jiwa. Kondisi bus-bus yang sudah tua sering menjadi kambing hitam, disamping tidak dilakukannya pemeliharaan bus-bus secara benar menjadi alasan terjadinya kebakaran. Pada truk dan alat berat, terutama di wilayah pertambangan, operasional yang non stop dapat menyebabkan peningkatan temperatur yang sangat tinggi. Sedikit saja terjadi percikan api, dapat membakar benda-benda di sekitarnya dan memicu kebakaran yang lebih besar.

Bila kita mengkaji peristiwa kebakaran, ada dua hal penting yaitu pencegahan dan penanggulangan. Pencegahan adalah upaya yang terbaik, itu sebabnya pemeliharaan (maintenance) menjadi isu yang menarik untuk dibahas. Namun, sebaik apapun maintenance yang dilakukan, tidak bisa menghilangkan kemungkinan terjadinya kebakaran. Bila mengamati dari semua peristiwa kebakaran yang terjadi, umumnya peristiwa kebakaran yang terjadi diketahui setelah api sudah terlanjur membesar dan upaya pemadaman yang dilakukan sudah tidak banyak berperan, kecuali menetralisir api supaya tidak merembet. Namun akibat kebakaran itu, kendaraan atau alat berat yang terbakar sudah terlanjur mengalami kerusakan parah dan tidak bisa digunakan lagi. Untuk memadamkan api saat api baru muncul, pada alat berat di pertambangan digunakan perangkat Fire Suppression System (FPS), namun FPS ini membutuhkan pemasangan yang rumit, disamping biayanya yang cukup mahal. Disinilah Blazecut dapat menjadi solusi yang praktis dan biaya yang cukup rendah.

Blazecut diproduksi oleh perusahaan yang bernama sama dengan produknya yaitu Blazecut, asal Slovakia. Produk ini telah memenihi standar kualitas ISO. Ada 2 jenis Blazecut, tipe T dan tipe C. Secara fisik, Blazecut tipe T berbentuk selang (hose), dimana di dalam Blazecut ini dimasukkan zat pemadam api (extinguishing agent).

Blazecut 200_main

Prinsip kerjanya sebagai berikut, saat terjadi kebakaran suhu meningkat dengan cepat. Ketika suhu mencapai 120 derajat celcius, Blazecut ini pecah dan menyemburkan zat pemadam api, yang akan langsung memadamkan api sebelum membesar. Berbagai jenis api yang timbul dari material yang berbeda dapat dipadamkan dengan mudah, seperti kebakaran yang ditimbulkan dari bahan mudah terbakar seperti kayu, kertas, karet, dll, sampai dengan api dari bahan bakar atau bahan kimia yang terbakar, sampai dengan api yang timbul dari komponen-komponen listrik.

blazecut1

Blazecut tipe T ini tersedia dalam ukuran panjang 1, 2, 3, dan 4. Berdiameter 18 mm, blazecut tipe T ini dilengkapi dengan pressure gauge untuk mengontrol tekanan zat pemadam (extinguishing agent) di dalam hose. Untuk pemasangannya hanya membutuhkan waktu 10-20 menit, dipasang pada ruang mesin (engine hood), umumnya di bagian pintu penutup ruangan mesin. Karena Blazecut ini bersifat fleksibel, maka cukup mudah untuk melakukan instalasinya. Blazecut tipe T ini hanya memerlukan penggantian setiap 10 tahun sekali.

Berbeda dengan tipe T, Blazecut tipe C memiliki tabung pemadam yang berisi zat pemadam (extinguishing agent).

indoor-last_new

Untuk tipe C ini, ada 2 jenis yaitu Direct Low Pressure (DLP) dan Indirect Low Pressure (ILP). Tipe DLP bekerja dengan pengaktifan langsung zat pemadam melalui pipa pendeteksi (detection tube) yang berfungsi sekaligus sebagai tabung penyalurnya.  Sedangkan tipe ILP bekerja dengan cara pendeteksian dan penyemprotan zat pemadam dilakukan oleh 2 pipa yang berbeda. Dengan perbedaan karakteristik ini, tipe DLP cocok untuk digunakan pada lingkungan yang terbatas, misalnya pada alat berat, truk, bus, mesin kapal kecil dan genset kecil sampai menengah. Sedangkan tipe ILP cocok untuk digunakan pada aplikasi-aplikasi yang ruang lingkupnya lebih besar, seperti mesin kapal berukuran sedang sampai besar, genset berukuran besar dan pembangkit listrik.

Bila anda ingin mendapat informasi lebih jauh, silahkan menghubungi :

PT. Karya Maju Lestari

Office ;
Kawasan Pergudangan Central Cakung
Business Park Blok I Kav. 60 – 61
Jl. Cakung Cilincing KM. 3
Jakarta Utara – Indonesia

Phone       : + 62 21 2244 1190
Fax      : + 62 21 2606 0257

Email        : sales@karyamajulestari.com
Web site  : www.karyamajulestari.com

Leave a Reply