Bobcat A770, Si Kecil Yang Lincah dan Memudahkan Pekerjaan Anda

Dalam berbagai pekerjaan konstruksi, industri, pertamanan maupun pekerjaan umum di perkotaan seringkali kita menemui kendala area yang sempit sehingga menyulitkan alat berat bekerja, padahal pekerjaan itu menuntut untuk diselesaikan dengan cepat dan tepat waktu. Belum lagi jika pekerjaan-pekerjaan yang ada membutuhkan penggantian perlengkapan tambahan (attachment) yang berbeda-beda. Untuk menjawab kebutuhan itu, Bobcat, pabrikan peralatan mini yang dikenal dengan produk steer skid loadernya, mengembangkan varian baru dari produk Bobcat yang menjadi market leader di kelas mini equipment yang menggabungkan fitur steer skid loader dan all-wheel-steer yaitu Bobcat A770.

Bobcat A770 adalah pendatang baru pada keluarga mini equipment besutan Bobcat Company, asal Amerika Serikat. Bagi anda yang sudah mengenal skid steer loader Bobcat, anda bisa merasakan keunggulan produk ini dalam mengerjakan berbagai pekerjaan sehari-hari. Skid steer loader adalah equipment yang memiliki ciri khas bentuknya kecil, kalau bisa dikatakan mini, dapat bergerak dengan lincah di area yang sempit dengan hanya mengatur koordinasi putaran roda-rodanya, sehingga dapat bermanuver di tempatnya. Disamping itu mini equipment ini dapat mengganti attachment-nya dengan cepat dan mudah, dari mulai bucket, fork, breaker, trencher dan grapple.

Bobcat A770 all-wheel-steer memiliki fitur dimana keempat rodanya dapat berbelok, ini membedakan dengan produk skid steer loader konvensional, dimana keempat rodanya tidak dapat berbelok. Dengan fitur ini, unit ini dapat bermanuver dengan lincah tanpa mengakibatkan roda cepat terkikis dan menimbulkan kerusakan pada area tempat berputarnya unit. Bayangkan jika unit skid steer loader bekerja pada pekerjaan pembuatan taman, dimana akibat manuver unitnya, rumput-rumput yang baru ditanam mengalami kerusakan akibat bergeser dengan roda. Untuk itulah, Bobcat A770 ini dapat bekerja dengan baik tanpa menimbulkan kerusakan pada area bekerja. Namun jika anda anda membutuhkan fitur skid steer leader, hal ini cukup mudah dilakukan dengan hanya menekan tombol switch pada kabin, maka A770 anda langsung berubah menjadi skid steer loader. Radius putaran dengan mode all-wheel-steer dan skid steer masing-masing adalah 3,84 m dan 2.19 m.

all-wheel-steer_vs_skid-steer
Perbedaan sistem all-wheel-steer dan skid steer
Tombol switch all-wheel-steer >< skid steer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Fitur unggulan lainnya adalah pengubahan metode pengangkatan lengan angkat, dimana pada umumnya skid steer loader menggunakan sistem berputar, dimana kedua lifting cylinder menggerakkan lengan angkat yang menimbulkan efek berputar. Pada Bobcat A770 ini, lifting cylinder menggerakkan lengan angkat dengan tujuan membuat lengan angkat menjadi tegak. Dengan sistem seperti ini Bobcat A770 ini mampu mengangkat beban lebih tinggi dan dapat menjulur lebih jauh, sehingga bila digunakan untuk memuat material pada dump truck, A770 mampu menuang material lebih jauh di bak dump truck itu. Berbeda pada kebanyakan skid steer loader lain, anda harus menuang material pada kedua sisi dump truck, sehingga banyak waktu yang terbuang. Dengan 2 bilah lengan angkat yang masing-masing digerakkan oleh sepasang cylinder, sistem pada Bobcat A770 ini menyerupai sistem pada excavator. Dengan menggunakan sistem ini, beban yang ditanggung oleh lifting pin pun menjadi lebih ringan. Kedua pin berada pada lengan angkat sama, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya defleksi, sehingga membuat biaya maintenance-nya menjadi efisien Ketinggian maksimum yang dapat dicapai oleh unit adalah 3,35 m dengan jarak jangkauan 80 cm (pada ketinggian maksimum).

A770

 

Bobacat A770 menggunakan mesin berdaya 92 Hp, cukup besar untuk menangani pekerjaan-pekerjaan yang ada. Mesin yang digunakan berpendingin 2 tahap menggunakan oil cooler, sehingga radiator tidak perlu bekerja secara berlebihan untuk mendinginkan oli, hasilnya mesin dapat menghasilkan torsi yang lebih besar pada putaran mesin yang rendah sehingga meminimalkan terjadinya ‘stall’ pada mesin dan pemakaian bahan bakar menjadi lebih efisien.

Putaran mesin yang dihasilkan disalurkan pada transmisi yang menggunakan 2 tingkat percepatan (high dan low), Bobcat A770 mampu mencapai kecepatan maksimum 20 km/jam. Sistem drivetrain yang menggunakan rantai kemampuan tinggi, yang bebas pemeliharaan.

Sistem hidraulik menggunakan pompa hidraulik berkapasitas 23.8 gpm dengan tekanan yang dihasilkan sebesar 3500 psi. Sistem hidraulik ini memungkinkan untuk penggantian attachment dengan cepat dengan menggunakan quick coupler yang terpasang pada lengan angkat. Bila dibutuhkan pompa hidraulik yang lebih tinggi untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu, dapat menggunakan opsi pompa hidraulik dengan kapasitas 36.5 gpm.

Masih banyak fitur-fitur unggulan dari unit ini. Jika anda membutuhkan informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi :

PT. Intraco Penta Wahana

INTA Headquarter Building, Jl. Raya Cakung Cilincing Km 3.5 RT 005 RW 010

Kel. Semper Timur Kec. Cilincing

Jakarta Utara

Telephone: (021) 4401408, (021) 4410255 ( Hunting )

Fax: (021) 44830918

Website : http://www.ipwahana.com

 

(ES)

Leave a Comment