Butuh Pelatihan dan Sertifikasi Operator Crane? Hubungi PT. Hary Sanjaya Kreasindo

Masih ingat dengan beberapa peristiwa jatuhnya girder dan beton pada proyek-proyek konstruksi di berbagai daerah? Peristiwa-peristiwa yang mengundang perhatian masyarakat dan berbagai kalangan ini menimbulkan banyak kerugian, tidak saja materi bahkan sampai korban jiwa.

Tidak saja di bidang konstruksi, pekerjaan pengangkatan material merupakan pekerjaan yang umum dilakukan pada industri manufaktur, pertambangan dan migas. Pekerjaan pengangkatan material yang menggunakan alat angkat seperti crane sangat rentan menimbulkan kecelakaan. Berbagai faktor bisa menjadi penyebab timbulnya kecelakaan, namun mayoritas disebabkan faktor manusia. Pengoperasian crane membutuhkan pengetahuan dan skill yang memadai, namun sayangnya dalam praktek di lapangan masih banyak pengoperasian crane dilakukan oleh orang-orang yang tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan. Kalau sudah begini, terjadinya kecelakaan hanya menunggu waktu.untuk memberikan

Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. 9 tahun 2010 tentang operator dan petugas pesawat angkat dan angkut secara jelas mensyaratkan operator dan petugas pesawat angkat dan angkut harus memiliki lisensi Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), yang bila tidak dipenuhi akan dikenai sanksi sesuai Undang-undang Nomor I Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Dengan peraturan menteri ini sangat jelas diatur untuk mengoperasikan crane dibutuhkan lisensi yang sebelumnya didahului serangkaian pelatihan dan pengujian sebelum seseorang dinyatakan layak mengoperasikan crane.

Bila Anda sedang mempertimbangkan untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi operator crane untuk mendukung operasional bisnis perusahaan, salah satu perusahaan yang bisa dijadikan referensi adalah PT. Hari Sanjaya Kreasindo.

training_k3_hary_sanjaya_kreasindo_equipina

PT. Hary Sanjaya Kreasindo adalah sebuah perusahaan penyedia jasa pembinaan K3 dan sertifikasi operator pesawat angkat-angkut dari Kemenaker RI dan sertifikasi tenaga teknik khusus PPSDM migas. Untuk kategori pesawat angkat-angkut PT. Hary Sanjaya Kreasindo memiliki jasa pelatihan dan sertifikasi bagi berbagai jenis alat berat, tidak saja crane seperti mobile crane, overhead crane dan truck crane, juga berbagai alat berat yang terdiri dari excavator, forklift, wheel loader, vibro roller, compactor dan tractor, serta lifting device gondola. Perusahaan yang beralamat di Bekasi ini memiliki berbagai pengalaman dalam menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi bagi berbagai perusahaan.

Mekanismenya didahului dengan training berupa teori dan praktek selama 4 hari untuk memberikan pemahaman kepada peserta, sebelum dilakukan pengujian pada hari terakhir training. Jika lulus, akan dilanjutkan dengan proses pengajuan Surat Izin Operasi (SIO), buku kerja dan sertifikat kepada Kemenaker RI.

Baik SIO, buku kerja  maupun sertifikat yang dikeluarkan nantinya memenuhi persyaratan tingkat nasional, artinya operator yang mengantongi sertifikat berhak mengoperasikan alat angkat-angkut sesuai dengan peruntukannya di seluruh wilayah Indonesia. Sebagai informasi, banyak perusahaan atau lembaga yang menyediakan jasa pelatihan dan sertifikasi operator alat angkat-angkut, namun sertifikasi yang dikeluarkan bersifat lokal, sehingga tidak berlaku bila digunakan di wilayah lain.

Perusahaan yang ingin mengikutkan operatornya dalam program pelatihan dan sertfikasi PT. Hary Sanjaya Kreasindo bisa memilih pelaksanaannya secara reguler atau in-house. Khusus untuk program in-house, minimum peserta adalah 20 orang dan alat berat yang digunakan untuk praktek dan akomodasi disediakan oleh customer.

training_k3_hary_sanjaya_kreasindo_equipina_1

Menariknya, setiap peserta yang telah menerima sertifikat bisa mengecek keaslian dari sertifikat tersebut secara online di website PT. Hary Sanjaya Kreasindo yang terhubung dengan website Kemenaker. Cukup dengan memasukkan no registrasi atau no sertifikat, penerima sertifikat bisa mengecek apakah nama yang tercantum pada sertifikat sesuai dengan data resmi dari Kemenaker.

Untuk mengikuti program pelatihan dan sertifikasi operator alat angkat-angkut, setiap calon peserta harus menyerahkan foto copy KTP, foto copy ijazah terakhir dan pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 cm latar belakang merah masing-masing 3 lembar.

Sedangkan materi pelatihan selengkapnya terdiri dari:

  1. Etika profesi
  2. Disiplin Kerja
  3. Disiplin dan kompetensi operator
  4. Undang-undang No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan kerja
  5. Pengetahuan dasar alat-alat berat
  6. Motor bakar
  7. Pengetahuan tenaga penggerak dan hidrolik /sistem hidrolik pada alat berat
  8. Sebab –sebab kecelakaan pada alat berat
  9. Perangkat keselamatan kerja (safety devices)
  10. Dasar pengukuran kapasitas dan daftar beban
  11. Pengoperasian alat-alat berat
  12. Pemeliharaan secara umum
  13. Pengetahuan pemeliharaan berkala
  14. Pengetahuan bahan bakar dan pelumas
  15. Tata cara pembuatan laporan harian operasi
  16. Pemeriksaan dan pengujian pada alat berat
  17. Ujian teori/evaluasi

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

PT. Hary Sanjaya Kreasindo
Perkantoran Jl. Keahlian No. 04-06
Jatiwaringin (Samping Universitas As-Syafi’iyah)
Pondok Gede, Bekasi – Jawa Barat
Telp. : (021) 8550 8856, 0815 8606 1608
Email : info@sanjaya.co.id, harysanjayakreasindo@gmail.com
Website : https://sanjaya.co.id

 

(HP)