Cat D9T, Dozer Terbaru Caterpillar di Indonesia yang Lebih Efisien dan Ramah Lingkungan

Pada tanggal 25 Oktober 2017 yang lalu, PT. Trakindo Utama sebagai dealer dari Caterpillar meluncurkan Cat D9T, dozer kelas besar yang ditujukan bagi industri pertambangan di Indonesia. Cat D9T sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2004. Dibanding versi awalnya, D9T yang dipasarkan di Indonesia saat ini telah mengalami berbagai peningkatan. Menarik untuk disimak, apa yang ditawarkan oleh Caterpillar dengan unit Cat D9T ini yang merupakan salah satu produk alat berat yang populer di berbagai negara.

caterpillar_d9t_equipina

Cat D9T menggunakan engine Cat C18 ACERT yang lebih bertenaga, responsif dan ramah lingkungan dibanding engine Cat 3408C yang digunakan pada Cat D9R pendahulunya. Engine ini menghasilkan tenaga maksimum 436 Hp pada 1800 rpm, serta torsi maksimum yang diklaim Caterpillar mengalami peningkatan 36%. Peningkatan tenaga yang dihasilkan dibarengi dengan peningkatan efisiensi konsumsi bahan bakar. Dilengkapi dengan kontroler ADEM™ A4 yang secara cerdas memetakan penggunaan bahan bakar yang akan menyesuaikan dengan aplikasi yang dilakukan.

Selain lebih bertenaga dan efisien, engine ini dilengkapi dengan fitur-fitur ramah lingkungan. Fitur-fitur andalan dari engine ini meliputi:

Cat NOx Reduction System (NRS)

Cat NOx Reduction System bekerja dengan menangkap sebagian partikel-partikel gas buang dan mendinginkannya sebelum dialirkan pada ruang pembakaran. Dengan gas yang bertemperatur lebih rendah akan mengurangi emisi NOx.

Diesel Particulate Filter (DPF)

Diesel Particulate Filter melakukan penyaringan partikel-partikel gas buang sampai dengan 90%. Partikel-partikel yang tertangkap pada proses penyaringan kemudian dibuang melalui sebuah proses regenerasi secara otomatis atau manual.

Diesel Exhaust Fluid (DEF)

Diesel Exhaust Fluid adalah cairan yang disemprotkan ke sistem gas buang. DEF ini bekerja sama dengan katalis Selective Catalytic Reduction (SCR) dan bereaksi untuk mengurangi kadar NOx. Pada unit D9T, tangki DEF ditempatkan pada sisi kiri unit berdampingan dengan tangki bahan bakar.

Cooling system juga menjadi perhatian dari Caterpillar pada unit D9T ini. Seperti kita ketahui, engine akan bekerja optimal jika tidak terjadi panas yang berlebihan. Tidak saja dengan desain radiator baru yang menggunakan alumunium yang membuat proses pemindahan panas menjadi lebih efisien, pemakaian alumunium juga akan menghilangkan masalah karat yang biasa terjadi pada radiator. Fitur Air to Air Aftercooling mendinginkan udara yang keluar dari turbocharge sebelum dimanfaatkan kembali pada sistem pemasukan udara. Dengan pemasukan udara yang lebih dingin akan meningkatkan tenaga yang dihasilkan, menurunkan kadar emisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Fitur lainnya yang disematkan pada unit ini adalah Hydraulic Oil to Air Cooler yang merupakan sistem pendinginan oil cooler dengan memanfaatkan udara dan Hydraulically Variable, Demand Fan yang akan menyesuaikan putaran fan engine berdasarkan temperatur udara sekita, jika udara panas makan engine fan akan berputar lebih cepat dan sebaliknya..

caterpillar_d9t_equipina_1

Productivity Electronic Control System (APECS) yang mengontrol perubahan kecepatan pada transmisi berlangsung dengan halus baik pada saat perubahan kecepatan maupun perubahan arah (maju/mundur). Fitur Enhanced Autoshift (EAS) yang merupakan fitur standar dari unit D9T akan meningkatkan efisiensi dan produktivitas unit dengan secara otomatis akan memilih gear yang optimal sesuai putaran engine sesuai yang bergantung pada beban power train dan kecepatan unit.Fitur EAS ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan. Untuk kondisi medan yang cukup berat, operator bisa menonaktifkan fitur ini dan menggunakan mode normal.

Pada saat fitur EAS dinonaktifkan, fitur Auto Downshift bisa diaktifkan. Fitur ini akan secara otomatis menurunkan gear bila beban kerja meningkat, namun perlu dicatat fitur ini tidak akan secara otomatis menaikkan gear bila beban kerja unit yang dihadapi berkurang. Untuk menaikkan gear peranan operator tetap diperlukan.

 

(LK)