Daewoo Novus K6DEF 6×4, Dump Truck Untuk Angkutan Pertambangan

Tanda-tanda membaiknya harga jual komoditi batu bara menjadi angin segar bagi banyak pihak yang berkecimpung pada industri yang sempat menjadi primadona perekonomian Indonesia ini. Memang harga batu bara belum menyentuh masa-masa keemasannya yang terakhir terjadi pada tahun 2012, namun tren kenaikan terus terjadi dan banyak kalangan memprediksikan tahun 2018 akan menjadi tahun kebangkitan kembali bisnis pertambangan batu bara.

Salah satu industri yang sangat terkait dengan pasang surutnya bisnis pertambangan batu bara adalah industri alat berat, termasuk truk-truk yang berkategori heavy duty truck. Untuk mempersiapkan bergairahnya kembali penjualan alat berat, berbagai dealer alat berat telah mempersiapkan ‘jagoannya; untuk memenangkan hati customer-customer yang akan melakukan investasi pembelian alat-alat berat dan truk-truk angkutan.

PT. Kobexindo Tractor sebagai distributor truk-truk Daewoo di Indonesia, tidak mau ketinggalan dengan menghadirkan truk Daewoo Novus yang diageninya. Pada ajang Mining Indonesia 2017, sebuah Daewoo Novus  K6DEF 6×4 berwarna putih dengan coal body yang juga berwarna putih terlihat gagah bersanding dengan truk-truk merek lainnya.

Bagi Anda yang memiliki rencana pembelian truk-truk untuk operasional tambang batu bara, simak ulasan berikut ini.

daewoo_novus_equipina

Daewoo Novus K6DEF 6×4 merupakan sebuah truk yang berkategori heavy duty truck yang cocok untuk diaplikasikan sebagai truk hauling batu bara baik untuk angkutan material OB (Over Burden), angkutan batu bara, service truck, water truck, dll. Selain varian dump truck, truk ini juga hadir sebagai truk kargo dan prime mover.

Memiliki kapasitas angkut mencapai 41 ton, truk 10 roda ini menawarkan kekuatan dan kenyaman bagi penggunanya. Desainnya mengadopsi desain truk-truk Eropa dengan kabin yang lapang dan dilengkapi corner vane (penangkap angin) berukuran besar. Untuk memberikab kenyamanan pada driver, kabin Novus K6DEF 6×4 ini mengaplikasikan teknologi yang menjadi standar truk-truk Eropa yaitu full floating cab suspension 4 titik.

Ketimbang menggunakan rubber dumper seperti pada umumnya truk, kabin Novus K6DEF 6×4 ‘terapung’ pada frame dengan suspensi berupa coil spring. Kabinnya juga memiliki area pandang yang luas, baik pada bagian depan yang menggunakan kaca berukuran besar, maupun kaca-kaca samping dan belakang yang lebar. Dengan area pandang yang luas, driver bisa melihat semua sudut truk dengan leluasa yang dibutuhkan saat melakukan loading dan dumping material. Sebagai tambahan, konsep desain truk Eropa juga terlihat dari tangki bahan bakar yang menggunakan tangki yang terbuat dari baja-alumunium yang bebas dari korosi dan pengotoran bahan bakar.

Desain dashboard Novus K6DEF 6×4 jyang ergonomis memudahkan driver untuk mengontrol keseluruhan unit sekaligus melakukan pengoperasian.Dengan display-display berukuran besar, dashboard truk ini terlihat mewah untuk ukuran sebuah kendaraan komersial. Sisi keselamatan pun tidak lupt dari perhatian Daewoo, hal ini ditunjukkan dengan adanya safety side window, lubang berukuran besardi bagian bawah pintu kabin untuk melihat bsgian bawah samping depan truk yang merupakan salah satu blind spot sebuah truk. Untuk melakukan maintenance cukup mudah, karena kabin bisa diangkat (tilt) dengan tenaga listrik yang bersumber dari batere.

Sebagai sumber tenaga, truk ini menggunakan engine Daewoo DHI DE12TIS 11 liter In-line 6 silinder V-Type dengan output maksimum 335 Hp pada putaran engine 2100 rpm. Dengan kadar emisi Euro II, engine ini cocok digunakan di Indonesia dimana kualitas bahan bakar (solar) masih menjadi masalah dengan tingkat kontaminasi yang tinggi.

daewoo_novus_equipina_1

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :
PT. Kbexindo Tractors, Tbk.
Kobexindo Tower
Jl. Pasir Putih Raya Blok E-5-D,
Ancol, Pademangan, Jakarta Utara 14430
P 62-21 6470 0800, 6470 0808 (hunting)
F 62-21 6470 0900, 6470 0909
Website : http://www.kobexindo.com

 

(LK)

(Visited 22 times, 1 visits today)