Dengan Boom dan Arm yang Lebih Panjang dan Kuat, Hitachi ZX210LC-5G H18 Untuk Berbagai Pekerjaan yang Membutuhkan Efisiensi Tinggi

Pada pekerjaan-pekerjaan tertentu seperti pembangunan basement gedung atau perawatan sungai yang mengalami pendangkalan dibutuhkan alat berat yang handal untuk mengefisienkan pekerjaan. Excavator yang berjenis long reach adalah alat berat yang biasa digunakan. Pekerjaan-pekerjaan seperti ini membutuhkan excavator long reach yang memiliki jangkauan panjang dan kuat, engine yang bertenaga serta dapat bergerak dengan lincah.

Hitachi Construction Machinery (HCM), produsen alat berat Hitachi, baru-baru ini meluncurkan satu varian excavator long reach yang memiliki karakteristik-karakteristik seperti di atas, Zaxis ZX210LC-5G H18.

ZX210LC-5G H18 yang memiliki jangkauan (reach) 18 meter, lebih jauh dari saudara kembarnya ZX210LC-5G H15, yang berjangkauan 15 meter. Dengan jangkauan sejauh ini, ZX210LC-5G H18 memiliki jangkauan yang sama dengan kakaknya ZX240LC-5G H18, yang juga berjangkauan 18 meter. Namun tentunya ZX240LC-5G H18 memiliki harga yang lebih mahal karena memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Untuk memperkuat struktur boom dan arm-nya, HCM mengadopsi teknologi D-Frame Section yang mampu menahan deformasi material akibat berbagai gaya tarik dan tekan pada saat bekerja. Enginenya menggunakan Isuzu CC-6BG1T 6 silinder 6,5 L yang dapat menghasilkan tenaga 168 Hp pada 2100 rpm. Engine ini merupakan engine 5G Series yang sebelumnya digunakan pada versi-versi excavator yang lebih besar. Engine 5 Series adalah electronic engine non common rail yang didesain memiliki kemampuan lebih baik dalam menghadapi tingginya kandungan sulfur, sesuatu yang banyak dikeluhkan karena membutuhkan bakar bakar yang berkualitas tinggi. Seperti kita ketahui, operasional alat berat di Indonesia banyak menghadapi masalah rendahnya kualitas solar, khususnya di remote area.

hitachi_zx210lc_5g_h18_equipina_1

Dalam pengoperasiannya, operator memiliki opsi Power, Eco dan Super Eco sehingga memudahkan operator untuk menyesuaikan dengan aplikasi dan medan kerjanya, sehingga konsumsi bahan bakar dapat dihemat secara maksimal.

Hitachi ZX210LC-5G H18 ini dirancang dengan kolaborasi antara Hitachi Construction Machinery Indonesia (HCMI) dengan Hitachi Construction Machinery (HCM) Jepang untuk menjawab kebutuhan pasar di Indonesia. Sebelum diluncurkan, HCMI dan HCM telah melalui riset panjang selama 1,5 tahun untuk mempersiapkan desain akhir ZX210LC-5G H18. Dapat dikatakan, produk ini merupakan masterpiece HCMI dalam mengakomodir kondisi di Indonesia.

 

(HP)

Leave a Comment