Product Review

Didesain Dengan Berbagai Kemudahan, Cat 6020B, Pendatang Baru Giant Excavator Bagi Pertambangan di Indonesia

Dunia pertambangan di Indonesia memiliki pilihan giant excavator yang semakin beragam dengan kehadiran varian baru excavator dari Caterpillar, Cat 6020B. Cat 6020B yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2014 yang lalu, namun baru hadir di Indonesia pada pertengahan November 2016. Walaupun sedikit terlambat, namun Cat 6020B hadir dengan menawarkan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya.

Cat 6020 menambah banyak varian giant excavator di kelas 200-250 ton. Sebelumnya pada excavator kelas 200-250 ton sudah ada Hitachi EX2500, Komatsu PC 2000, Liebherr R 9250 dan O&K RH200. Berbobot 224 ton (tanpa muatan), Cat 6020B menggunakan engine C32 ACERT™ 32 Liter, 12 silinder,  TIER 2. Engine ini dapat menghasilkan tenaga 1043 Hp pada putaran 1800 rpm.  Teknologi ACERT™ memungkinkan timing injeksi bahan bakar yang berubah-ubah tergantung faktor-faktor seperti beban engine dan kecepatan unit pada saat berpindah lokasi. Fitur penghemat bahan bakar juga diaplikasikan pada unit ini dengan sistem open swing circuit yang akan otomatis menurunkan putaran engine ketika joystick berada pada posisi netral.

Dengan volume bucket 12 m3, Cat 6020B ini merupakan kombinasi yang pas bagi Cat 777  dan Cat 785 atau dump truck lain yang setara. Untuk dump truck sekelas 100 ton seperti Cat 777, jumlah pemuatan Cat 6220B (phase) adalah 4-5x, sedangkan dengandump truck sekelas 136 ton seperti Cat 785, jumlah pemuatan 5-6x.

Didesain untuk memberikan kemudahan dan kehandalan tanpa mengorbankan faktor safety, Caterpillar memberikan penekanan kepada kemudahan bagi operator dan maintenance. Hal ini terlihat dari digunakannya kaca depan dan samping yang lebar dan lega, operator dapat melihat ke berbagai sisi dengan leluasa, terutama ketika melakukan pemuatan ke dump truck. Faktor safety juga menjadi perhatian untuk memudahkan operator ketika ada kondisi yang membahayakan. Safety switch bisa diakses dengan mudah oleh operator maupun trainer yang berada di sebelah operator.

Dalam pekerjaan dengan variabel lingkungan yang tinggi, satu faktor penting bagi sebuah alat berat adalah kemampuan nekerja secara presisi. Cat 6020B dilengkapi dengan fitur TriPower yang memastikan pergerakan bucket baik horisontal maupun vertikal secara konstan, kemampuan mengontrol gerakan memutar bucket sehingga meminimalisir tumpahan material termasuk akibat kejutan karena adanya tekanan hidraulik secara mendadak.

Untuk mengakses kabin, Cat 6020B dilengkapi tangga akses yang bisa diekspansi dengan sistem hidraulik, selain itu tangga darurat merupakan fitur standar yang disematkan pada unit ini, bila terjadi kondisi darurat.

CAT 6020B juga bisa dilengkapi dengan Cat MineStar™ System (Health, Fleet, Terrain, dan Detect), yaitu rangkaian teknologi komprehensif untuk industri pertambangan. Ada juga Board Control System berupa sensor untuk memonitor data pengoperasian, mencatat kesalahan, dan memberikan informasi kepada operator secara audio dan visual.

Cat 6020B didesain dengan konsep desain modular yang memudahkan saat dilakukan assembling di lapangan. Caterpillar menyatakan untuk kondisi normal, proses assembling hanya akan memakan waktu maksimum 14 hari. Desain modular ini juga diterapkan pada komponen-komponen vital seperti engine, transmisi , dan motor-motor, sehingga akan mempermudah bukan saja pada proses assembling, namun juga pada proses overhaul atau exchange komponen.

cat_6020b_equipina_1

Cat 6020B tidak memerlukan daily greasing karena telah dilengkapi dengan sistem single-circuit progressive yang akan memompa grease menggunakan heavy-duty pump dan dikontrol secara elektronik. Grease akan dipompa ke swing roller bearing, semua titik-titik pelumasan pada attachment dan bearing swing gearboxs.

Fitur lainnya yang bisa mengurangi downtime unit adalah automatic track tensioning system. Dengan fitur ini tidak diperlukan penyetelan kekencangan track, unit secara otomatis akan mengecek dan melakukan penyetelan sendiri.

 

(BW)

 

Leave a Reply