Diggerland, Di Sini Anak-Anak Bisa Memainkan Alat Berat

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Dalam bermain itu anak-anak akan belajar berbagai hal. Namun dalam kegiatan yang berkaitan dengan alat berat, anak-anak maupun orang dewasa yang tidak berkepentingan tidak diizinkan berdekatan atau menyentuh alat berat karena pertimbangan keselamatan. Padahal bagi sebagian anak-anak alat berat merupakan benda-benda yang sangat menarik. Rasa ingin tahu mereka hanya bisa terpuaskan melihat dari jauh benda-benda perkasa itu bekerja.

Namun sekarang anak-anak juga bisa mendekati alat berat, menyentuh bahkan mengoperasikannya sendiri di Diggerland, sebuah taman bermain dengan konsep konstruksi dengan berbagai alat berat yang sesungguhnya.

Diggerland didirikan oleh Hugh Edeleanu, seorang mantan operator alat berat di Inggris. Berkat keuletannya, ia berhasil membangun kerajaan bisnisnya, H.E Services Group yang menguasai bisnis penyewaan alat berat di Inggris. Selama puluhan tahun berkecimpung dengan alat berat ia menyaksikan hampir mustahil orang awam berinteraksi dengan alat berat, maklum saja Inggris termasuk negara yang sangat ketat aturan safety-nya. Dari sini naluri bisnisnya terusik dengan melihat peluang untuk mengembangkan sebuah taman bermain dimana anak-anak dan orang dewasa bisa bermain dengan alat berat.

Pada tahun 2000 ia membuka taman bermainnya yang pertama yang dinamakan Diggerland yang terinspirasi oleh excavator dan JCB. Sampai saat ini ada 4 Diggerland di Inggris di wilayah-wilayah Kent, Devon, Durham, dan West Yorkshire. Rencananya Diggerland kelima akan dibuka di wilayah Worcestershire pada tahun 2017, namun karena ada suatu kendala rencana ini masih ditunda.

diggerland_equipina

Tidak hanya di Inggris, Diggerland pun mulai berekspansi ke Amerika Serikat. Rencananya pada tahun 2006 Diggerland pertama akan dibuka di Virginia, namun karena krisis ekonomi yang mulai melanda AS pada tahun itu, rencana ini dihentikan. Diggerland pertama di Amerika akhirnya dibuka pada tahun 2014 di wilayah West Berlin, New Jersey, yang rencananya akan diikuti beberapa tempat lainnya. Selain itu, di Dubai, Diggerland dibuka pada waktu terbatas pada tahun 2005.

Diggerland New Jersey yang memiliki luas 5,6 hektar memiliki bermacam-macam permainan dengan menggunakan alat berat yang sebenarnya, seperti excavator, forklift, crane, farm tractor, backhoe loader dan dump truck. Alat-alat berat ini dimodifikasi sebagai permainan yang bisa dioperasikan maupun hanya stand by. Permainan-permainan favorit anak-anak di sini seperti Spin Dizzy, sebuah excavator kelas 20 ton yang bucket-nya dimodifikasi dengan dipasang 8 tempat duduk. Anak-anak yang duduk dan terikat dengan safety belt pun berteriak gembira saat excavator ini berputar-putar (swing) dan mengayunkan bucket-nya. Atau Mini Diggers, permainan dengan 16 buah mini excavator yang menggali harta karun, melempar bola bowling ke arah pin-pin atau mengambil bebek imitasi dari sebuah kolam dengan jangkauan boom dan arm-nya.

Permainan lain yang tidak kalah menarik adalah Sky Shuttle, sebuah crane yang dilengkapi semacam kerangkeng besi dimana anak-anak diajak untuk naik pada suatu ketinggian dan melihat area Diggerland dari ketinggian, serta Backhoe Adventure, sebuah permainan dengan 4 buah backhoe loader. Anak-anak bisa mencoba mengoperasikan backhoe loader untuk menggali material di hadapannya. Bagi anak-anak yang tidak bisa mengoperasikan backhoe loader akan didampingi operator berpengalaman, sedang bila seorang anak dirasa sudah mampu mengoperasikan akan dibiarkan dengan keasyikannya menggali tanah dengan diawasi oleh seorang operator.

Bagi anak-anak yang tidak berani bermain-main alat berat bisa menikmati angin segar dengan naik truk-truk 10 roda yang dimodifikasi baknya diisi kursi-kursi. Pengunjung diajak berkeliling area Diggerland melihat berbagai sarana permainan di Diggerland. Selain itu, ada juga permainan dengan menaiki compact loader berkeliling sebuah arena yang disulap layaknya sebuah sirkuit balap. Seorang operator akan mengemudikan compact loader dengan sang anak berada di sampingnya. Sesekali sang operator akan memberikan kemudinya kepada si anak untuk mengendalikan kemudi compact loader.

diggerland_equipina_1

Bagi anak-anak yang ingin bermain layaknya pekerja konstruksi, sebuah permainan dengan berjalan di kawat baja atau balok-balok besi pada satu ketinggian pun tersedia. Anak-anak mencoba melangkah dengan menginjak kawat baja atau balok-balok besi yang diikat dengan kawat baja sambil berpegangan pada kawat baja di atasnya. Anak-anak pun tidak perlu kuatir terjatuh karena di bawah kawat-kawat baja ini dipasang jaring pengaman.

Walaupun bermain-main dengan alat berat di tanah, namun pengunjung tidak perlu kuatir kotor karena memang Diggerland didesain secara khusus untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

Diggerland menyediakan 3 jenis tiket masuk untuk mengakses berbagai permainan di sini. Sistem membership diberikan untuk masa 1 tahun memungkinkan pengunjung bisa menggunakan berbagai permainan dan mendapat diskon untuk berbagai fasilitas yang ada. Tiket harian, dibedakan berdasarkan tinggi badan pengunjung, serta tiket khusus pada saat suatu event berlangsung.

 

(BW)