Education

Program Studi Teknik Alat Berat (D3) Politeknik Negeri Jakarta
Jurusan Teknik Mesin PNJ, Kampus Baru Universitas Indonesia, Depok
16425

Program Studi Alat Berat merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1996 bekerjasama dengan PT. Trakindo Utama mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dan kompeten dalam industri alat berat yang mampu merencanakan, melakukan, mengorganisasikan, mengkoordinasikan pencegahan kerusakan, perawatan dan perbaikan alat berat serta menganalisa gangguan kerusakan pada alat berat (traktor, escavator, tronton, dan genset). Program Studi Alat Berat menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA dan SMK bidang teknik mesin.

http://mesin.pnj.ac.id
+6221 – 7270036, 7863530
+6221 – 7270034
Program Studi Teknik Mesin Alat Berat Politeknik Balikpapan
Kampus Politeknik Negeri Balikpapan Jl. Soekarno Hatta Km. 8, Balikpapan

Politeknik Balikpapan (Poltekba) yang memiliki Program Studi Teknik Mesin Alat Berat, didirikan oleh Pemerintah Kota Balikpapan yang melihat kebutuhan akan tenaga Ahli Madya dalam bidang alat berat sangat banyak. Program Studi Teknik Mesin Alat Berat telah mendapatkan Akreditasi B pada Tahun 2010 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Program Studi Mesin Alat Berat melaksanakan perkuliahan secara multi kampus, yakni di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan dan SMK Negeri 1 Balikpapan.

Fasilitas yang telah dimiliki Program Studi Teknik Mesin Alat Berat di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan adalah Laboratorium Mekanika Fluida & Hidrolik, dan Laboratorium Desain. Program Studi Teknik Mesin Alat Berat telah mulai menggunakan gedung baru yaitu Workshop Alat Berat.

http://www.poltekba.ac.id
+62542 – 860895, 862305
+62542 – 861107
Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat (D4) Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada
Jurusan Teknik Mesin dan Industri Universitas Gadjah Mada, Jl. Grafika No. 2, Yogyakarta
55281

Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV-UGM) diresmikan pada 2009.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan dan juga lapangan kerja, SV-UGM mengembangkan fasilitas/peralatan laboratorium serta perbaikan fasilitas fisik/gedung/kelas. Selain itu SV-UGM juga memperoleh bantuan peralatan praktek sumbangan dari perusahaan mitra seperti PT. Hexindo Adiperkasa Tbk – Hitachi Japan (Lab Teknik Alat Berat).

Laboratorium Teknik Alat Berat mendapatkan bantuan dari Hitachi-Hexindo, berupa mesin-mesin dan peralatan yang berada di dalam excavator pertambangan yang berukuran raksasa. Nilai bantuan tersebut mencapai Rp. 6 Milyar, untuk melengkapi fasilitas laboratorium. Dosen dan mahasiswa juga mendapatkan pelatihan khusus bersertifikasi internasional. Mahasiswa juga di-support untuk magang di perusahaan tambang berlevel nasional dan internasional.

http://sv.ugm.ac.id
+62274 – 6491888
+62274 – 551222