Final Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018

Setelah menempuh perjuangan berat di babak seleksi nasional dan final nasional Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 di Sirkuit Internasional Sentul, akhirnya Rivaldi dari Propinsi Kalimantan Selatan berhasil membawa pulang gelar Pengemudi Truk Volvo terbaik di Indonesia tahun 2018 dan akan mewakili Indonesia di World Final di Gothenburg, Swedia di Bulan September yang akan datang.

Ditemui saat pengumuman pemenang di Sentul, Rivaldi megungkapkan keterkejutannya saat diumumkan sebagai pemenang di kompetisi ini. “Memang pada dasarnya saya selalu sadar untuk tidak sembarangan saat menjalankan pekerjaan saya sebagai pengemudi truk, termasuk saat menggunakan bahan bakar. Saya senang ternyata kebiasaan ini banyak manfaatnya. Pastinya, saya akan terus melakukan latihan intensif untuk bisa memberikan yang penampilan terbaik bagi Indonesia di Final Kejuaraan Dunia Volvo Trucks Driver Challenge, September nanti,” ungkap Rivaldi.

8 pengemudi truk terbaik dari Indonesia telah berkumpul di Sirkuit Internasional Sentul pada 26 Juli lalu untuk bersaing di ajang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2018 yang diselenggarakan oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras. Kompetisi tahun ini menggantikan kompetisi Fuelwatch yang populer di tahun-tahun sebelumnya dan memperkenalkan perubahan baru di mana para peserta harus menyelesaikan misi transportasi.

Sebagai rekanan Volvo Indonesia, Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group) mengakui bahwa kompetisi tahun ini berusaha melakukan simulasi terhadap tantangan kerja sehari-hari para pengemudi. ”Oleh karena itu, kami menambahkan beberapa elemen baru untuk menyegarkan kompetisi ini. Kedelapan pengemudi ini harus menyetir Volvo FM370 (on road) dan Volvo FMX400 (off road) menempuh perjalanan sejauh 7 kilometer dengan misi untuk mencapai 5 pos pemeriksaan dalam waktu 45 menit. Semua ini harus dilakukan dengan menggunakan bahan bakar sesedikit mungkin. Untuk memenangkan kompetisi ini, para pengemudi harus menyetir dalam kondisi sangat terencana, memahami segala kondisi yang bisa/mungkin mereka temui dengan cara paling hemat bahan bakar,” jelas Bambang Prijono.

Kompetisi tahun ini terbukti menjadi kompetisi Volvo Trucks Indonesia yang paling luas dan paling menantang. Volvo Trucks Driver Challenge ini menggantikan konsep Volvo Trucks Fuelwatch Competition yang diadakan di tahun-tahun sebelumnya dan hadir dengan semangat baru untuk mengangkat peran para pengemudi truk dan menyoroti pentingnya mengemudi yang efisien dengan tema “The Driver Makes The Difference”. Untuk mencapai tujuan tersebut, kompetisi menguji keterampilan pengemudi di bidang efisiensi bahan bakar, keamanan, dan kemampuan manuver. Ketiga aspek tersebut menjadi penting untuk mempromosikan kebanggaan profesional dan keuntungan bagi para perusahaan yang menggunakan Volvo Truck sebagai armadanya.

”Mengemudi kendaraan berat memang membutuhkan keterampilan khusus, tetapi mengemudi dengan efisien adalah sebuah bentuk seni. Volvo Trucks Driver Challenge menjadikan para pengemudi ini sebagai fokus khusus dan menguatkan kembali pentingnya pengemudi yang terampil dan kompeten. Ini penting bagi pemilik truk-truk kami, karena teknik mengemudi yang efisien akan berdampak langsung pada keuntungan mereka, ungkap Jurn Terpstra, Managing Directro Volvo Trucks Indonesia.

Jurn menambahkan, ”Dengan menyelenggarakan Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge, kami berkesempatan menunjukan deretan truk berkinerja tinggi milik Volvo bagi para pelanggan kami, serta menunjukan bagaimana pengemudi dengan keahlian tinggi seperti mereka bisa memberikan dampak positif dalam hal keselamatan, penghematan bahan bakar dan produktivitas tru. Melalui Driver Challenge ini, kami ingin mendemonstrasikan bagaimana truk-truk Volvo akan mengantar para pelanggan kami, para pengemudi dan dunia industri di Indonesia pada kemajuan.”

80 orang pengemudi telah berpartisipasi di babak kualifikasi nasional dengan menyisakan 8 finalis yang hari ini berkumpul di Sentul untuk melanjutkan perjuangannya. Poin-poin kemenangkan akan diberikan berdasarkan penghematan bahan bakar, kemampuan bermanuver dan kemampuan menjaga keamanan truk. Pemenang akan dipilih dari pengemudi yang mendapatkan skor kombinasi tertinggi dari kategori on-road dan off-road.

(HP)

Leave a Comment