Flange Alignment Tools, Tools Untuk Mempermudah Pekerjaan Refacing

Pekerjaan refacing merupakan salah bagian pekerjaan yang sering dilakukan pada kegiatan perbaikan alat berat. Pekerjaan refacing merupakan pemasangan satu bagian alat berat misalnya driveshaft atau final drive dengan bagian lainnya dengan mencocokan flange (sebagian mekanik menyebut dengan ‘kupingan’) dan kemudian disatukan dengan bolt dan nut. Bagi Anda yang pernah menangani perbaikan unit-unit alat berat berukuran sangat besar (big machines), Anda tentunya pernah mengalami kesulitan dalam pemasangan flange ini.

Untuk menyiasatinya, pada pekerjaan di lapangan terkadang digunakan tools-tools seadanya, misalnya sebuah driveshaft diangkat menggunakan leverblock, kemudian shaft diputar dengan menggunakan tangan sampai lubang-lubang baut bertemu, barulah baut dipasangkan dan dikunci.

Cara seperti ini bisa dikatakan tidak aman dan beresiko terjadinya kecelakaan kerja, seperti terjepit atau tertimpa shaft yang berat. Kalau sudah begini, perusahaan pun akan mengalami kerugian. Ketimbang menggunakan cara-cara yang tidak aman, flange alignment tools merupakan alat bantu yang memudahkan pekerjaan dan sekaligus memperkecil resiko terjadinya kecelakaan.

Flange alignment tools merupakan tools yang berfungsi untuk mengepaskan lubang-lubang pada hole. Prinsip bekerjanya dengan menjadikan sebuah lubang sebagai pegangan (anchor), saat sebuah rahang (jaws) yang digerakkan oleh tenaga hidraulik dari sebuah pompa hidraulik atau tenaga pneumatik yang digerakkan oleh kompresor menarik bagian flange pada sisi sebelahnya. Setelah dirasakan posisi lubang pada kedua flange dirasakan pas, barulah baut dipasangkan pada semua lubangnya untuk kemudian dikencangkan.

flange_alignment_center_equipina_1

Sebuah base digunakan pada sisi rahang dan menjadi tumpuan dari tools ini untuk memperkokoh posisinya, yang dipasangkan pada bagian piping. Base ini bisa disesuaikan posisinya dengan menggunakan ulir. Sebagai pengaman dari base ini, base diikat dengan sebuah safety strap yang berbentuk klem yang berfungsi mengikat bagian bawah dari base dengan piping, sehingga base tidak tergelicir saat tools bekerja.

Beberapa produsen dari flange alignment tools ini dengan fungsi untuk merapatkan kedua flange yang secara simultan mengangkat flange pada satu sisi kemudian menariknya hingga merapat pada flange di sisi lainnya. Produsen yang lain membuat tools tambahan untuk melakukan fungsi ini. Kedua tools ini digerakkan secara hidraulis atau pneumatis sehingga bergerak bersamaan.

Flange alignment tools ini merupakan tools yang ringan, cukup ringan untuk dibawa oleh seorang mekanik berjalan. Dalam pembeliannya perlu diperhatikan adalah diameter dari lubang dan bobot dari flange berikut pipingnya, serta beban maksimum yang bisa ditangani (maximum load).

 

(TM)

Leave a Comment