Fokus Meningkatkan Pelayanan di Indonesia, PT. ZF Aftermarket Jakarta Resmi Beroperasi

Untuk meningkatkan pelayanan dari produk-produknya di Indonesia, ZFAG, sebuah pabrikan komponen dan spare part otomotif dan alat berat terkemuka asal Jerman, meresmikan beroperasinya PT. ZF Aftermarket Jakarta.

Acara yang berlangsung di The Ritz-Carlton, SCBD Sudirman, Jakarta, pada Selasa, 11 Juli 2017, ini juga menghadirkan para customer dan mitra dari ZF di Indonesia, baik customer-customer langsung maupun Original Equipment Manufacturer (OEM) dan para distributornya. Rangkaian acara terdiri dari presentasi tentang ZF di Indonesia, yang dilanjutkan dengan penekanan sirine tanda mulai beroperasinya PT. ZF Aftermarket Jakarta dan pemotongan tumpeng serta presentasi produk.

PT. ZF Aftermarket Jakarta sendiri berdiri pada Maret 2017. Dengan mulai beroperasinya PT. ZF Aftermarket Jakarta ini, ZFAG dapat mendekatkan pelayanan kepada customer-customernya di Indonesia. Sebelumnya ZF di Indonesia merupakan representative office. Dengan hadirnya PT. ZF Aftermarket Jakarta, customer tidak perlu lagi memesan produk-produk ZF ke Jerman atau melalui negara lain seperti Singapura. Di Asia Pasifik, ZF hadir di 11 negara, yaitu Australia, Tiongkok, India, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Indonesia.

Tidak hanya berbagai produk dengan brand ZF, fungsi support dari PT. ZF Aftermarket Jakarta juga meliputi brand-brand yang berada di bawah payung besar ZF, yaitu Sachs, Lemforder, TRW, Boge, Openmatics, inovasi digital dan teknologi pengamanan aktif dan pasif.

Dalam sambutannya, Cakra Wiyata, Direktur PT. ZF Aftermarket Jakarta menyatakan, “Produk ZF telah membuktikan kesuksesannya secara global. Dengan beroperasinya PT. ZF Aftermarket Jakarta memberikan kesempatan kepada kami untuk memperkenalkan produk-produk unggulan ZF secara lebih luas di Indonesia. Hal ini dilakukan dengan memperkuat layanan dan memperluas jaringan distribusi ZF di Indonesia sebagai persiapan dalam menghadapi kebutuhan pasar lokal dan menyediakan portfolio produk yang lebih lengkap. Saya yakin hal ini dapat membuat ZF Indonesia unggul di aftermarket.”

ZF sendiri memandang Indonesia sebagai sebuah market yang penting. Berbagai produk ZF telah diaplikasikan pada berbagai kendaraan komersial semenjak 2001, seperti bus-bus Trans Jakarta maupun berbagai peralatan konstruksi dan pertambangan. Ke depannya, PT. ZF Aftermarket Jakarta berencana mengembangkan marketnya pada sektor migas maupun industri maritim.

zf_aftermarket_launching_110717_equipina_1
Cakra Wiyata, Direktur PT. ZF Aftermarket Jakarta

Untuk mencapai tujuan ini, ZF telah menggandeng berbagai perusahaan lokal sebagai distributor dan service partners yang memiliki tanggung jawab untuk memperluas pemasaran dan support berbagai produk ZF. Menurut Cakra, sampai dengan saat ini, ZF telah menjalin kerjasama dengan 15 perusahaan sebagai mitranya, yang terdiri dari 12 distributor dan 3 service partner, yaitu PT. Alun, PT. Chakra Jawara dan PT. Hino Motors Sales Indonesia.

Mitra-mitra service partner ini dipilih dengan persyaratan yang cukup ketat yang bertujuan untuk memastikan mereka dapat mempertahankan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Masing-masing service partner memiliki tanggung jawab meliputi perbaikan dan pemeliharaan produk-produk ZF. Hal ini termasuk pelayanan di lapangan, remanufaktur, modifikasi, dan berbagai paket layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

 

(ES)

Leave a Comment