Fokus Pada Bisnis After Sales Service, PT. JIM Mengedepankan Kepuasan Pelanggan

pt_jim

Kepuasan pelanggan sangat ditentukan dukungan purna jual yang diberikan oleh penjual. Seberapapun bagusnya kualitas suatu produk, tanpa adanya layanan purna jual yang baik, produk tersebut tidak akan mampu berfungsi dalam jangka waktu yang lama. Layanan purna jual juga akan membuat pelanggan tetap melakukan pembelian produk yang sama sekalipun produk yang lama sudah tidak bisa digunakan lagi.

Menyadari pentingnya after sales service, PT. JIM, sebuah perusahaan yang berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur, sudah memfokuskan bisnisnya terhadap bisnis after sales service, baik service maupun spare part. Berdiri pada 4 Mei 2013, PT. JIM digawangi mantan-mantan karyawan dari beberapa perusahaan alat berat terkemuka di Indonesia, yang notabene berlatar belakang dari fungsi service. Tidak mengherankan jika yang disasar adalah pekerjaan-pekerjaan service pada alat-alat berat yang dimiliki oleh perusahaan perminyakan , pertambangan serta alat berat sendiri.

mekanik genset
Engine Overhaul

Dalam usia yang relatif sangat muda, berbagai pekerjaan service dari bermacam-macam perusahaan ternama untuk berbagai macam jenis alat berat sudah ditangani oleh PT. JIM. Contoh beberapa pekerjaan utama yang pernah ditangani adalah sebagai berikut :

  • General overhaul 2 x 250 kVA genset Cummins milik PT. Elnusa
  • Assembling 2 x 800 kVA genset Cummins milik PT. Meratus Line
  • General overhaul welding machine Miller Big Blue 600ASX milik PT. Madhani Talatah Nusantara
  • Assembling dewatering pump Multiflo MF 380 milik PT. Banpu
  • General overhaul genset 125 kVA milik PT. Madhani Talatah Nusantara
  • General overhaul track dozer Caterpillar D6R milik Altura Mining
  • General overhaul mobile crane Tadano A500M milik PT. Elnusa
  • General overhaul motor grader Caterpillar 16H milik PT. Thiess Contractor Indonesia
  • General overhaul genset Scania 600 kVA milik PT. Haliburton Indonesia
  • Troubleshooting dan repair boom crane P&H RT130 milik PT. Elnusa
  • General overhaul track crane American Crane 9500 milik PT. Pupuk Kalimantan Timur

dan masih banyak lagi yang lain.

659582-500x375
Field Operation

Dengan didukung oleh tim mekanik handal yang memiliki pengalaman bekerja yang cukup panjang di berbagai perusahaan alat berat di Indonesia, PT. JIM sangat memperhatikan kualitas suatu pekerjaan. Suatu pekerjaan dapat dilakukan pada workshop yang dimiliki sendiri oleh PT. JIM, maupun di lokasi dari pemilik alat. Jika suatu pekerjaan membutuhkan keakuratan yang tinggi, misalnya pada pekerjaan-pekerjaan overhaul, PT. JIM akan melakukan pekerjaan di workshopnya. Hal itu diikuti dengan pemberian garansi untuk hasil pekerjaan yang dilakukan.

Disamping pekerjaan-pekerjaan after sales service, PT. JIM juga mengageni beberapa produk yang berhubungan dengan alat berat yaitu Trackmats dan roller brake test. Trackmats merupakan merek dagang dari produk ground covering mats yang diproduksi oleh Ground Protection, Pty, Ltd. dari Negara kangguru, Australia. Produk ini berfungsi untuk melapisi permukaan tanah yang lunak/labil sehingga mampu dilewati oleh beban berat misalnya alat berat. Sedangkan Roller brake test diproduksi oleh BM Test Equipment yang berasal dari Denmark. Untuk kedua produk ini, PT. JIM merupakan pemegang hak keagenan tunggal (exclusive dealer) untuk wilayah Indonesia.

Nampaknya pilihan PT. JIM untuk terfokus pada bisnis after sales support sangat tepat, di saat banyak perusahaan yang mengurangi investasi pembelian unit dari alat berat. PT. JIM tetap mendapatkan peluang-peluang bisnis . Hal ini juga dapat dicapai karena kualitas pekerjaan dari PT. JIM yang mengedepankan kepuasan pelanggan.

 

(ES)


PT. JIM

Jl. Diponegoro No. 1

Indrakila, Balikpapan

Telp. : 0542 – 7100818

Hp    : 081339544507

Email : info@ptjim.co.id

salesadm@ptjim.co.id

Website : http://ptjim.co.id

 

Leave a Comment