Fokus Pada Peningkatan Kemampuan Sistem Hidraulik, Caterpillar Meluncurkan Cat 548 dan 548 LL

Caterpillar meluncurkan dua model alat berat kehutanannya yang terbaru Cat 548 dan 548 LL – dengan peningkatan horsepower, torsi swing, kapasitas angkat, dan kemampuan traksinya.

Kedua alat berat ini adalah alat berat berbasis track yang didesain khusus untuk melakukan berbagai pekerjaan di bidang kehutanan dan kontraktor.

Cat 548 ditujukan untuk pekerjaan-pekerjaan mulai dari pembangunan jalan dan persiapan lokasi hingga pengolahan kayu gelondongan di pinggir jalan atau di tempat penampungan kayu. Sementara Cat 548 LL dikonfigurasi sebagai pemuat kayu gelondongan dan dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan penanganan kayu gelondongan, seperti pencatatan sekop, pemuatan, aplikasi power clam / butt-n-top dan aktivitas millyard.

Kedua alat berat ini dilengkapi dengan sistem hidraulik yang ditingkatkan kemampuannya untuk menghasilkan lebih banyak tenaga. Pompa upsized, tata letak komponen, dan katup kontrol utama back-to-back semua mengoptimalkan aliran oli hidraulik.

Pembaruan sistem hidraulik juga memungkinkan engine Cat 548 dan 548 LL dijalankan pada putaran rendah sambil memaksimalkan daya yang dihasilkan. Beroperasi pada rpm yang lebih rendah juga berarti penghematan bahan bakar dan menurunkan biaya pengoperasian.

Cat 548 dan 548 LL menggunakan engine Cat C7.1 ACERT 204 hp dengan peningkatan horsepower yang mampu mempertahankan kinerja maksimum pada beban puncak. Kemampuan engine yang tinggi ini disalurkan pada fungsi-fungsi hidraulik unit pada attachment-attachment yang digunakan.

Engine yang telah mengadopsi standar emisi Tier 4 Final ini memiliki beragam fitur seperti variable pitch fan, variable power modes, pengontrol otomatis kecepatan engine, katup satu-sentuhan idle, booming, dan regenerasi stick juga membantu dengan penghematan bahan bakar. Dengan pengontrol otomatis kecepatan engine, engine akan kembali secara otomatis ke kecepatan idle yang lebih rendah ketika ada jeda dalam operasi. Regeneration valve akan meminimalkan oli yang dibutuhkan pompa sekaligus memaksimalkan efisiensi.

Dengan peningkatan hampir 20 persen pada torsi swing akan lebih memudahkan pekerjaan penanganan batang pohon secara efisien. Mode heavy lift dan berbagai pengembangan lainnya mampu meningkatkan kapasitas angkat dengan peningkatan kemampuan kontrol. Kemampuan traksi juga meningkat 13 persen yang memungkinkan manuver unit secara efisien saat bekerja di medan-medan yang sulit. Hal ini dimungkinkan berkat pilihan track yang sesuai dengan karakteristik beban pada pekerjaan logging yang membutuhkan ground pressure yang rendah. Khusus untuk unit log loader tersedia opsi ground saw hydraulic.

Untuk memberikan kenyamanan bagi operator dan mengurangi kelelahan, kedua unit dilengkapi kabin yang didesain untuk pekerjaan kehutanan dengan kursi operator bersuspensi udara yang bisa disetel dengan mudah. Fitur-fitur lainnya meliputi radio komunikasi berbasis satelit, socket power supply 12 volt untuk pengisian daya, layar monitor yang lebih besar dan lmpu-lampu LED.

Opsi kabin masuk belakang baru menyediakan akses yang mudah pada platform yang sepenuhnya menyala melalui penggunaan fob kunci. Untuk kabin masuk belakang ini, pengatur naik taksi baru dan desain jendela yang dioptimalkan meningkatkan visibilitas untuk pencatatan sekop dan aplikasi lainnya, sementara sistem penguncian kabin meningkatkan waktu kerja alat berat dengan meningkatkan efisiensi kemiringan kabin dan meminimalkan waktu transportasi.

Untuk memberikan kemudahan dalam pemeliharaan unit, kedua unit didesain dengan penutup engine satu pintu dengan dua sudut membuka yang memungkinkan kemudahan akses ke engine dan bagian pendingin.

Mesin side-by-side dan pendingin hidraulik nyaman untuk dibersihkan karena pendingin yang menggantung, dan lebih sedikit sirip pendingin meningkatkan aliran debris dan mengurangi penyumbatan. Ruang penyimpanan yang berlimpah di permukaan tanah memungkinkan operator akses mudah ke peralatan, peralatan, dan persediaan yang digunakan pada pekerjaan setiap hari.

Kemampuan pendinginan meningkat 12 persen untuk operasi bebas masalah. Fitur pitch variabel memungkinkan membalik arah putaran kipas pendingin untuk mempertahankan suhu cairan pendingin secara optimal.

Rangka atas kedua unit ini dirancang khusus dengan ukuran yang lebar untuk memberikan kekuatan. Tiap sambungan dilengkapi pelat ganda tebal yang dilas secara teliti sehingga tahan terhadap goncangan maupun beban tarik-tekan.

The purpose-built upper frame, high-wide carbody, linkage configurations and enclosures feature thick doubler plates, extra gussets and other weldments and reinforcements.

(BW)

Leave a Comment