Foto : Bronto Skylift F104 HLA, Andalan Baru Damkar Surabaya

Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran pada gedung-gedung tinggi, Pemerintah Kota Surabaya menambah armada mobil pemadam kebakarannya dengan truk pemadam kebakaran yang dilengkapi aerial platform, Bronto Skylift F104 HLA, yang dibeli dari Finlandia. Dengan truk pemadam kebakaran baru ini, petugas damkar bisa memadamkan api pada sebuah gedung yang terbakar sampai pada ketinggian 104 meter atau 25 lantai.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini pada Rabu, 28 Februari 2018 yang lalu mengecek unit pemadam kebakaran ini di Taman Surya, Surabaya, sekaligus menyaksikan uji coba unit pemadam kebakaran tercanggih di Indonesia ini.

Unit damkar ini mampu memadamkan api hingga ketinggian 104 meter. Untuk pengambilan air, unit ini bisa didukung mobil penyedia air yang bisa mengambil dari jarak 3 kilometer. Air itu dapat langsung dialirkan ke unit ini dengan selang berukuran 6 inci.Kelebihan lain dari unit ini boomnya bisa ditekuk, sehingga kalau ada kebakaran besar di perkampungan padat penduduk, pemadaman bisa dilakukan melewati rumah-rumah penduduk. Unit ini juga dilengkapi dengan selubung luncur yang dapat memudahkan penyelamatan korban kebakaran. Bahannya terbuat dari anti-api dengan ketinggian bisa mencapai 50 meter.

Untuk pemasaran Bronto Skylift F104 HLA dan produk-produk Bronto lainnya di Indonesia dilakukan oleh PT. Marani Ripah Globalindo. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

PT. Marani Ripah Globalindo
Jl. Ngagel Jaya Indah No. 68
Mulyorejo – Manyar Sabrangan
Surabaya 60116
Email : info@maraniripah.com
Telp. : +6231 – 5024475
Fax : +6231 – 5040331

Scania P 460 dipilih sebagai truk pengangkut Bronto Skylift F104 HLA. Total dimensi unit ini, panjang 17,5 meter, tinggi 4,05 meter, dan lebar 2,6 meter. Pada saat unit tidak dioperasikan untuk pemadaman, boom bisa dilipat untuk memudahkan saat perjalanan atau parkir. Sistem teleskopik dioperasikan secara terpisah dari unit melalui panel display pada dashboard unit.
Bronto Skylift Oy Ab adalah sebuah korporasi yang berbasis di kota Tampere, Finlandia. Perusahaan ini merancang, memproduksi, memasarkan dan memberikan layanan purna jual bagi berbagai produk penyelamatan, pemadam kebakaran serta peralatan konstruksi dengan merek Bronto. Bronto Skylift Oy Ab memiliki fasilitas manufaktur di Finlandia, serta anak-anak perusahaan di Jerman, Swedia, Swiss dan Amerika Serikat yang memproduksi berbagai part dan komponen-komponen produk-produk Bronto. Bronto Skylift Oy Ab sendiri merupakan anak perusahaan dari Morita Holdings Corporation asal Jepang, yang memproduksi berbagai peralatan pemadam kebakaran, peralatan penyelamatan dan konstruksi.
Rescue cage Bronto Skylift F104 HLA dapat menampung 5 orang dengan berat total sekitar 500 kg.
Untuk menjangkau ketinggian lebih dari 104 meter, Bronto Skylift F104 HLA bisa ditambah lengan tambahan 29.6 meter yang bersifat opsional.
Pemadaman api bisa dilakukan sekaligus dengan penyelamatan korban kebakaran. Saat unit Bronto Skylift F104 HLA menyemprotkan air bertekanan tinggi, beberapa petugas pemadam kebakar bisa naik pada rescue cage untuk memberikan pertolongan kepada korban yang terjebak api, atau mengevakuasi korban dari ketinggian.
Ada 5 model produk aerial platform untuk pemadam kebakaran yang diproduksi oleh Bronto Skylift Oy Ab, yaitu F78HLA, F81HLA, F90HLA, F104HLA dan F112HLA (angka menyatakan ketinggian maksimum yang bisa dijangkau, sementara HLA merupakan singkatan dari High Level Articulated). Product line dari Bronto terdiri dari sekitar 50 produk truck-mounted dari mulai ketinggian 17 sampai dengan 112 meter. Selain produk-produk standar, Bronto juga dikenal sebagai perusahaan yang fleksibel dengan memberikan keleluasaan kepada customer-customernya untuk mengorder produk sesuai kebutuhan. Selama lebih dari 50 tahun berdirinya, Bronto telah memasarkan lebih dari 6700 unit truck-mounted platform kepada dinas-dinas pemadam kebakaran dan pelanggan industri di lebih dari 120 negara.
Untuk menjaga keseimbangan unit saat beroperasi digunakan 4 buah outrigger yang sumber tenaganya berasal dari PTO truk yang bertipe gear independent.
Pompa utama untuk pemadaman kebakaran menggunakan pompa sentrifugal dua tingkat bertekanan tinggi dari Rosenbauer, produsen pompa asal Austria. Tekanan maksimum yang dihasilkan mencapai 10 bar, dengan flow 6500 liter per menit.  Untuk penghisapan air dari tangki digunakan pompa tersendiri berupa priming pump otomatis bertipe double acting piston. Kemampuan hisap pompa ini 3 meter.

Leave a Comment