Foto : Fitur-Fitur Baru Pada John Deere Wheel Loader 344L “Articulation Plus”

Pada ajang World of Concrete yang berlangsung di Las Vegas pada 23 – 26 Januari.2018 yang lalu, John Deere menghadirkan teknologi Articulation Plus yang disematkan pada produk wheel loader-nya: 344L Teknologi Articulation Plus yang pertama kali digunakan pada wheel loader John Deere seri K mengkombinasikan articulated frame dengan sistem steering belakang. Dengan teknologi ini Deere mengklaim wheel loader-nya memiliki kemampuan belok maksimum yang meningkat 6 persen, radius belok yang lebih kecil 15 persen dan kemampuan angkat yang bertambah.

John Deere 344L merupakan wheel loader kompak dengan lifting capacity 3 ton dan bucket 1,5 m3. Unit ini dilengkapi dengan engine yang mengadopsi standar emisi Tier 4-F, transmisi auto-shift dengan teknologi shift logic yang memungkinkan pergantian gear secara halus, dan sistem suspensi pivot yang berosilasi pada bagian belakang.

Namun tidak hanya fitur Articulation Plus yang menjadi andalan, John Deere juga menyematkan berbagai fitur-fitur lainnya. Simak pada foto-foto berikut.

Problem yang sering dihadapi operator wheel loader manakala unit harus mengangkat beban berat dengan berbelok secara maksimum. Perbedaan kemampuan angkat saat unit dalam posisi lurus dan berbelok yang cukup besar membuat wheel loader rentan terguling. Teknologi Articulation Plus pada dasarnya mengurangi perbedaan ini, dengan membuat ban belakang berbelok dengan sudut tertentu untuk menyeimbangkan ban depan yang berbelok dan menjadi titik tumpu dari unit.
John Deere mereposisi sistem HVAC (Heating, Ventilation and Air Conditioning) menjadi total di luar kabin di bagian kiri. Desain baru ini membuat ruang kabin menjadi lebih lapang. Jarak pandang juga menjadi lebih luas dengan penggunaan kaca yang lebih besar sampai pada bagian kaki operator. Perubahan desain lainnya adalah pada kabin yang memperkecil hambatan udara. Pintu kabin bisa berputar secara penuh yang membuat komunikasi antara operator dengan petugas di lapangan menjadi lebih mudah. Sandaran kursi operator juga dibuat lebih tinggi sehingga mengurangi kelelahan operator.
Unit ini menggunakan engine produksi Deere berkapasitas 4,5 liter yang menghasilkan output 103 Hp. Engine layout dan kompartemen cooling system didesain ulang yang menghasilkan aliran udara yang lebih baik sekaligus mengurangi kemungkinan masuknya kotoran. Desain baru ini juga memberikan akses ke bagian bawah unit yang lebih baik. Sistem reversing fan memungkinkan udara yang masuk dari bagian depan unit dialirkan dengan mudah ke kompartemen engine sebelum dialirkan ke bagian belakang unit. Unit ini dilengkapi dengan service door tambahan pada bagian kiri unit. Dengan tambahan service door ini pekerjaan pemeliharaan cooling sistem menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, pekerjaan pembersihan dan penggantian filter udara juga menjadi lebih mudah berkat reposisi sistem HVAC kabin.
Bagian linkage tidak luput dari perhatian Deere. Deere melakukan perbaikan pada desain Z-bar linkage. Desain baru ini memungkinkan bucket berputar cuma 6 derajat dari mulai bucket di permukaan tanah sampai dengan mencapai ketinggian maksimum. Sudut 6 derajat ini tercapai pada 3/4 ketinggian maksimum. Desain baru ini berikut desain baru pada bagian coupler meningkatkan jarak pandang saat beroperasi.
Pada pekerjaan-pekerjaan tertentu seperti memposisikan material dengan bobot yang berat, John Deere 344L dilengkapi dengan rim pull control, yang memungkinkan operator untuk melakukan pengaturan torsi unit dengan cepat dan mudah, dengan fitur ini ban juga menjadi lebih awet.
Sistem Articulation Plus membuat unit ini mampu bermanuver dengan mudah di area yang sempit sekaligus mengangkat material yang lebih berat dari pendahulunya. Kecepatan maksimum John Deere 344L bisa mencapai 40 km per jam.

 

Leave a Comment