Foto : Hino RN 285 AT, Andalan Hino Untuk Bus Penumpang Kelas Premium

Pada GIICOMVEC 2018 Hino menampilkan chasis bus yang menjadi andalannya, RN 285 AT. Chasis terbaru dari Hino yang baru diluncurkan pada pertengahan Desember 2017 yang lalu ini menjadi pelengkap dari 7 model yang sudah ada sebelumnya, yaitu FB 130, AK 215, FC190, R260, RN 285 Manual, RK CNG dan RM 380.

Sebelumnya sudah beredar versi transmisi manualnya, dengan hadirnya model transmisi otomatis ini tentunya memiliki beberapa perubahaan pada komponen dan juga keunggulan yang ditawarkan dari versi sebelumnya. Model chasis ini bukanlah chasis yang terbesar, karena kapasitas bukanlah menjadi fokus dari chasis ini, melainkan kenyamanan, kemudahan dan keamanan saat berkendara.

Bus yang mampu menampung kapasitas hingga 59 tempat duduk ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan transportasi yang membutuhkan kenyamanan seperti di bandara, pariwisata, dan antar jemput karyawan. Bagi pengemudi, dengan adanya transmisi otomatis ini tentunya mengurangi kelelahan bagi pengemudi menginjak pedal kopling sehingga lebih nyaman.

Simak berbagai fitur yang menjadi andalan RN 285 AT berikut ini.

Bus Hino RN 285 AT bermesin belakang dengan transmisi otomatis ini diluncurkan sebagai solusi kebutuhan transportasi massal yang saat ini dibutuhkan masyarakat Indonesia. Hadirnya transmisi otomatis di bus Hino RN 285 diyakini dapat menambah kenyamanan pengemudi karena lebih mudah dikendarai dan dioperasikan serta dapat mengurangi kelelahan yang dirasakan pengemudi ketika berkendara terutama pada saat kondisi terjebak macet.
Mesin diesel common rail dengan turbocharge intercoller, lebih handal, mudah dan nyaman dalam perawatan. Mempunyai tenaga besar dan tekanan engine lebih konstan, membuat proses pembakaran menjadi lebih efisien.

Engine model : JO8E-VT
Tenaga maksimum : 255 PS / 2500 rpm
Torsi maksimum : 91 kgm / 1500 rpm
Isi silinder : 7564 cc
Fuel system : common rail
Injector DLC (Diamond-Like Carbon) lebih awet dan tahan lama. Dengan teknologi baru yang membuat penggantian injector lebih mudah tanpa membutuhkan pengaturan setting melalui komputer.
Penyaringan bahan bakar dengan tiga tahap menghasilkan pembakaran yang efisien. Bus RN 285 AT menggunakan 3 filter solar, yaitu Pre-Filter, Main Filter 1 dan Main Filter 2 yang mampu melakukan penyaringan bahan bakar yang lebih bersih, membebaskanbahan bakar dari kontaminasi material pengotor. Hasilnya adalah pembakaran yang sempurna dan mesin pun menjadi lebih tahan lama.
Transmisi over-drive dengan retarder. Transmisi Allison T350 R Automatic menghasilkan perpindahan gigi yang halus, mudah dan ringan serta sangat baik dalam meningkatkan akselerasi dan kecepatan dengan penambahan Retarder untuk mengurangi frekuensi penggunaan pedal rem utama secara berlebihan, membuat durasi penggantian brake lining menjadi lebih lama.
Suspensi depan. Sistem suspensi udara dengan 2 bag air spring + shock absorber dan stabilizer, sehingga lebih stabil dan anti rolling.
Suspensi belakang. Sistem suspensi udara dengan 4 bag air spring berkapasitas besar + shock absorber, stabilizer dan leveling valve memberikan kenyamanan lebih saat membawa penumpang dan barang maksimum.

Leave a Comment