Snapshots

Foto : Liaz/Skoda, Truk yang Pernah Berjaya di Zamannya

LIAZ (LIberecké Automobilové Závody) merupakan merupakan sebuah merek truk buatan bekas negara Cekoslowakia. Berdiri pada tahun 1951 sebagai sebuah divisi dari Škoda Auto, sebuah perusahaan otomotif yang didirikan oleh pemerintah Cekoslowakia. Škoda Auto sendiri merupakan penggabungan 8 pabrikan truk. Berpusat di Liberec, Liaz diproduksi oleh Reichenberger Automobilfabrik (RAF) salah satu dari 8 pabrikan cikal bakal Škoda Auto. Tahun 1953, LIAZ memisahkan diri dari Skoda namun tetap memproduksi truk-truk dengan brand Skoda. Barulah pada tahun 1984, Liaz mulai menggunakan merek Skoda LIAZ pada truk-truknya.

Memiliki 9 pabrik di berbagai kota di Cekoslowakia, LIAZ mencapai kejayaannya pada era 1970-an dengan memproduksi 15,000 truk per tahun dimana 9 pabriknya berproduksi pada kapasitas maksimum. Namun setelah terjadinya revolusi pada tahun 1989 yang menyebabkan pemerintahan komunis terguling dan terjadi krisis ekonomi, Skoda/LIAZ mulai mengalami kemunduran. Produk-produknya yang sebelumnya diserap oleh pemerintahan komunias Cekoslowakia, setelah revolusi itu memaksa Skoda/LIAZ harus mengupayakan penjualan truk-truknya sendiri.

Walaupun pada tahun 1996 – 2003 sempat mengeluarkan model terbaru Skoda 400 Xena dan Skoda 400 Fox, namun upaya ini tidak banyak menolong. Tahun 2006, LIAZ dibeli oleh Tedom Truck, sebuah perusahaan otomotif yang juga berasal dari Cekoslowakia dan semua fasilitas produksi LIAZ dilebur dan brand LIAZ dihapus digantikan oleh brand Tedom sampai saat ini, sementara Skoda hanya berfokus memproduksi kendaraan penumpang dengan merek Skoda.

Berikut beberapa model truk Skoda/LIAZ.

 

Škoda 706 D. Merupakan generasi pertama truk-truk Skoda yang diproduksi pada rentang 1940 - 1952. Pada Perang Dunia II, Skoda 706 D banyak digunakan sebagai truk militer. Perhatikan bannya yang menggunakan besi sebagai pengganti ban karet yang rentan ditembus peluru.
Skoda 706 RT. Truk dengan desain kabin ekstension. Merupakan salah satu truk yang populer. Diproduksi pada rentang waktu 1957 - 1990. Truk ini menggunakan engine Skoda M 634 series, 12 liter, 6 silinder segaris.
LIAZ dikenal sebagai truk yang tangguh. Terbukti pada beberapa kali partisipasinya pada rally terganas di dunia, Paris - Dakar, LIAZ beberapa kali berhasil menyabet tempat terhormat. Tahun 1995 merupakan kali pertama LIAZ berpartisipasi pada Rally Paris - Dakar. Pada penampilan pertama ini LIAZ tidak berhasil memperoleh juara. Barulah pada Rally Paris - Dakar tahun 1987, truk LIAZ berhasil menjadi juara ke-3. Setahun kemudian, truk LIAZ bahkan berhasil menyabet juara ke-2. Di samping itu, truk LIAZ juga berhasil menduduki berbagai tempat terhormat di berbagai rally di Eropa, serta berbagai ajang balap, termasuk balap ketahanan 24 jam Le Mans. Pada kejuaraan balap Le Mans ke-24 tahun 1990, truk LIAZ berhasil meraih juara ke-2.
Skoda 400 Xena. Merupakan versi tractor head. Bersama Skoda 400 Fox yang merupakan versi dump truck, kedua model truk Skoda ini merupakan model terakhir, sebelum akhirnya Liaz (perusahaan) dibeli oleh Tedom Truck. Skoda 400 Xena diluncurkan pada tahun 1996 pada Hannover Autoshow untuk menggantikan Skoda seri 300 yang sudah tidak diproduksi lagi. Skoda 400 Xena hanya diproduksi dengan varian tractor unit 4x2 high cab. Skoda 400 Xena terakhir kali diproduksi pada tahun 2003.