Foto : Menghilangkan Kesan Garang Alat Berat Dengan Beragam Warna dan Ornamen

Pada umumnya warna standar alat berat didominasi warna-warna gagah seperti kuning, oranye atau merah. Namun siapa bilang alat berat selalu terkesan garang dan perkasa? Di tangan para seniman, alat berat pun bisa terlihat cantik. Tidak saja menggunakan warna-warna yang tidak umum bagi sebuah alat berat, namun terkadang alat berat pun dilukis dengan berbagai ornamen bahkan gambar kartun yang membuat alat berat terlihat menarik, bahkan lucu. Simak beberapa foto-foto alat berat berikut ini.

Kobelco SK 350LC ini dilukis dengan ornamen-ornamen yang bernuansa Amerika. Perhatikan, ornamen-ornamen ini dilukis dengan sangat detil dengan berbagai variasi warna.
Liebherr A918 Wheeled Excavator ini berubah terlihat lucu bak mainan anak-anak dengan lukisan-lukisan berwarna cerah yang khusus dilukis untuk merayakan produksi ke-75.000 alat berat Liebherr.
Unit-unit Caterpillar 259 compact track loader ini terlihat manis dengan kombinasi warna hijau dan putih. Berbeda dalam pekerjaannya, karena unit-unit ini merupakan bagian dari unit-unit alat berat yang dimiliki sebuah perusahaan kontraktor demolition di Amerika Serikat, unit-unit ini akan garang dalam mengangkut bongkahan beton maupun besi sisa bangunan.
Alat berat berwarna pink? Mengapa tidak. Lihat saja dozer Caterpillar D11T ini. Unit yang aslinya terlihat garang ini menjadi lebih feminin berkat warna pink-nya.
Tidak mau kalah dengan dozer, Caterpillar rigid dump truck 793F ini dicat dengan warna pink pada dump body-nya. Usut punya usut ternyata pemberian warna khusus ini memiliki tujuan sebagai bentuk partisipasi pada kampanye penanggulangan kanker payudara di Australia.
Kedua mobile crane ini dicat dengan warna loreng-loreng khas hewan-hewan di Afrika, yaitu jerapah dan zebra.
Dozer Komatsu D85E ini dicat dengan warna merah menyala dengan lukisan nyala api pada blade-nya yang membuatnya terkesan garang.
Di Indonesia ternyata pernah ada alat-alat berat yang dilukis dengan unik. Contohnya seperti giant excavator Hitachi EX2500 dan rigid dump truck Euclid R90C ini. Kedua alat berat ini merupakan bagian dari fleet alat berat yang pernah dimiliki oleh PT. Petrosea, Tbk., saat menjadi kontraktor OB di bawah PT. Gunung Bayan Pratama Coal di Kutai Barat, Kalimantan Timur pada periode akhir 1990-an sampai dengan sekitar tahun 2006.
Warna pink sepertinya menjadi warna favorit saat orang ingin mengecat alat berat dengan warna-warna yang tidak umum. Lihat saja ketiga unit Caterpillar mini excavator yang sedang mengerjakan sebuah proyek konstruksi di Tiongkok ini.
Komatsu PC 4000 ini terlihat garang dan sangat mencorong dengan kombinasi warna biru dan merah menyala ini. Unit excavator ini sedang bekerja di sebuah pertambangan di Rusia.
Farm tractor pun bisa terlihat lucu dengan corak mirip anjing dalmatian.
Tidak hanya unit alat berat yang bisa dicat dengan warna-warna menarik, attachment seperti bucket pun bisa terlihat unik dengan kombinasi warna yang mencolok. Contohnya ketiga bucket yang diproduksi Hardox ini. Menggunakan warna merah menyala, dengan teeth bucket berwarna hijau, ketiga bucket ini terlihat bak tangan-tangan monster.

Leave a Comment