Product Review

Foto : Mesin Pemanen Padi Changfa Combine Harvester CF805N

Sebagai negara dengan jumlah penduduk besar, Indonesia membutuhkan kecukupan pangan bagi rakyatnya. Walaupun memiliki wilayah yang luas, nyatanya setiap tahun jumlah area pertanian tanaman pangan di Indonesia terus berkurang, ditambah dengan metode pertanian yang mayoritas masih mengandalkan cara tradisional, produktivitas pertanian di Indonesia masih rendah untuk mencukupi kebutuhan pangan seluruh rakyat. Kini sudah waktunya petani mulai bergeser menggunakan metode-metode pertanian modern seperti penggunaan mesin-mesin pertanian yang akan mempercepat produksi bahn-bahan pangan.

Salah satu proses penting dalam produksi padi adalah pemanenan. Pemanenan tradisional yang mengandalkan tenaga manusia membutuhkan tenaga kerja yang banyak jumlahnya dengan kecepatan pemanenan yang relatif lambat. Mesin pemanen padi (harvester) merupakan solusi untuk mempercepat proses pemanenan padi. Salah satu mesi pemanen padi yang ada di pasaran adalah Changfa Combine Harvester CF805N. Produk ini diageni oleh PT. Berkat Iman Mesin yang berbasis di Semarang.

Simak fitur-fitur yang dimiliki unit ini.

Sumber tenaga CF805N adalah engine Changfa CF4C100T-Z 4 Liter 95 Hp, 4 cycle, turbocharge, water cooled yang hemat bahan bakar. Unit pemanen padi ini memiliki dimensi (p x l x t) 5130 x 2520 x 3040 mm, dengan bobot 3,68 ton. Untuk berjalan di area berlumpur persawahan unit ini tidak mengalami kendala berarti karena tracknya cukup lebar (450/500 mm). Ground pressure unit ini cukup rendah berkat desain track karet khusus yang menebal pada area lintasan track dan tidak merusak struktur tanah. Selain itu, CF805N memiliki jarak dari tanah (ground clearance) mencapai 305 mm, sehingga bebas dari kemungkinan amblas saat melintas di lahan berlumpur dan sawah.
Sistem perontok dan pembersihan telah ditingkatkan dengan lebar silinder perontok 1,96 meter. sehingga dapat memberikan waktu lebih lama pada padi untuk dirontokan dan dibersihkan di silinder perontok. Hasilnya, tidak banyak biji yang hilang maupun biji dengan kualitas yang jelek yang dihasilkan.
CF805N juga memiliki kemampuan membersihkan yang baik. Dengan luas screen getar 1.2 m2, CF850N memiliki tingkat kehilangan dan tingkat kekotoran yang lebih rendah. Tangki penyimpan bijinya berukuran besar (1,5 m3), 30 - 50% lebih besar dari produk sejenis di pasaran. Dengan volume yang besar seperti ini waktu pembongkaran menjadi lebih singkat. Untukmembuka tangkiini cukup mudah, hanya memutarnya. Perawatan dan perbaikan juga menjadi lebih mudah.
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
PT. Berkat Iman Mesin
Jl. Diamond Cipta Niaga Blok D7 - Semarang
Telp. : 024 - 8604 1674, 0815 7764 297, 0877 3167 5859
Email : berkat.iman.mesin@gmail.com
Website : https://bimchangfa.com
Facebook : PT Berkat IMAN MESIN