Gehl Idealtrax, No More Loosed Track

Siapapun yang pernah mengoperasikan alat berat yang menggunakan track pasti mengetahui betapa repotnya mengencangkan track. Walaupun frekuensinya tidak terlalu sering, namun kalau sudah tiba waktunya dibutuhkan waktu berjam-jam untuk melakukan pekerjaan ini.

Track alat berat memerlukan pengencangan secara periodik agar sesuai dengan standar yang ditentukan pabrik. Longgarnya track selain menimbulkan ketidaknyamanan saat dioperasikan, juga akan memperpendek usia komponen-komponen undercarriage. Longgarnya track akan mengakibatkan gesekan antar bagian undercarriage menjadi lebih intens yang mempercepat proses keausan. Walaupun pada alat-alat berat yang berukuran besar sudah dilengkapi dengan track adjuster, sehingga proses pengencangan track menjadi lebih mudah, namun bagaimanapun pekerjaan pengencangan track merupakan salah satu pekerjaan yang cukup merepotkan.

Namun berbeda dengan produk compact track loader dari Gehl. Gehl mengembangkan teknologi pengencangan track secara otomatis, Idealtrax, sehingga tidak diperlukan lagi proses pengencangan secara manual. Bahkan teknologi ini memungkinkan pengencangan track dilakukan saat unit beroperasi.

gehl_idealtrax_equipina

Idealtrax merupakan inovasi dari Gehl yang dirilis pada tahun 2013. Dengan Idealtrax ini tidak diperlukan pengencangan track secara periodik. Sebagai informasi, compact equipment seperti compact track loader memiliki interval pengecekan kekencangan  track setiap 50 jam dan 300 – 400 jam (bergantung pada pengoperasian) untuk pengencangan. Setiap pengencangan dengan interval 50 jam memerlukan waktu 10 – 15 menit, sedangkan untuk pengencangan track sendiri dibutuhkan waktu 30 – 45 menit.

Sistem Idealtrax ini bekerja saat engine dihidupkan dan saat unit beroperasi. Saat unit selesai beroperasi sistem Idealtrax secara otomatis akan mengendorkan kembali track pada saat engine dimatikan. Bila diperlukan pengencangan secara manual, operator bisa melakukan dengan menekan switch pengaktifan Idealtrax pada bagian belakang kompartemen engine. Dengan mengendorkan track saat engine dimatikan, Gehl mengklaim umur dari track, sprockets dan bearing bisa meningkat sekitar 15% ketimbang track yang tetap tegang saat engine dimatikan.

Tidak hanya itu, sistem Idealtrax juga bisa melepas track tanpa memerlukan campur tangan operator atau mekanik. Hal ini sangat berguna pada saat dilakukan maintenance unit atau penggantian track. Waktu yang diperlukan untuk melepas satu sisi track dari compact track loader kurang lebih satu jam, dengan Idealtrax maka track bisa terlepas dalam hitungan menit.

gehl_idealtrax_equipina_1

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

PT. Indo Traktor Utama
Jl. Cakung Cilincing Tim. No.19, RW.6
Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur
Telp. : 021 – 2983 2112

 

(TM)