Geospec, Makna Filosofis Dibalik Pembuatan Excavator Kobelco Acera SK 850LC

Sebuah produk seperti alat berat didesain untuk dapat memenuhi ekspetasi dari penggunanya. Namun karena ketatnya persaingan bisnis pada saat ini, seringkali sebuah produk hanya memamerkan jargon-jargon marketing demi terlihat berbeda dibanding pesaing-pesaingnya dan menghasilkan angka penjualan yang mengagumkan. Dibalik itu, bisa jadi produk itu tidak menawarkan satu kelebihan apapun bagi penggunanya.

Memiliki sejarah panjang dalam mengembangkan exacavator, Kobelco yang mulai memproduksi excavator sejak 1930 dan menjadikannya excavator pertama yang diproduksi Jepang, menyadari sebuah produk harus memberikan manfaat maksimum kepada penggunanya. Menjadikan customer sebagai fokus utama akan membuat produk tersebut akan memiliki nilai lebih dibanding produk-produk sejenis.

Setelah melalui perjalanan panjang dalam memproduksi excavator, Kobelco Construction Machinery Co., Ltd. sebagai pabrikan excavator Kobelco meluncurkan seri excavator Acera Geospec. Tidak semua orang mengetahui ada makna filosofis dibalik penamaan itu. Tidak sekedar menjadi jargon marketing, penamaan itu menggambarkan konsep dan implementasi yang dilakukan. Hal itu terlihat dari Kobelco SK 85oLC, salah satu varian dari Acera Geospec series.

kobelco_sk_850_lc_equipina

Geospec terdiri dari 2 kata : ‘Geo” dan “Spec”, dimana Geo merupakan gambaran tingginya penghargaan Kobelco terhadap bumi dan tanah dimana excavator merupakan satu elemen yang berada di situ. Sementara Spec merujuk pada unjuk kerja dari spesifikasi (specification) yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan secara efisien.

Dengan kata lain, Geospec bermakna spesifikasi yang sesuai dengan bumi dan tanah dimana excavator Kobelco berada. Filosofi ini kemudian diterjemahkan pada desain excavator yang memiliki keseimbangan pada semua tuntutan pekerjaan sebuah excavator, efisien, ekonomis dan memiliki sedikit dampak pada lingkungan global.

Sejak awal, SK 850LC didesain dengan sangat teliti dengan mempertimbangkan semua faktor. Hal ini terlihat dari desain upperstructure menggunakan teknologi canggih FEM (Finite Element Method). FEM merupakan teknik desain 3D dengan simulasi numerik, sehingga sebuah desain akan terlihat titik-titik kritis yang perlu menjadi perhatian. Misalnya dalam mendisain boom dan arm, FEM akan mendeteksi beban-beban kritis yang berpotensial menimbulkan kegagalan material saat boom dioperasikan. Dari desain ini kemudian ditentukan komposisi material yang tepat yang dapat meminimalisir dampak distribusi beban yang tergambarpada FEM.

Kekuatan upperstructure menjadi salah satu perhatian utama  Kobelco. Salah satu bagian yang juga rentan mengalami defleksi adalah struktur carbody alias main frame SK 850LC. Excavator berukuran besar seperti SK 850LC ini dalam pengoperasiannya sering harus bekerja hampir 24 jam dengan berpindah-pindah di berbagai medan yang sulit. Tanpa struktur main frame yang tangguh, excavator bisa mengalami kegagalan pada main frame-nya. Kobelco mendesain main frame yang berbeda dibanding excavator sekelas lainnya, dimana main frame-nya tidak menggunakan kolom. Penguatan main frame juga dilakukan dengan memperbesar ukuran cross section frame.

Selain itu, bila umumnya excavator hanya memiliki 2 track guide pada satu sisi track, SK 850LC memiliki 3 track guide yang bisa ditambah jika diperlukan (opsional). Dengan memiliki 3 track guide, excavator akan lebih stabil saat travelling dan menghindarkan track link dan shoe terlepas dari roller.

kobelco_sk_850_lc_equipina_1
Desain Boom Dengan FEM

Tidak hanya dari penguatan struktur yang menjadi fokus, berbagai fitur ditambahkan pada unit ini untuk memberi kemudahan pengoperasian dan pemeliharaan. Contohnya adalah maintenance walk yang cukup lebar yang sekaligus berfungsi sebagai air duct dari radiator yang dipasang pada sisi samping kanan unit. Dengan maintenance walk ini pekerjaan maintenance unit bisa dilakukan dengan lebih mudah karena menghindarkan mekanik dari kesulitan mengakses engine, filter, dll. Dengan air duct ini juga udara panas yang dihembuskan radiator akan tetap mengalir selama unit beroperasi.

Unit ini juga memiliki layout yang sistematis, untuk mengakses intercoller, AC condenser, fuel cooler, radiator dan oil cooler cukup melalui 2 buah pintu yang bisa dibuka tutup dengan mudah, penggantian filter AC dan fuse juga cukup mudah karena tidak memerlukan tools.

SK 850LC dilengkapi dengan oli filter kemampuan tinggi yanghanya membutuhkan penggantian setiap 1000 jam, standar auto idle stop, automatic acceleration/deceleration, EMC (Electromagnetic Compatibility) untuk menghindarkan timbulnya interferensi elektromagnetik, serta Kobelco Monitoring Excavator System (Komexs), sistem monitoring kondisi excavator berbasis satelit.

 

(ES)