Gewinn Scale, Timbangan Truk Buatan Indonesia Untuk Berbagai Aplikasi

Bagi industri-industri yang memproduksi material curah dalam jumlah besar, seperti pertambangan, quarry, atau perkebunan, ukuran produktivitas adalah banyaknya material yang bisa diproduksi. Di sini bobot material yang dihasilkan menjadi sangat penting. Pada industri-industri ini pengukuran bobot material dilakukan menggunakan jembatan timbang. Truk-truk pengangkut material ditimbang bobotnya berikut material yang diangkutnya. Untuk itu fungsi timbangan truk sangat menentukan.

Timbangan truk yang dapat mengukur bobot truk pengangkut dan material yang diangkutnya, dengan cepat, akurat dan handal dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Bisa dibayangkan bila timbangan truk yang ada tidak dapat menimbang dengan keakuratan yang tinggi, karena hasilnya lebih rendah atau lebih tinggi dari yang semestinya. Bila kekurangan atau kelebihan berat ini terjadi pada ribuan atau puluhan ribu truk setiap tahunnya, bisa terbayang potensi kerugian yang terjadi.

PT Gewinn Gold Hotama adalah perusahaan manufaktur timbangan digital. Berdiri sejak tahun 2006, PT Gewinn Gold Hotama memproduksi berbagai timbangan untuk industri, timbangan portable, timbangan retail-komersil dan timbangan presisi-lab di pabriknya di Cikarang Timur, Jawa Barat. PT Gewinn Gold Hotama juga memiliki cabang di Surabaya, selain representatif untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Varian timbangan industri, yang merupakan produk-produk utama Gewinn yaitu Jembatan Timbang (Weighbridge), Portable dan Moveable Truck Scale dan Axle Weighing Pad (Portable Axle) Scale.

Jembatan Timbang (Weighbridge) memiliki konstruksi yang bisa dibongkar pasang (knock-down), namun sangat kokoh. Dimensi lebarnya 3,4 meter dengan panjang yang bervariasi, dari mulai 6-21 meter. Jenis ini memiliki pembatas (main beam) kiri kanan yang diinstall di atas cross platform yang diatukan dengan beberapa beam support menggunakan baut baja (HTB).

Menggunakan pondasi khusus dengan sloof-strauss bored, dengan tumpuan loadcell masing-masing, jenis jembatan timbang ini memiliki safety overload 120-150% dari bobot maksimum yang bisa ditimbang. Karena konstruksinya yang kokoh ini, jenis jembatan timbang ini dapat digunakan selama puluhan tahun. Selain itu, kelebihan jembatan timbang ini menggunakan sistem modul, sehingga bisa direkondisi dengan mudah. Tingkat ketelitiannya pun sangat tinggi, hanya 0,1% margin errornya.

Ada 3 tipe jembatan timbang yang diproduksi oleh Gewinn, pitless (di atas tanah), semi pitless (setengah menggantung) dan pit (rata tanah).

gewinn_scale_equipina_1

Jenis kedua timbangan truk yang diproduksi PT Gewinn Gold Hotama adalah Portable Truck Scale. Jenis ini menyerupai jembatan timbang, dengan perbedaan bisa dipindah-pindah dengan mudah, sehingga sangat cocok untuk lokasi yang tidak permanen. Dari sisi biaya investasi, jenis ini hanya sedikit membutuhkan biaya konstruksi karena bisa langsung diletakkan pada landasan beton. Jenis timbangan truk portable ini memiliki dimensi lebar 2,8-3 meter, sedangkan panjangnya dari mulai 4,8n meter sampai dengan 16 meter.

Konstruksinya terdiri dari double frame, dimana frame bagian atas merupakan platform, dan frame bagian bawah berfungsi sebagai lantai kerja. Kekurangan jenis portable ini dibandingkan jembatan timbang permanen, jenis portable ini memerlukan pengaturan setting level setiap berpindah tempat. Selain itu, karena sering dipindah-pindah, jenis portable ini memiliki usia pakai yang tidak seawet jenis jembatan timbang permanen.

Tingkat ketelitiannya tidak seakurat jenis permanen, namun masih bisa dikatakan cukup tinggi, berkisar 0,1-0,2% margin errornya.

Axle Weighing Pad (Portable Axle) Scale menggunakan cara penimbangan berdasarkan roda per sumbu. Misalkan truk mempunyai 3 sumbu, truk akan diposisikan setiap sumbunya bergiliran ditimbang bobotnya. Kedua sisi roda pada setiap sumbu akan diposisikan di atas 2 pad, hasil pengukurannya kemudian ditotal untuk mendapatkan bobot dari truk. Dengan cara seperti ini, sangat mungkin terjadi penyimpangan pengukuran. Jenis timbangan ini memiliki tingkat ketelitian 0,1% statik + 3% dinamik, sehingga tidak disarankan untuk penimbangan yang memerlukan akurasi. Hasil penimbangan dari jenis axle weighing pad ini lebih cocok digunakan sebagai estimasi saja.

Jenis timbangan axle weighing pad memiliki pilihan 2 kapasitas, 30 ton dan 40 ton. Untuk kapasitas 30 ton, dimensi masing-masing pad 700 x 430 x 30 mm dengan jarak antar pad 350 mm. Sedangkan untuk kapasitas 40 ton, dimensinya 800 x 430 x 30 mm dengan jarak antar pad 350 mm.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

PT Gewinn Gold Hotama
Factory & Office Jakarta
Jl. Raya rengasbandung, Kosambi RT 001 Rw 01, Tanjung Baru, Cikarang Timur
Telp. : 021 – 8914 0679 / 8914 0712
Fax : 021 – 8914 3817
Email : sales_jkt@gewinngold.com

Branch Office Surabaya (untuk wilayah Jawa, Sulawesi, NTT, Papua, dll)
Email : sales_sby@gewinngold.com

Representatif Sumatera (untuk wilayah Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, dll)
Email : sales_sum@gewinngold.com

Representatif Kalimantan (untuk wilayah Balikpapan, Banjarmasin, Pontianak, dll)
Email : sales_kal@gewinngold.com

Website : www.gewinngold.com
Email : sales@gewinngold.com

 

(BW)

Leave a Comment