Safety, Health & Environment

Hal-Hal Berikut Ini Harus Dihindari Saat Mengoperasikan Dump Truck Pada Dumping Area

Kegiatan cut and fill merupakan pekerjaan rutin pada pertambangan. Setiap harinya, ribuan cycle dump truck membawa material overburden (OB) dan membuangnya di dumping area. Karena pekerjaan ini sudah rutin dilakukan para operator dump truck, terkadang timbul kelalaian yang disebabkan kelelahan fisik atau menganggap enteng. Padahal, mayoritas terjadinya kecelakaan kerja disebabkan kedua hal ini.

Kita yang bekerja di area pertambangan tentunya sering mendengar atau menyaksikan kecelakaan yang dialami dump truck pada saat melakukan dumping, misalnya dump truck terperosok kolam penimbunan material OB, atau dump truck yang terbalik pada saat melakukan dumping. Hal-hal ini merupakan peristiwa kecelakaan yang sering dialami oleh dump truck. Kecelakaan seperti ini tentunya akan mengakibatkan kerugian materi yang nilainya cukup besar, bahkan mungkin cedera dari operator maupun pekerja-pekerja yang berada di sekitar dump truck itu, bahkan tidak menutup kemungkinan timbul korban jiwa.

Beberapa hal berikut ini perlu diwaspadai saat melakukan pekerjaan dumping, terutama pada dumping area yang curam:

Posisikan Dump Truck Pada Area Yang Stabil

Pada umumnya area dumping merupakan area dari timbunan material, walaupun area ini sudah diperkeras oleh excavator dan dozer, namun ada baiknya operator tetap melakukan pengecekan sebelum melakukan dumping material terutama jika tidak ada petugas pemberi aba-aba (banksman) pada lokasi. Kondisi rawan longsor juga harus diwaspadai jika akan melakukan dumping sehabis turun hujan deras.

Jangan Melakukan Dumping Dengan Posisi Roda Depan Berbelok

Pada tambang-tambang yang menerapkan sistem ritasi, akan mendorong operator untuk bekerja maksimal mengejar ritasi sebanyak-banyaknya dengan mengabaikan keselamatan. Pada lokasi-lokasi yang sempit untuk melakukan dumping, diperlukan waktu lebih lama untuk memposisikan dump truck. Di sinilah terkadang operator dump truck melakukan dumping dalam keadaan roda depan berbelok. Untuk material-material yang homogen ukurannya mungkin hal ini masih diizinkan, namun untuk material-material yang ukurannya tidak homogen, misalnya banyak batu-batuannya apalagi berukuran besar, dumping dengan roda berbelok tidak bisa ditolerir.

Keseimbangan dump truck pada saat dumping cenderung tidak stabil, bergesernya titik keseimbangan karena beban berat yang tidak homogen ukurannya bisa menyebabkan dump truck terguling.

Pastikan Parking Brake Diaktifkan Pada Saat Melakukan Dumping

Pada umumnya unit-unit dump truck keluaran terakhir telah memiliki pengamanan, pada saat melakukan dump truck secara otomatis parking brake akan aktif. Namun masih banyak dump truck yang tidak memiliki fitur ini, terutama pada dump truck lama. Tidak berfungsinya parking brake juga bisa terjadi karena adanya kerusakan. Untuk itu operator dump truck harus memastikan parking brake sudah diaktifkan sebelum melakukan dumping. Pengaktifan parking brake akan memperkecil kemungkinan dump truck mundur dan terperosok ke area penimbunan.

Hindarkan Memundurkan Dump Truck Dengan Roda Belakang Membentur Keras Tanggul Pengaman (Berm)

Banyak tambang-tambang yang telah menerapkan pengamanan berupa tanggul (berm) pada dumping area yang curam. Pada saat memundurkan dump truck harus dilakukan secara perlahan dan melakukan pengereman secara bertahap. Hal ini bertujuan supaya tanggul tidak cepat rusak. Kerusakan tanggul akan menyebabkan operator tidak memiliki kontrol saat melakukan dumping yang berpotensi membuat dump truck meluncur ke bawah tebing.

safety_dump_equipina_1

Pada Pekerjaan di Malam Hari, Jangan Melakukan Dumping Bila Kondisi Penerangan Tidak Memadai

Bekerja di malam hari selalu memiliki resiko yang tinggi. Kurangnya penerangan akan membuat pandangan operator terbatas. Jangan memaksakan diri melakukan dumping jika keadaan dumping area gelap.

Pastikan Dump Body Sudah Turun Sebelum Mulai Berjalan Kembali

Dump truck yang bergerak maju setelah membuang material di permukaan jalan yang tidak rata berpotensi membuat dump truck tidak stabil bahkan mungkin terbalik. Selalu pastikan dump body sudah pada kondisi ‘duduk’ pada frame dump truck sebelum mulai menjalankan dump truck.

Masih banyak potensi-potensi bahaya yang bisa timbul saat melakukan dumping material. Resiko terjadinya kecelakaan bisa dihindari dengan selalu berhati-hati dalam melakukan pekerjaan. Safety First.

 

(TP)

Leave a Reply