Maintenance

Hal-Hal ini Harus Diperhatikan Saat Mendesain Ruangan Genset

Bagi sebuah perusahaan yang menggunakan genset sebagai sumber daya listriknya, baik dengan pengoperasian secara kontinyu maupun untuk backup listrik bila sewaktu-waktu sumber daya listrik dari PLN mengalami pemadaman, kehandalan genset yang digunakan merupakan harga yang tidak bisa ditawar.

Agar genset bisa beroperasi secara optimal, genset perlu ditempatkan pada lokasi yang baik yang telah didesain secara khusus. Dengan lokasi penempatan genset yang baik, selain genset bisa beroperasi dengan baik, juga akan mempermudah operator dalam pengoperasiannya maupun mekanik saat melakukan pemeliharaan maupun perbaikan. Namun terkadang genset ditempatkan seadanya.Untuk itu kita perlu memahami hal-hal penting yang harus diperhatikan saat mendesain sebuah ruangan tempat genset nantinya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan ruangan genset:

Ruangan genset harus terlindung dari hujan, cahaya matahari dan angin. Ketiga faktor lingkungan ini bisa mempengaruhi unjuk kerja sebuah genset bahkan mempercepat kerusakan genset, sehingga ruangan genset harus didesain sedemikian rupa dan memiliki pelindung yang memadai.

Genset bekerja menghasilkan panas, ruangan genset harus memiliki ventilasi yang cukup untuk mengeluarkan gas hasil pembakaran (exhaust) dan memasukkan udara segar. Disamping itu, radiator dari genset menghasilkan udara panas yang bisa meningkatkan temperatur di ruangan genset secara signifikan. Untuk mengalirkan udara panas ini, udara panas harus dihisap dengan exhaust fan dengan sistem pemipaan yang baik.

Dalam mendesain ruangan genset harus diperhitungkan tinggi ruangan yang memadai untuk terjadinya sirkulasi udara yang baik. Silencer dan pipa-pipa exhaust harus bertumpu pada bagian atap ruangan genset dengan tumpuan yang kokoh dan memungkinkan pipa-pipa pembuangan memuai dengan baik. Memasang pipa-pipa pembuangan gas hasil pembakaran menempel atau berjarak sangat dekat dengan bagian atas genset harus dihindari.

genset_room_arrangement_equipina_1

Ruangan genset harus memiliki spasi yang memadai untuk melakukan perawatan rutin serta perbaikan. Jangan menempatkan berbagai benda dan peralatan kerja pada spasi ruangan ini, dan spasi ini harus tetap bersih dan kering dari genangan air, pelumas, dsb. Sebagai panduan untuk menentukan spasi yang ideal, minimal genset harus memiliki spasi 1-1,5 meter dari dinding ruangan genset, serta 1,5-2 meter jaraknya dari atap ruangan genset.

Ruangan genset harus dilengkapi dengan hidran pemadam kebakaran yang mengacu pada standar yang berlaku.

Lampu-lampu penerangan harus cukup memadai tingkat keterangannya dan terpasang dengan baik, termasuk dipasangnya lampu darurat sehingga pekerjaan pemeliharaan dan perbaikan bisa dilakukan dengan nyaman.

Ruangan genset harus berjarak cukup jauh dari penyimpanan atau penimbunan bahan-bahan berbahaya, misalnya bahan bakar, bahan-bahan kimia atau bahan-bahan eksplosif lainnya, termasuk meletakkan bahan-bahan berbahaya di dalam ruangan genset.

 

(HP)

Leave a Reply