Hankook Menjadi Penyuplai Ban Bagi Semua Truk dan Bus Scania

Hankook Tire Manufacturing Co., produsen ban asal Korea Selatan peringkat 7 dunia dari sisi sales mengumumkan secara resmi menjadi penyuplai ban bagi semua produk-produk truk dan bus Scania. Dalam kesepakatan yang ditandangani pada akhir Januari 2018, Hankook akan digunakan pada semua model truk dan bus Scania yang diproduksi di Eropa yang meliputi 18 ukuran ban.

Produk-produk Hankook akan meliputi varian e-cube MAX yang telah ditingkatkan kekuatannya sesuai standar internasional untuk truk-truk angkutan jarak jauh, varian SmartFlex yang merupakan ban segala musim untuk angkutan jarak pendek dan jarak jauh, dan varian SmartWork yang khusus digunakan pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi maupun offroad. Menariknya, ban-ban SmartWork ini didesain khusus bagi truk-truk yang memenuhi standar Emisi EURO 6, dengan thread ban yang mengakomodir kebutuhan steering dan drive axle yang ramah lingkungan dan tahan lama yang sesuai dengan standar Total Cost of Ownership (TCO) pada kendaraan komersial.

Ini bukan kali pertama bagi Hankook menjadi penyuplai ban bagi pabrikan-pabrikan otomotif asal Eropa. Debut pertamanya pada 2014 dengan menjadi penyuplai ban bagi truk dan bus MAN yang disusul dengan berbagai merek kendaraan asal Eropa lainnya. Total sampai dengan saat ini Hankook telah menjadi penyuplai ban bagi hampir 50 merek kendaraan, termasuk Audi, BMW, Mercedes-Benz dan Porsche.

Dealing dengan Scania ini menjadi kesuksesan kedua yang dilakukan Hankook dengan Volkswagen Truck & Bus GmbH, sebuah grup pabrikan otomotif terkemuka dunia untuk truk dan bus. Sebagaimana kita ketahui, Scania merupakan anak perusahaan dari Volkswagen Truck & Bus GmbH yang merupakan customer global terbesar Hankook. Semenjak November 2016, Hankook telah menyuplai ban-ban bagi sebagian truk dan bus yang diproduksi pabrikan asal Swedia itu.

Menjalin kerjasama dengan pabrikan-pabrikan otomotif tidak mendatangkan pendapatan yang luar biasa bagi sebuah pabrikan ban berskala global seperti Hankook. Namun kerjasama seperti ini bernilai strategis karena akan meningkatkan brand image dari produk-produknya, yang sekaligus mengerek harga jual produk-produknya. Bagi sebuah pabrikan ban akan lebih menguntungkan melempar produk-produknya pada pasar retail sebagai ban pengganti. Tahun lalu penjualan ban Hankook pada pabrikan-pabrikan otomotif mencapai 30% dengan sisanya adalah penjualan pada pasar retail.

Tahun lalu, Hankook berhasil menjual 99 juta ban yang diproduksi oleh 8 pabriknya: 2 di Korea Selatan, 3 di Tiongkok, 1 di Hungaria, 1 di Indonesia dan 1 di AS.

Mengomentari keberhasilan ini, Ho Youl Pae, COO Hankook untuk wilayah Eropa menyatakan dealing ini membuktikan ban-ban produksi Hankook memiliki kualitas yang tinggi.”Varian e-cube MAX, SmartFlex dan SmartWork mampu memenuhi persyaratan ketat yang ditentukan oleh tim engineering Scania, khususnya pada beberapa faktor utama, seperti ketahanan, efisiensi dan unjuk kerja.”

(TM)

Leave a Comment