Hino Pamerkan Kendaraan yang Membuat Bisnis Berjalan Lebih Mudah, Lebih Aman dan Lebih Efisien

PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) sebagai pakarnya truk dan bus di Indonesia, kembali hadir di ajang ke 26 Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018 (GIIAS). Dengan membawa 8 unit kendaraan unggulan, Hino mengusung tema Trucks and Buses that do more, be connected to customer’s future. Dimana dalam gelaran GIIAS kali ini, Hino menampilkan truk dan bus yang dapat membantu menjadikan dunia sebagai tempat kehidupan yang lebih baik. Dengan membantu kelancaran transportasi yang lebih aman dan lebih ekonomis untuk masa depan pelanggan dan juga masyarakat.

Di setiap bagian kehidupan sehari – hari, pasti ada peran truk yang berkontribusi dalam mempermudah hidup kita. Karena truk bekerja untuk mengangkut barang yang dibutuhkan sampai kerumah – rumah masyarakat. Untuk itu Hino hadir membantu memenuhi kebutuhan masyarakat melalui kendaran – kendaraan yang produktif, efisien, dan memberi nilai lebih. Wajib bagi Hino untuk memberikan truk – truk dan bus yang dapat beroperasi mendekati 100% waktu bekerja. Hal ini yang menjadi dasar bagi Hino untuk mengembangkan kendaraan bisnis yang lebih aman, lebih kuat, dan lebih tangguh untuk lebih memaksimalkan profit para pengusaha disini. Begitupun layanan purna jual, Hino selalu menerapkan prinsip untuk memberikan waktu tercepat dalam perawatan kendaraan, sehingga down time para customer dapat seminimal mungkin dan kendaraan bisnis mereka dapat kembali bekerja.

Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI mengungkapkan “Kami terus berusaha setiap kendaraan Hino bekerja dengan optimal dan lebih banyak berkontribusi bagi bisnis pelanggan kami untuk saat ini dan akan datang, Dan pada akhirnya berkontribusi secara luas kepada masyarakat. Inilah yang menjadi dasar dari tema kami Trucks and buses that do more, be connected to customer’s future”

Hino Indonesia menampilkan produk – produk unggulannya kedalam tiga category besar yang terdapat dalam booth Hino, dimana area – area ini memudahkan bagi pengunjung untuk mengetahui detail keungulan dari masing – masing produk. Ketiga grup ini adalah Environmentally Friendly, Safety In transporation, dan Total Support.

Environmentally Friendly

Dalam usaha memberikan kontribusi lebih kepada lingkungan dan masyarakat. Hino menghadirkan kendaraan ramah lingkungan Hino bus Poncho EV (Electric Vehicle), atau bus berbahan bakar listrik hadir menyapa pengujung yang datang ke booth Hino yang berada di hall 3A ICE BSD. Hino bus Poncho EV merupakan bus ramah lingkungan yang bebas emisi dan CO2. Bus mungil ini juga memiliki suara yang lembut sehingga membuat nyaman penumpang yang berada di dalamnya.

Selain kendaraan listrik, Hino turut juga menampilkan truk berbahan bakar gas atau compressed natural gas (CNG) Hino FM 360 Tractor Head. Jagoan dalam menarik container ini memiliki tenaga besar yaitu 360 PS dengan torsi maksimal 125/1.200 kgm/rpm. Dengan menggunakan bahan bakar gas, emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

Safety in Transporation

Unit lainnya yang Hino bawa kedalam booth seluas 1.040 sqm adalah kendaraan – kendaraan yang memberikan keamanan yang tinggi bagi keselamatan pengemudi maupun penumpang serta area disekitarnya. Seperti Hino memberikan tingkat keamanan yang lebih melalui Hino Bus RN 285 Automatic transmission. Bus yang baru diluncurkan tahun lalu ini, hadir di GIIAS dengan sistem pengereman Full air brake dan Anti-lock braking system (ABS) membuat bus ini aman dikendarai, karena sistem pengereman yang lebih responsive.

Hadir di GIIAS dengan kelir khas PO Harapan Jaya, bus ini menggunakan balutan bodi hasil karya karoseri tentrem. Seperti halnya bus RN 285 AT, Hino New Dutro 130 HDL juga hadir dalam booth Hino dengan sistem pengereman lebih aman, dimana jika dibanding model sebelumnya unit ini memiliki penambahan dimensi Brake Lining yang lebih besar serta peningkatan kapasitas pompa vakum dari sebelumnya 80 cc menjadi 90 cc, selain itu perluasan dimensi brake drum pada sistem rem parkir dari sebelumya berdiameter 177,8 mm menjadi 200 mm dan lebar 35 mm menjadi 45 mm membuat pengereman New Dutro lebih responsif dan jarak pengereman lebih pendek yang meningkatkan faktor keselamatan pengemudi maupun pengendara lainnya. Hino New Dutro 130 HDL dalam balutan bodi box, sangat handal dalam bisnis transportasi logistik. Memiliki dimensi rangka lebih panjang membuat volume angkut menjadi lebih besar. Dikarenakan adanya penambahan panjang pada wheelbase (WB) dan julur belakang (ROH) sehingga membuat panjang ruang kargo menjadi 5.4 Meter.

Total Support

Pada GIIAS 2018 ini, Hino memajang kembali unit specialnya yang tahun lalu meraih gelar kendaraan komersial terfavorit dari pengunjung GIIAS, yaitu Hino Truck Dakar Rally. Truk yang pertama kali mengikuti lomba Dakar Rally pada tahun 1991 dan menjadi satu-satunya truk asal Jepang yang turut serta dalam balapan terganas ini. Sepanjang keikutsertaan mulai dari tahun 1991 hingga 2018 atau sudah 27 tahun. Hino Truck Dakar Rally tidak pernah gagal mencapai garis finish, bahkan pada tahun 1997 berhasil menjadi juara umum untuk kategori truk serta meraih posisi dua dan tiga.

Tidak hanya itu, sejak Dakar Rally tahun 2010 Hino juga berhasil menjuarai kategori under 10-Litre Class selama 9 tahun berturut-turut dari 2010 sampai tahun 2018. Semua prestasi ini membuktikan bahwa truk Hino memiliki QDR (Quality, Durability, Reliability) yang tidak terbantahkan lagi atau kualitas, ketangguhan, dan kekuatannya sangat dipercaya menjadi andalan tulang punggung bisnis, karena truk Hino secara terus menerus melakukan continuous improvement. Dan yang special di tahun ini adalah sang pembalap utama turut hadir menyapa pengunjung booth Hino di GIIAS 2018 ini.

Teruhito Sugawara yang merupakan juara Dakar Rally di kelas under 10L menyapa penggemarnya di booth Hino pada tanggal 3 sampai 4 agustus 2018. Selain itu untuk menambah keseruan, Hino juga menyajikan pertunjukan cara mengganti ban Hino Truck Dakar rally, dimana pertunjukan ini membutuhkan keahlian dan keterampilan yang tinggi dikarenakan sangat sulit melakukannya ketika di gurun pasir atau medan yang ekstreem saat lomba.

Seiring dengan pertumbuhan bisnis konstruksi dan pertambangan, Hino sebagai market leader medium duty truck turut membawa dua unit dump truck yang telah terbukti ketangguhan dan kehandalannya yaitu Hino New Generation Ranger FM 285 JD. Dump truck 6×4 yang mampu membawa beban berat di medan ekstrim sekalipun.

Dilengkapi dengan mesin common rail yang memberikan tenaga optimal dan hemat bahan bakar di segala kondisi bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bisnis untuk meraih keuntungan yang maksimal. Dump truck lainnya ialah dikelas light duty truck, Hino New Dutro 130 HD yang dilengkapi dengan transmisi model baru (RE50) yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menghasilkan akselerasi lebih baik serta kemampuan yang handal di medan menanjak.

Terakhir yang Hino pamerkan dalam GIIAS kali ini adalah Hino Dutro mobile service yang merupakan salah satu bentuk layanan total support kepada pelanggan, dimana Hino Dutro mobile service ini mampu menjangkau kendaraan Hino untuk servis atau perbaikan di lokasi mereka berada, atau jika ada kendala di Jalan maka customer tidak perlu khawatir, karena mobile service ini siap membantu dimanapun.

Booth Hino Tampil Dengan Aroma Jepang di GIIAS 2018

Hino kembali menghadirkan booth yang menjadi ciri khas asal negara produk ini. Dengan beraromakan nuansa Jepang, booth Hino tampil cantik dengan dihiasi oleh taman – taman sakura dan Tori Gate yang menjadi simbol dari negeri matahari terbit ini. Sehingga pengunjung yang datang akan merasakan nuansa Jepang disini sekaligus memperkuat image Hino yang memiliki produk berkualitas tinggi.

Untuk menambah keceriaan di booth Hino, berbagai hiburan siap memanjakan pengunjung yang hadir seperti penampilan di setiap weekend dari band Endah N Resa. Bagi keluarga yang berkunjung ke booth, Hino juga menyediakan fasilitas edutainment seperti area mewarnai interaktif bagi anak, dimana setiap anak dapat mewarnai kendaraan Hino sesuai dengan imajinasi mereka mengenai kendaraan di masa depan, dan hasil mewarnai tersebut akan ditampilkan secara interaktif di layar raksasa.

Selain itu terdapat juga area perakitan truk dimana pengunjung dapat melihat dan terlibat langsung dalam simulai pembuatan truk. Hino juga melengkapi layanan bagi customer yang datang dengan layanan penjualan dari perusahaan pembiayaan dimana mereka yang datang dapat memilih langsung perusahaan pembiayaan dan promo yang tersedia di booth Hino. Untuk layanan purna jual, Hino booth juga dilengkapi dengan Total Support Corner dimana didalamnya terdapat berbagai macam solusi purnal jual kendaraan baik itu servis, suku cadang maupun aksesoris kendaraan Hino.

Hino Market Leader Medium Duty Trucks, Menguasai 61% Market Share

Semester pertama tahun 2018 ini, pasar kendaraan komersial cukup baik, terutama untuk kendaraan medium duty truck. Dari data Gaikindo dilihat pasar kendaraan truk medium tumbuh 44% jika dibandingkan dengan periode Januari – Juni 2017 yang lalu. Di semester pertama 2018 ini pasar medium duty truck berhasil melepas sebanyak 17.179 unit kepasaran. Sementara itu untuk kategori truk ringan, pasar tumbuh sebanyak 20% atau dari 29.366 unit terjual di semester pertama tahun lalu menjadi 35.367 di semester pertama tahun ini. Sektor infrastruktur, pertambangan, dan perkebunan seperti kelapa sawit cukup mendorong perekonomian Indonesia. selain itu kenaikan konsumsi pribadi juga cukup signifikan di tahun ini.

ergerakan roda ekonomi yang positif berdampak baik bagi Hino. Dimana Hino New Generation Ranger mampu menjaga market share dan tetap menjadi market leader untuk medium duty truck selama 18 tahun ini. Hino New Generation Ranger selama periode Januari sampai Juni 2018 mengalami kenaikan penjualan sebesar 48% dengan berhasil terjual 10.450 unit dibanding periode yang sama tahun lalu yang terjual 7.067 unit. Dengan hasil ini Hino New Generation Ranger menguasai 61% market share. Sementara Hino Dutro mampu terus tumbuh dengan market share 19.5% dengan berhasil dilego kepasaran sebanyak 6.890 hasil ini meningkat sebanyak 15% dari hasil periode yang sama tahun lalu sebanyak 5.976 unit.

Untuk bisnis layanan purna jual, Hino juga mengalami pertumbuhan. Sejak digulirkan aktifitas Total Support yang memberi keuntungan maksimal bagi bisnis pelanggan. Unit entry untuk kendaraan Hino yang masuk untuk melakukan berbagai macam aktifitas service meningkat 24% begitu pun dengan penjualan suku cadang yang meningkat 16%.

“Filosofi kami adalah Total Support untuk mendukung keuntungan semaksimal mungkin bagi customer Hino. ini kami lakukan dengan cara memaksimalkan kualitas produk yang kami miliki dan juga layanan servis yang prima. Kami akan memberikan usaha terbaik untuk memberikan kontribusi yang lebih untuk pembangunan Indonesia sekarang dan yang akan datang”. Tutup, Santiko Wardoyo selaku Sales & Promotion Director HMSI.

(HP)

Leave a Comment