Events News

Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week, Upaya KADIN Mendukung Pemerintah Menciptakan Sistem Logistik yang Terintegrasi

Untuk menyediakan platform peluang bisnis di sektor transportasi, logistik dan maritim, serta menciptakan peluang transaksi bisnis dan kerjasama antar pelaku bisnis, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menggelar ajang Indonesia Transport, Logistics & Maritime Week (ITLMW) 2017 pada tanggal 10 – 12 Oktober 2017 di JIEXPO Kemayoran. Acara yang dibuka oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, ini merupakan program kerjasama antara KADIN, Reed Panorama Exhibitions dan didukung oleh 9 Kementerian Republik Indonesia serta asosiasi terkait.

opening_ceremony_indonesia_transport_logistic_maritime_2017_equipina_1

Rangkaian kegiatan ITLMW 2017 terdiri atas sejumlah pameran dan konferensi penting yang diharapkan dapat berkontribusi bagi perkembangan industri terkait. Rangkaian acara tersebut terdiri dari Indonesia Transport, Supply Chain & Logistics 2017, Intra-Logistics Indonesia, Warehousing Indonesia, Indonesia Trucks & Commercial Vehicles, Indonesia Maritime Expo 2017, Jakarta International Logistics Summit & Expo, dan Indonesia Logistics Solution Day.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perhubungan Carmelita Hartoto dalam sambutannya mengatakan, biaya logistik di Indonesia memang masih tinggi. Namun, permasalahan ini bisa diturunkan, jika kualitas pembangunan infrastruktur ditingkatkan. “ITLMW 2017 dapat menjadi sebuah momentum yang tepat untuk menampilkan kemajuan sektor transportasi yang ada di tanah air, baik transportasi darat, laut dan udara, sehingga teknologi dapat berperan menciptakan integrasi di dalamnya.

Hal ini sejalan yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam sambutannya dengan memaparkan pencapaian-pencapaian yang telah diperoleh Indonesia dalam berbagai pembangunan yang berfokus pada pembangunan infrastruktur. Namun Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan besar yang harus dipecahkan. Pemerintah mengharapkan partisipasi swasta untuk mendukung pemerintah untuk menciptakan sistem logistik yang terintegrasi dan efisien baik secara lokal maupun dalam konteks internasional.

opening_ceremony_indonesia_transport_logistic_maritime_2017_equipina

Sebagai informasi, Sistem Logistik Nasional (SISLOGNAS) juga telah dicanangkan sebagai bentuk reformasi logistik dalam menghadapai berbagai tantangan. SISLOGNAS bertujuan untuk membenahi infrastruktur dan regulasi yang terintegrasi, sehingga secara langsung dapat meningkatkan potensi permintaan logistik di Indonesia. SISLOGNAS juga akan membantu para pelaku logistik dalam mengoptimalkan pelayanan mereka. Tantangan utama bagi para pelaku logistik adalah aspek pengoperasian secara optimal, dimulai sejak aktivitas pengadaan material, proses transportasi, hingga menjadi suatu produk yang siap digunakan.

ITLMW 2017 diikuti tidak kurang dari 350 pelaku usaha ternama berskala nasional maupun internasional dari berbagai negara seperti Singapura, Tiongkok,Korea Selatan, Itali, Belanda, dan masih banyak lagi. ITLMW 2017 juga didukung oleh berbagai asosiasi bisnis dan instansi pemerintahan terkait, yang berpartisipasi dalam bentuk kegiatan pameran maupun konferensi. Serangkaian acara dalam bentuk workshop, diskusi, dan sesi business matching juga diselenggarakan sebagai bagian ITLMW 2017, sebagai wujud sebuah pameran berskala internasional yang terintegrasi.

 

(ES)