Ini Dia, Raksasa Alat Berat Asal Negeri Anak Benua India : BEML

Selama ini orang lebih mengenal negara-negara Asia produsen alat berat adalah Jepang dan Korea Selatan. Belakangan Tiongkok makin dikenal dengan berbagai merek alat beratnya yang bahkan mulai mengancam produsen-produsen utama alat berat asal Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan dan Jepang. Namun ternyata India, memiliki pabrikan-pabrikan alat berat yang ternyata tidak kalah dengan produk alat-alat berat asal negara-negara yang selama ini dikenal memproduksi alat berat, dialah BEML.

BEML Limited adalah sebuah perusahaan pembuat alat-alat berat yang dimiliki oleh Kementerian Pertahananan India. Pada awalnya nama perusahaan ini adalah Bharat Earth Movers Limited. Pemerintah India melalui Kementerian Pertahanannya memiliki saham 54%, sedangkan sisanya dimiliki oleh publik, lembaga-lembaga keuangan, para investor internasional, bank dan karyawan. Berdiri pada Mei 1964, BEML Limited berbasis di kota Bengalore, Karnataka – India.

beml_equipina_1
Giant shovel 160 ton : BE 1600

Di India, produk-produk BEML digunakan pada sektor-sektor militer, transportasi kereta api, energi, pertambangan dan infrastruktur. Selain digunakan di dalam negeri India sendiri yang memiliki pangsa pasar lebih dari 70%. P. Produk-produk BEML juga diekspor ke lebih dari 67 negara di dunia. Secara bisnis, produk-produk BEML dibagi menjadi 3 kategori (divisi), yaitu Mining & Construction, Defence dan Rail & Metro. Produk-produk ini diproduksi di 9 pabrik yang tersebar di beberapa wilayah di seputar Bangalore.

Disamping alat berat yang menjadi fokus utama BEML, BEML Limited juga memproduksi truk-truk militer yang namanya sudah sangat dikenal kalangan militer di berbagai negara : Tatra truck. Di Indonesia Tatra truck digunakan oleh korps marinir untuk mengangkut tank. Truk-truk Tatra memang dikenal tangguh dalam mengatasi berbagai medan off-road yang cukup ekstrim sekalipun membawa muatan berat. Disamping itu berbagai kendaraan taktis militer, logistik sampai dengan aircraft towing tractors diproduksi oleh Divisi Defence. Sementara Divisi Rail & Metro memproduksi berbagai kendaraan penumpang, bus sampai dengan utility vehicles.

Divisi Mining & Construction memproduksi berbagai alat berat seperti excavator, rigid dump truck, wheel loader, motor grader, bulldozer, wheeled dozer, pipe layer, tyre handler dan water truck. Berkat pengalamannya yang cukup panjang dalam industri berat, BEML mampu memproduksi alat-alat berat berukuran besar yang seperti kita ketahui tidak banyak pabrikan alat berat yang mampu memproduksi alat-alat berat berukuran besar, karena terkait dengan kemampuan produksi pabrik, kemampuan memberikan support serta ketersediaan market pengguna alat berat itu.

Salah satu contoh produk BEML berukuran ‘giant’ adalah excavator dan rigid dump truck. BEML memproduksi excavator dari mulai kelas 7,5 ton sampai dengan kelas 180 ton. Tidak hanya excavator berjenis backhoe, front shovel pun diproduksinya. Menariknya, excavator model terbesarnya, BE1800E merupakan electric excavator yang menunjukkan BEML cukup inovatif dalam mengembangkan produk-produknya. Sebagai informasi, tidak banyak pabrikan alat berat yang memproduksi excavator berkategori ‘giant excavator’. Dari hanya sedikit pabrikan yang memproduksi giant excavator lebih sedikit lagi yang memproduksi electric excavator.

Sementara untuk dump truck, dump truck yang diproduksi BEML memiliki range dari mulai kelas 35 ton sampai dengan 205 ton. Dump truck terbesarnya, BEML BH205E-AC, merupakan dump truck kapasitas 205 ton dengan teknologi AC drive. Dump truck dengan daya 2300 Hp ini mengaplikasikan teknologi modular common rail. Desainnya tidak kalah dengan desain giant truck dari pabrikan-pabrikan lain, yang menghapus kesan produk-produk otomotif dan alat berat umumnya memiliki desain yang kaku atau boleh dikatakan ketinggalan zaman. Berbagai fitur canggih juga diterapkan di dump truck ini.

beml_equipina
Rigid dump truck BEML BH205-E berkapasitas angkut 205 ton

Di Indonesia, untuk melakukan penjualan-penjualan produk BEML, penyediaan spare part dan service, BEML memiliki representatif PT. BML Indonesia yang berkantor di Balikpapan. PT. BML Indonesia telah berdiri semenjak Agustus 2009.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk-produk alat berat BEML, hubungi:

PT. BEML Indonesia
JL. Jend Sudirman, Balikpapan Super Block, Klandasan Ulu
Balikpapan, Kalimantan Timur.
Telp. : 0542 – 765 638
Website : http://www.bemlindia.com

 

(LK)

(Visited 16 times, 1 visits today)