Events Services

INTA Institute Menggelar Pelatihan Operator Alat Berat Excavator

Excavator merupakan jenis unit alat berat yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, hal ini dikarenakan kegunaan dari unit ini yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Tidak heran excavator banyak digunakan sebagai penunjang di berbagai sektor bisnis, seperti: pertambangan, perkebunan, konstruksi, pembangunan dan masih banyak lagi. Karena banyaknya penggunaan excavator, kebutuhan akan tenaga handal yang dapat mengoperasikan unit excavator dengan benar, aman dan tersertifikasi menjadi kebutuhan yang akan  terus meningkat saat ini.

Namun sayangnya masih banyak orang yang mengoperasikan excavator hanya berdasarkan coba-coba atau dilatih oleh orang lain yang sebetulnya tidak memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai dalam mengoperasikan excavator. Kurangnya pengetahuan mengenai excavator dan cara pengoperasiannya memiliki potensi bahaya dan kerugian besar. Itu lah sebabnya pihak-pihak yang memiliki dan mengoperasikan operator harus membekali operator-operatornya dengan kemampuan yang memadai melalui pelatihan dan sertifikasi.

Bertempat di headoffice Intraco Penta Group, Jl. Raya Cakung Cilincing, Jakarta Utara, INTA Institute sebuah divisi dari Intraco Penta Group mengadakan Pelatihan Operator Alat Berat Excavator. Pelatihan yang berlangsung tanggal 24 – 27 Juli 2017 ini terbuka bagi umum sebagai bagian dari program pelatihan reguler yang dimiliki INTA Institute.

Pelatihan Operator Alat Berat Excavator ini dilakukan untuk mengajarkan peserta untuk dapat menjadi operator excavator (berbagai tipe & merek) yang handal & aman, sesuai dengan standar Disnaker RI maupun Internasional. Setiap peserta Pelatihan Operator Alat Berat Excavator ini akan mendapatkan sertifikasi berupa: Sertifikat Internasional (International Certificate) dari dealer alat berat dari brand ternama di dunia yang diakui dan dapat dipergunakan untuk melamar kerja di berbagai negara di Benua Asia, Eropa, Afrika, Australia, bahkan Amerika dan Surat Ijin Operator (SIO) unit Excavator dari Disnakertrans RI yang berlaku secara nasional di wilayah Indonesia.

training_operator_inta_institute_juli_2017_equipina_1

Pelatihan yang diikuti oleh 6 peserta dari berbagai perusahaan ini diawali dengan pelatihan di kelas yang disampaikan oleh instruktur dari INTA Institute. Pada sesi kelas ini, semua peserta diberikan pemahaman mengenai cara pengoperasian pada excavator secara benar, aman dan efektif, informasi umum seputar unit excavator, cara melakukan daily maintenance pada excavator dan cara mengatasi kondisi darurat pada excavator. Pemhaman ini diberikan setiap pagi untuk setiap harinya dari pelatihan yang dimulai pada pukul 08.30.

Usai istirahat siang, sesi dilanjutkan dengan sesi praktek. Sebelum peserta diberikan kesempatan untuk mengoperasikan unit excavator sesuai teori yang diberikan di kelas, peserta mendapatkan penjelasan mengenai komponen-komponen penting dari excavator dan berbagai panel pada kabin beserta fungsinya. Antusiasme terlihat dari para peserta yang mengajukan berbagai pertanyaan kepada instruktur yang menjelaskan secara lugas dan menarik.

Berbagai hal disampaikan kepada peserta mengenai pentingnya melakukan pengecekan unit excavator sebelum unit dihidupkan, peserta pun diberikan kesempatan untuk melakukan sendiri proses pengecekan yang baru baru dijelaskan. Peserta juga dijelaskan mengenai proses menghidupkan excavator yang benar dan memastikan excavator dalam kondisi siap beroperasi melalui pengecekan indikator pada panel instrumen. Selanjutnya peserta juga diberikan pemahaman terhadap fungsi jostick dan berbagai tuas dan pedal yang ada serta pengaruhnya terhadap gerakan excavator.

Setelah peserta memahami hal-hal mendasar sebelum excavator beroperasi, masing-masing peserta mendapat kesempatan mengoperasikan excavator dengan melakukan praktek memajukan dan memundurkan excavator, melakukan swing ke kiri dan ke kanan, menaikan dan menurunkan boom, menggerakkan arm dan bucket, termasuk memposisikan excavator yang aman sesuai kondisi medan. Terakhir, setiap peserta juga melakukan proses digging dan loading. Dalam melakukan pengoperasian, setiap peserta didampingi oleh instruktur untuk memastikan peserta mengoperasikan excavator secara benar dan aman.

Seusai training ini, menurut pihak INTA Institute, program pelatihan operator berikutnya akan berlangsung pada September 2017. Nantikan informasi pelatihan berikutnya dari INTA Institute di Equipina.com

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program-program pelatihan dari INTA Institute, hubungi:

INTA Institute
Jl. Raya Cakung Cilincing Km 3,5 Jakarta 14130
Telp. : (62-21) 4401408 Ext: 6801
Email : info_training@intracopenta.com
Website : http://www.intainstitute.com

Contact Person : Saiful Anwar (0812 9527 6800)

 

(BW)

Leave a Reply