INTERMAT Innovation Award, Ajang Bergengsi Penghargaan Alat Berat Paling Inovatif

Bisnis alat berat bukan merupakan bisnis yang hingar bingar seperti musik atau film. Karakter bisnis alat berat yang berbasis Business-to-Business memang tidak memerlukan publikasi yang intens, salah satunya melalui ajang-ajang penghargaan. Namun bukan berarti industri alat tidak memiliki ajang penghargaan, INTERMAT Innovation Award, adalah salah satu dari sedikit ajang penghargaan yang dikenal pada industri alat berat.

Di kalangan pabrikan alat berat, ajang satu ini merupakan ajang bergengsi dimana pabrikan yang produknya meraih penghargaan boleh berbangga karena mampu menunjukkan kelasnya di antara pabrikan-pabrikan alat berat yang lain.

INTERMAT Innovation Award adalah sebuah ajang penghargaan bagi produk yang terkait dengan peralatan berat dan proses yang digunakan di industri konstruksi dan material konstruksi. Ajang ini diselenggarakan oleh kolaborasi antara CISMA and Seimat, asosiasi alat berat Perancis dengan Comexposium, sebuah event organizer terkemuka di Perancis. INTERMAT Innovation Award sendiri merupakan satu bagian dari rangkaian kegiatan INTERMAT, sebuah pameran internasional di bidang konstruksi dan infrastruktur yang diselenggarakan di Perancis.

Pameran INTERMAT sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1988. Sebelumnya ajang ini masih bernama EXPOMAT dan dilaksanakan di bandara Le Bourget, Paris. Semenjak 1988 pameran ini berganti nama menjadi INTERMAT dan tempat pelaksanaannya juga berpindah ke Parc des Expositions de Villepinte sebuah area pameran (convention center) berskala internasional yang terletak di dekat bandara Charles de Gaulle, Paris, sampai dengan saat ini.

Sejak awalnya, pameran ini sudah menyedot perhatian berbagai pabrikan alat berat dunia untuk berpartisipasi memamerkan produk-produk terbarunya. Tidak heran pameran ini kemudian menjadi salah satu pameran alat berat bergengsi di dunia. Walau popularitasnya masih kalah dibanding ajang Bauma, namun INTERMAT menjadi tolak ukur produk-produk alat berat termutakhir. INTERMAT sendiri sejak awal direncanakan dilaksanakan per tiga tahun sekali. Namun dalam perjalanannya, bebrapa kali INTERMAT harus ditunda karena ada kendala-kendala dalam pelaksanaanya.

Sejak awal pelaksanaannya, pameran INTERMAT didahului dengan pemberian penghargaan atas inovasi-inovasi yang dilakukan pelaku industri alat berat, konstruksi dan material konstruksi (INTERMAT Innovation Award). Juri-juri dari INTERMAT Innovation Award dipimpin oleh perwakilan federasi pekerjaan umum Perancis, yang terdiri dari 13 orang pakar internasional dari berbagai bidang yang berkaitan dengan alat berat, konstruksi dan material konstruksi yang menilai 12 kategori meliputi earthmoving, demolition, buildings, concrete Industry, roads, minerals, foundations, lifting, handling, transportation, components, equipment and accessories dan engineering services.

Pada tahun 2018, ajang INTERMAT memasuki pelaksanaan yang ketujuh kalinya, yang akan berlangsung pada tanggal 23 – 28 April 2018. Pelaksanaan INTERMAT Innovation Award sendiri telah berlangsung pada 18 Januari 2018 yang lalu dan menghasilkan 13 pemenang dari 90 nominasi yang masuk pada babak penjurian. Beberapa diantara pemenang yang berhasil meraih penghargaan untuk inovasinya merupakan merek-merek yang sudah malang melintang di industri alat berat dan konstruksi, seperti Volvo CE (produk mini excavator elektrik EX2), Fayat (produk mobile asphalt plant, TRX), Manitou Group (kategori component berupa sistem machine stabilization recognition MRT 2470 dan MRT 3050) dan Mecalac (produk mini excavator elektrik).

(TP)

Leave a Comment