Intraco Penta Memasuki Bisnis Energi

pltu

PT. Intraco Penta, Tbk. (Inta), sebuah korporasi yang bergerak di bidang penjualan dan pelayanan alat berat bersiap memasuki bisnis energi sebagai bagian dari strategi transformasi perusahaan, melalui anak perusahaannya, PT. Tenaga Listrik Bengkulu yang akan berinvestasi dalam proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 2×100 MW di Bengkulu, senilai USD 360 juta.

Hal itu diungkapkan oleh Petrus Halim, presiden direktur perseroan di Kementerian BUMN pada Selasa (1/3). Lebih jauh Petrus menyatakan, untuk mendanai proyek ini, manajemen Inta akan menjajaki pinjaman yang berasal dari perbankan baik lokal maupun asing. “Pendanaan akan bersumber dari 75% pinjaman perbankan dan 25% dari modal sendiri” imbuh Petrus.

Adapun listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik ini akan dijual kepada PLN sebagai bagian dari program penyediaan listrik 35.000 MW dari pemerintah. Untuk pembangunan pembangkit ini, PT. Tenaga Listrik Bengkulu akan bekerjasama dengan partnernya, Sinohydro Hongkong (Holding) Limited, sedangkan dalam pengoperasiannya akan bekerjasama dengan PT. Pelindo II dan PLN.

Lebih jauh Petrus menyatakan, kegiatan konstruksi diharapkan akan dimulai pada November 2016 sampai dengan akhir 2019. Sedangkan pengoperasiannya ditargetkan dimulai pada tahun 2020. (ES)

Leave a Comment